Beli di aplikasi dan dapatkan promo menarik

Blog

| iProspect

5 Tips Belajar Fotografi Pemula Untuk Foto yang Bagus

Belajar Fotografi Pemula

Pada dasarnya, mempelajari fotografi adalah sesuatu yang seru karena penuh dengan kreativitas dan temuan. Sayangnya, bagi kebanyakan pemula dalam fotografi mempelajarinya dengan terburu-buru, sehingga menciptakan kebingungan pada praktiknya. 


Tapi, kamu tidak perlu khawatir! Berikut ini adalah tips belajar fotografi pemula yang bisa kamu lakukan untuk mengasah kemampuan fotografimu!



Baca juga: Tips Belajar UI/UX untuk Pemula



5 Tips Belajar Fotografi Pemula


Kamu yang berangkat dari hobi fotografi tentu ingin meningkatkan kemampuan di bidang ini. Selain karena banyaknya peluang, memiliki skill fotografi yang mumpuni juga akan menguntungkan di kemudian hari loh. Untuk memudahkan yuk intip tips belajar fotografi pemula berikut ini!


1. Cari Perspektif atau Komposisi yang Unik


Cara belajar fotografi pemula yang pertama adalah dengan menemukan komposisi adalah dasar dari setiap foto. Hal ini mencakup garis besar dan bentuk dalam sebuah foto, juga termasuk penempatan objek, orang atau binatang (atau apapun subjeknya) dalam hubungan dengan unsur-unsur lain dalam tampilan. 


Ketika kamu mengambil sebuah foto, kamu bisa diibaratkan sebagai pelukis dalam mendesain lukisan baru. Memperhatikan komposisi setiap foto yang anda ambil dan anda akan segera melihat peningkatan yang signifikan pada hasil foto yang kamu dapatkan.


2. Foto Objek Secara Detail


Berikutnya, cara belajar fotografi pemula yang bisa dilakukan adalah dengan mencoba potret objek dalam jarak sangat dekat untuk menonjolkan detail-detail unik yang dimilikinya. Dengan demikian, kamu akan terbiasa memahami detail-detail pada objek foto yang akan kamu ambil.


3. Jangan Lupa Soal Pencahayaan


Kunci belajar fotografi pemula adalah mengatur pencahayaan. Sumber cahaya sangat mempengaruhi hasil foto. Cahaya yang terlalu terang atau pun terlalu gelap akan mengaburkan warna dan subjek yang akan di foto. Namun sebaliknya, tanpa sumber cahaya yang baik, sebagus apapun subjek dan lokasi foto, maka hasilnya tidak akan maksimal.


4. Mempelajari Software Editing


Agar hasil foto kamu semakin maksimal, tidak ada salahnya kamu juga mulai belajar proses editing sebagai salah satu cara belajar fotografi pemula. Kamu bisa mulai belajar penggunaan software Photoshop atau Lightroom. Karena, meskipun sudah berusaha seperti apapun, terkadang masih ada saja kekurangan pada jepretan yang kita foto. Nah, fungsi bagian editing ini tentunya akan memberikan nilai tambah kan pada hasil foto kamu.


5. Pelajari Basic Fotografi


Memahami dasar-dasar teknik fotografi juga menjadi salah satu cara belajar fotografi pemula yang tidak kalah penting. Memang, belajar fotografi memerlukan praktik secara langsung secara konsisten. Akan tetapi, kamu juga harus paham terlebih dahulu dengan teknik fotografi, mulai dari teknik komposisi hingga exposure.


Dengan memahami teori dasar dalam fotografi terlebih dahulu, maka kamu akan jadi lebih mudah untuk mencoba mempraktikannya. Selain itu, jangan lupa untuk berani mencoba eksplorasi dan bereksperimen untuk mencari tahu seperti apa style yang paling sesuai denganmu, ya!


Demikianlah beberapa cara belajar fotografi pemula yang bisa diterapkan untuk membantu mengasah kemampuan fotografimu. Namun, kalau kamu ingin mengikuti kelas fotografi agar bisa berinteraksi langsung dengan pengajar profesional, kamu bisa mengunjungi kelas pelatihan yang disediakan oleh Pijar Mahir. Pada dasarnya, Pijar Mahir menyediakan berbagai pelatihan yang akan menambah pengetahuan serta meningkatkan kemampuan Kamu di satu bidang tertentu.


Khusus untuk penerima manfaat kartu Prakerja, Kamu tidak perlu mengeluarkan uang sepeser pun. Yuk, jadi lebih mahir di bidang pilihanmu!



Artikel Lainnya

©2020-2022 Pijar Mahir. All Right Reserved