Beli di aplikasi dan dapatkan promo menarik

Blog

| iProspect

Apa yang Dimaksud dengan Public Relations?

Apa yang Dimaksud dengan Public Relations?

Tertarik menjadi seorang public relations (humas) tapi belum paham apa saja lingkup pekerjaannya? Public relations atau humas dibutuhkan oleh perusahaan swasta ataupun pemerintahan. Hampir semua perusahaan swasta besar memiliki humas yang memiliki serangkaian tugas dan juga tanggung jawab.


Kamu bisa mendapatkan informasi lengkapnya di sini. Berikut penjelasan lengkap mengenai apa yang dimaksud dengan humas dan tugasnya!



Baca juga: Personal Branding Artinya Adalah...



Apa yang Dimaksud dengan Humas atau Public Relations


Adakah diantara kalian yang bercita-cita ingin menjadi seorang public relation atau hubungan kemasyarakatan/humas? Jika membahas mengenai PR atau humas, pastinya akan muncul pertanyaan di benak kita mengenai apa yang dimaksud dengan humas.


Saat ini, memiliki seorang humas adalah kewajiban perusahaan modern yang berkaitan dengan masyarakat luas. Profesi ini memang banyak digeluti oleh berbagai latar belakang pendidikan. Akan tetapi, biasanya mereka yang menjadi seorang public relation berasal dari pendidikan komunikasi dan pemasaran. 


Profesi humas adalah salah satu profesi yang kini banyak diminati. Selain terlihat keren, profesi yang satu ini juga sangat menjanjikan dan menantang. Seiring dengan munculnya berbagai perusahaan humas ataupun corporate consulting, profesi ini menjadi semakin dikenal karena fungsi dan juga manfaatnya yang semakin populer.


Lalu, apa yang dimaksud dengan humas sebenarnya?


Pada dasarnya humas atau public relations adalah sebuah proses interaksi antara organisasi dengan masyarakat dalam menciptakan opini publik, memberikan persepsi, menanamkan pengertian, menumbuhkan motivasi, dan menciptakan partisipasi publik. 


Proses ini mempunyai tujuan yaitu untuk saling menguntungkan, menanamkan keinginan yang baik, sehingga muncul citra yang baik dari publik terhadap perusahaan.


Apa Saja Tugas Seorang Humas? 


Setelah kamu memahami tentang apa yang dimaksud dengan humas di atas, berikut ini adalah penjelasan seputar apa saja tugas dari seorang humas, yaitu:

  • Merancang program komunikasi perusahaan. Tujuan utamanya adalah agar sebuah perusahaan mempunyai persepsi atau citra yang baik.
  • Melaksanakan fungsi komunikasi perusahaan. Hal ini perlu dilakukan secara berkesinambungan dan terencana.
  • Melakukan pelaksanaan evaluasi. Selain evaluasi, humas perusahaan juga melakukan pemantauan program ataupun kegiatan komunikasi yang sedang berjalan.
  • Menyediakan berbagai informasi untuk perusahaan. Hal ini termasuk langkah-langkah yang ingin perusahaan capai untuk mengatasi masalah dan melakukan perubahan.
  • Manajemen media komunikasi internal perusahaan. Humas perusahaan juga memiliki tanggung jawab membuat komunikasi internal biasanya berupa internal magazine. 
  • Memberikan statement resmi secara internal maupun eksternal. Hal ini termasuk atas pertanyaan, keluhan, dan juga input yang mempengaruhi perusahaan.


Itulah hal-hal yang perlu kamu ketahui seputar apa yang dimaksud dengan humas beserta tugas dari seorang humas perusahaan. Dari penjelasan diatas, dapat disimpulkan bahwa seorang humas perusahaan memiliki orientasi dan tanggung jawab kepada pihak perusahaan untuk dapat membangun citra positif bagi organisasi atau perusahaan. 


Segala tanggapan positif maupun negatif yang khalayak berikan sangat berpengaruh bagi perusahaan dan humas lah yang memiliki tugas untuk mengontrol hal tersebut. 


Kalau kamu ingin menjadi seorang humas dan tertarik untuk mendalami ilmu-ilmu seputar humas atau public relations, kamu bisa mengikuti kelas Pengembangan Diri di Pijar Mahir agar bisa berinteraksi langsung dengan pengajar profesional. 


Pada dasarnya, Pijar Mahir menyediakan berbagai pelatihan yang akan menambah pengetahuan serta meningkatkan kemampuan Kamu di satu bidang tertentu.


Khusus untuk penerima manfaat kartu Prakerja, Kamu tidak perlu mengeluarkan uang sepeser pun. Yuk, jadi lebih mahir di bidang pilihanmu!

Artikel Lainnya

©2020-2022 Pijar Mahir. All Right Reserved