Beli di aplikasi dan dapatkan promo menarik

Blog

| iProspect

5 Cara Belajar Desain Grafis Secara Otodidak

belajar desain grafis

Sistem pendidikan yang fleksibel membuat semua ilmu bisa dipelajari di luar sekolah, baik formal maupun non formal. Begitu pula dengan belajar desain grafis. Buat kamu yang penasaran dengan cara belajar desain grafis secara otodidak, semuanya akan dijelaskan di bawah ini!


Tren Belajar Desain Grafis 2022


Sebelum melangkah lebih jauh untuk tahu cara belajar desain grafis, ada baiknya jika kamu paham mengenai tren desain 2022, sehingga proses belajarmu pun akan lebih terarah. Adapun tren desain 2022, yakni antara lain:



Baca juga: Cara Belajar Digital Marketing



1. Desain Gaya 80 dan 90-an yang tergolong ke dalam desain retro dan biasanya dipakai untuk desain web dan poster untuk audiens yang lebih muda.


2. Desain Bertema Escapism yang tampilannya kadang keluar dari kenyataan dengan karakter dan tata letak yang berbeda dari gaya desain pada umumnya. Bisa diimplementasikan ke ilustrasi atau komik.


3. Desain Frasurbane merupakan gaya desain bertema 90-an dengan sudut pandang orang dewasa muda. Penggunaan font serif serta warna kalem membuat tren ini sering disebut sebagai desain gaya aesthetic.


Selain ketiga tren tersebut, masih ada banyak tren desain grafis 2022 yang akan ramai digunakan, misalnya desain anti-design, kombinasi 2D dan 3D, serta social slide deck yang biasanya dimanfaatkan untuk membuat konten carousel di Instagram.


5 Cara Belajar Desain Grafis


Lalu, bagaimana cara belajar desain grafis? Segera simak informasinya berikut ini!


1. Pahami dasar-dasar desain


Untuk membuat sebuah desain yang bagus, desainer grafis perlu belajar berbagai elemen di dalam grafis. Beberapa elemen tersebut mencakup pemilihan warna, tipografi, simbol, serta grid system.


2. Kumpulkan desain yang menginspirasi


Cara belajar desain grafis berikutnya adalah dengan mengumpulkan desain-desain yang menginspirasi atau kamu anggap menarik. Sumbernya pun bisa bermacam-macam, mulai dari majalah cetak, media sosial, hingga Pinterest atau Behance.


3. Bedah proses desain


Setelah mengumpulkan desain, selanjutnya kamu perlu membedah satu per satu desain tersebut, mulai dari warna yang digunakan, simbol-simbol yang dimasukkan, hingga proses pembuatan desainnya. Dengan rutin membedah desain, kamu akan semakin memahami desain grafis lebih dalam.


4. Buat ulang desain yang dianggap terbaik


Selanjutnya, cara belajar desain grafis secara otodidak, yaitu membuat ulang desain yang kamu anggap terbaik dan desain yang telah melalui proses pembedahan tadi. Pasalnya, setiap desain yang bagus sebenarnya berawal dari banyak trial and error. Makanya, akan lebih baik jika kamu mencoba membuat ulang desain-desain tersebut.


5. Buka diri untuk kritik dan saran


Dalam proses cara belajar desain grafis, kamu wajib membuka diri dan bersiap dengan kritik dan saran. Hal ini mengingat bahwa desain grafis yang baik itu biasanya tergantung selera. Cobalah untuk memperlihatkan hasil karyamu ke orang lain dan mintalah feedback dari mereka. Semakin banyak kritik dan saran yang kamu terima, semakin cepat kamu berkembang.


Itulah sekilas informasi mengenai tren dan cara belajar desain grafis. Agar ilmu yang kamu miliki ini bisa mendatangkan pundi-pundi rupiah, ikuti webinar DESAIN GRAFIS : MERAUP DOLLAR DENGAN SKILL DESAIN GRAFIS di pijarmahir.id.


Di kelas ini kamu akan mempelajari desain grafis; mulai dari prinsip warna, penataan elemen dalam desain (komposisi), format teks (tipografi), hingga tata letak halaman (Page Layout) dengan menggunakan Adobe Photoshop dan Illustrator dari desainer grafis yang telah berkecimpung di ranah ini selama lebih dari 10 tahun.


Dengan mengikuti dan mempraktikkan semua materi pelatihannya, kamu akan berpotensi meraup dollar dengan kemampuan ini. Menarik 'kan?

Artikel Lainnya

©2020-2022 Pijar Mahir. All Right Reserved