Beli di aplikasi dan dapatkan promo menarik

Blog

| iProspect

Apa Arti Personal Branding dan Bagaimana Cara Membangunnya?

Apa Arti Personal Branding

Personal branding tentu bukan merupakan istilah yang asing lagi. Terlebih dengan masifnya media sosial yang membuat seseorang bisa dengan sebagai siapa pun yang dia inginkan.


Sebagai contoh, saat diminta menyebut nama seorang jurnalis, kamu bisa jadi dengan mudah menyebut Najwa Shihab. Atau saat ditanya satu nama YouTuber, kamu bisa menyebut Atta Halilintar dengan mudah.


Hal inilah yang disebut sebagai personal branding. Lalu, apa arti personal branding yang sesungguhnya dan bagaimana kamu bisa membangunnya? Yuk, simak informasi berikut!


Apa Arti Personal Branding?


Pada dasarnya, personal branding artinya adalah sebuah proses untuk membentuk, membuat persepsi, dan memelihara persepsi di mata masyarakat demi mencapai sebuah citra positif.


Persepsi yang dibangun dan ditampilkan ini pun bisa bermacam-macam, misalnya keahlian seseorang, kepribadian, prestasi, dan nilai-nilai lainnya.


Beberapa ahli pun mengemukakan pendapatnya mengenai apa arti personal branding, misalnya dari Erwin Parengkuan dan Becky Tumewu yang sudah lama berkecimpung di dunia entertaiment. Menurut keduanya personal branding adalah impresi atau kesan yang erat kaitannya dengan keahlian, perilaku, maupun prestasi yang dibangun baik secara sengaja ataupun tidak sengaja dengan tujuan menampilkan citra diri ke orang banyak.

Dengan kata lain, personal branding bisa membuat seseorang mengingat kita dengan mudah.


Ketika seseorang memulai proses personal branding, maka ada tiga hal yang wajib dijawab terlebih dahulu, yakni:

  1. Siapa kamu?
  2. Apa yang sudah kamu lakukan?
  3. Apa tujuan yang ingin kamu capai?


Manfaat Personal Branding


Beberapa manfaat personal branding yang bisa kamu peroleh, antara lain:


1. Kredibilitas dan Percaya Diri


Secara nyata personal branding artinya bisa diimplementasikan langsung untuk membangun kredibilitas atau kepercayaan seseorang terhadap kita. Dengan adanya kepercayaan seseorang, hal ini otomatis berdampak pada kepercayaan diri.


Tapi, perlu dicatat bahwa citra yang kamu bangun ini harus selaras di semua hal, termasuk di media sosial agar semuanya tampak jujur dan tidak terlihat seperti dibuat-buat.


2. Punya Kejujuran Diri


Setiap orang yang mulai membranding dirinya tentu sepakat bahwa mereka telah melalui proses pencarian jati diri di mana semuanya berawal dari kejujuran.


Ingat, personal branding adalah tentang dirimu, bukan tentang orang lain. Jadi, kamu tidak perlu membuat persona palsu yang bukan dirimu.


3. Punya Networking yang Luas


Networking atau koneksi atau hubungan dengan orang lain merupakan salah satu manfaat dari personal branding.


Sebab pada dasarnya, ketika orang mengenali siapa kita, maka hal ini akan membuka peluang bagi kamu untuk bertemu orang-orang baru, bahkan bertemu dengan mentor yang bisa membantumu berkembang.


Cara Membangun Personal Branding


Pertanyaannya, bagaimana cara membangun personal branding? Beberapa langkah yang bisa kamu tempuh, yakni sebagai berikut:


1. Pastikan Sudah Mengenali Diri Sendiri


Paham mengenai diri sendiri dan mulai dengan menjawab pertanyaan, apa yang memotivasi saya untuk melakukan hal ini?


2. Cari Tahu Ingin Dikenal Sebagai Siapa


Tentukan tujuan kamu mau dikenal sebagai siapa, apakah sebagai seorang desainer grafis, penulis, psikolog, atau profesional di bidang tertentu.


3. Jangan Lupa Menentukan Target Audience


Tentukan audiens yang ingin kamu jangkau, misalnya kamu ingin dijangkau oleh manajer perusahaan A, maka bangunlah citra yang punya kaitan erat dengan perusahaan A.


4. Tentukan dan Cari Ciri Khas


Cari pembeda dirimu dengan orang lain sebab di luar sana tentu ada banyak desainer grafis, penulis, psikolog, dll.


Setelahnya bisa menjawaba pertanyaan-pertanyaan di atas agar personal branding sukses, kamu harus konsisten memperkenalkan diri dengan ciri khas tersebut secara terus menerus hingga orang mengingatmu dengan mudah. 


Itulah informasi terkait apa arti personal branding dan bagaimana kamu bisa membangun personal branding yang baik.


Untuk menggali lebih lanjut, mengenai personal branding dan bagaimana cara mempromosikannya secara optimal di dunia kerja, kamu bisa ikut pelatihan di pijarmahir.id.


Ada pelatihan Personal Branding untuk Para Profesional yang bisa kamu ikuti dengan pengajar yang memang adalah seorang coach dan mentor berpengalaman selama 13 tahun terkait pengembangan diri.


Yuk, bangun personal branding-mu dari sekarang! 

Artikel Lainnya

©2020-2022 Pijar Mahir. All Right Reserved