Beli di aplikasi dan dapatkan promo menarik

Blog

| iProspect

5 Cara Belajar Percakapan Sehari-hari Bahasa Inggris

percakapan sehari hari bahasa inggris

Kamu pasti pernah mendengar Fiki Naki Tik Tokers yang dikenal mahir menggunakan bahasa asing. Salah satunya sudah pasti bahasa Inggris. Fiki Naki mengaku belajar bahasa asing lewat cara otodidak. Jadi bukannya tidak mungkin kalau kamu mahir berbahasa Inggris dengan belajar sendiri. 



Baca juga: 5 Kursus Bahasa Inggris Online




Memang, segala sesuatu harus dimulai dari dasar, termasuk dalam belajar bahasa Inggris. Jika kamu telah memahami dasar-dasar bahasa Inggris, maka akan lebih mudah untuk mempelajari bentuk kalimat yang lebih kompleks untuk melakukan percakapan sehari-hari berbahasa Inggris.


5 Hal yang Membantu Mahir Melakukan Percakapan Sehari-hari Bahasa Inggris


Belajar bahasa Inggris memang cukup rumit bila kurang pemahaman dasar. Tapi, kalau kamu sudah paham dasar-dasarnya, belajar bahasa Inggris akan terasa jauh lebih mudah. Mulai dari mempelajari grammar bahasa Inggris hingga menghafal kosa kata bahasa Inggris, semua harus kamu pelajari secara perlahan dan konsisten agar memperlancar percakapan sehari-hari menggunakan bahasa Inggris.


Bagi kamu yang ingin lancar berbahasa Inggris, yuk simak cara belajar percakapan sehari-hari bahasa Inggris berikut ini!


1. Mulai dari Menghafal Kata-kata Paling Umum


Kunci keberhasilan melakukan percakapan sehari-hari bahasa Inggris adalah konsistensi. Untuk memulainya, kamu harus secara rutin mempraktikkan cara yang satu ini. Ketika kamu bangun tidur di pagi hari, coba perhatikan barang-barang yang ada di sekitarmu. Setelah itu, sebut barang-barang tersebut dalam bahasa Inggris. 


Contohnya, lampu (lamp), tempat tidur (bed), lemari (wardrobe), dan lain-lain. Kamu juga dapat melakukan hal yang sama saat dalam perjalanan menuju sekolah, kampus atau bahkan tempat kerja.


2. Luangkan Waktu Menonton Video Berbahasa Inggris


Adanya internet, kini sudah sangat mudah untuk mengonsumsi konten-konten hiburan dalam bahasa Inggris, seperti video atau film. Cara ini bisa kamu manfaatkan sebagai media pembelajaran dalam mengasah kemampuan melakukan percakapan sehari-hari berbahasa Inggris.


Menonton video berbahasa Inggris juga bisa menambah perbendaharaan kata yang pastinya berguna dalam melancarkan percakapan sehari-hari bahasa Inggris, lho!


3. Banyak Mendengarkan Lagu Berbahasa Inggris


Secara tidak sadar, kamu bisa lho belajar percakapan sehari-hari bahasa Inggris saat mendengar lirik lagu dengan bahasa Inggris. Mendengar musik merupakan metode yang sering dipakai untuk mengajari bahasa asing  pada anak kecil. Sehingga, bukan hal aneh jika orang dewasa juga memanfaatkan hal ini.


Untuk melakukannya, coba pilih lagu yang kamu sukai agar lebih semangat. Jangan lupa juga pelajari arti dari lirik tersebut untuk memperluas kata-kata bahasa Inggris kamu, ya!


4. Tidak Ada Salahnya Mencari Teman yang Mahir Berbahasa Inggris


Memiliki teman belajar merupakan hal penting dalam percakapan sehari-hari bahasa Inggris. Kalau kamu memilikinya, ajak dia untuk berdiskusi atau ngobrol santai menggunakan bahasa Inggris secara rutin. Kalau kamu belum memiliki teman yang mahir berbahasa Inggris, saat ini sudah banyak aplikasi belajar bahasa Inggris di mana kamu bisa menemukan teman belajar.


5. Jangan Malu untuk Memulai Percakapan Berbahasa Inggris


Tata bahasa yang bagus tak akan ada artinya kalau kamu tidak pernah mempraktikkannya dalam percakapan sehari-hari bahasa Inggris. Karena pada dasarnya, tujuan dari bahasa adalah untuk berkomunikasi, maka kamu harus belajar untuk mengomunikasikan maksud secara lisan. 


Kuncinya adalah berusaha agar orang lain mengerti apa yang ingin kamu sampaikan dalam bahasa Inggris terlebih dahulu. Setelah terbiasa melakukan percakapan sehari-hari bahasa Inggris, secara otomatis kamu juga belajar untuk memperbaiki tata bahasa yang kamu gunakan ketika berbicara.


Nah, itulah tadi beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar semakin mahir dalam percakapan sehari-hari bahasa Inggris. Selain dengan melakukan hal-hal di atas, kamu juga bisa mengasah kemampuan percakapan sehari-hari bahasa Inggris dengan mengikuti kelas-kelas online yang tersedia di berbagai platform pelatihan dan pembelajaran.


Salah satu platform pelatihan dan pembelajaran yang bisa kamu coba adalah Pijar Mahir. Pada dasarnya, Pijar Mahir menyediakan berbagai pelatihan yang akan menambah pengetahuan serta meningkatkan kemampuan kamu di satu bidang tertentu, tak terkecuali percakapan bahasa Inggris!

Khusus untuk penerima manfaat kartu Prakerja, Kamu tidak perlu mengeluarkan uang sepeser pun. Yuk, jadi lebih mahir di bidang pilihanmu!


Artikel Lainnya

©2020-2022 Pijar Mahir. All Right Reserved