Beli di aplikasi dan dapatkan promo menarik

Blog

| iProspect

7 Cara Membuat Animasi Bergerak di HP Android

cara membuat animasi bergerak

Dengan berkembangnya teknologi, kini pembuatan animasi juga semakin realistis dengan berbekal alat pendukung yang serba canggih. Apakah kamu bercita-cita untuk menjadi seorang animator? Tidak perlu peralatan mahal, kamu juga bisa bikin animasi bergerak di HP Android, lho! Lalu bagaimana cara membuat animasi bergerak lewat HP Android? Berikut penjelasannya.





Cara Membuat Video Animasi 2D


Cara membuat animasi bergerak di HP Android yang pertama adalah dalam format 2D atau dua dimensi. Untuk memulainya, kamu membutuhkan aplikasi bernama FlipaClip - Cartoon Animation pada HP Androidmu. Dengan aplikasi ini, kamu sudah bisa mengetahui cara membuat animasi kartun sederhana dengan format 2D di HP Android dengan mudah. Terlebih banyak template yang sudah disediakan oleh aplikasi tersebut.


FlipaClip mengandalkan teknik menggambar di atas layar HP, jadi pastikan kamu punya alat pendukung seperti stylus dan terlebih sudah akrab dengan aplikasi menggambar di Android. Ingin tahu cara membuatnya? Berikut cara membuat animasi bergerak lewat aplikasi FlipaClip pada HP Android:


  1. Buka aplikasi FlipaClip di HP Android kamu. Pertama-tama, kamu akan diminta pertanyaan data diri
  2. Jika sudah sampai halaman utama, kamu tinggal klik ikon “+” untuk membuat film kartun di Android dalam aplikasi FlipaClip
  3. Berikutnya, berikan judul proyek yang akan kamu buat dengan mengisi pada bagian Project Name
  4. Lalu kamu bisa memilih latar belakang alias background dari animasi yang hendak kamu buat. Ketuk bagian Choose Background dan pilih sesuai dengan preferensi 
  5. Pada bagian Choose Canvas Size kamu akan diminta untuk memilih ukuran dan format video animasi yang hendak kamu buat.
  6. Ada pilihan untuk YouTube, Instagram, TikTok, hingga Facebook dengan pilihan resolusi dan rasio masing-masing.
  7. Tentukan jumlah frame per detik atau FPS yang akan menentukan seberapa halus nantinya video animasi yang kamu buat.


Selain itu, jika kamu ingin membuat animasi berbicara di Android, kamu tinggal klik ikon speaker di bagian kiri dan tambahkan efek suara, baik yang diunduh dari internet atau kamu rekam sendiri. FlipaClip lebih cocok untuk membuat animasi kartun sederhana berdurasi pendek. Untuk melihat preview video, kamu pun tinggal ketuk ikon Play.


Terakhir, kamu bisa ubah animasi tadi ke dalam format film seperti MP4, lho. Caranya kamu tinggal ketuk ikon tiga titik di kanan atas dan pilih opsi Make Movie.


Cara Membuat Video Animasi 3D


Selain membuat animasi 2D, kamu juga bisa membuat film animasi 3D atau tiga dimensi menggunakan aplikasi bernama Animate It!.


Lewat aplikasi ini, kamu bisa membuat film animasi keren dengan karakter mirip game Minecraft. Animate It! sendiri menggunakan dukungan engine Unity untuk membuat film animasi bergerak. kamu pun akan diberikan opsi banyak karakter dan elemen yang sepenuhnya bisa dipakai secara gratis.


Cara membuat animasi bergerak dengan aplikasi ini memang terbilang gampang-gampang susah. Namun dengan mengikuti langkah-langkah berikut, kamu bisa mengetahui beberapa fungsi dasarnya:


  1. Pertama kamu tinggal ketuk ikon hamburger di pojok kiri atas dan berikan judul animasi kamu pada kolom yang tersedia
  2. Animate It! menyediakan berbagai tools untuk menggerakan bagian tubuh karakter, berjalan berpindah tempat, menambah frame, dan banyak lainnya
  3. Pada tombol hamburger sebelumnya, kamu juga bisa berganti karakter dan menambahkan objek yang akan ditambahkan ke dalam animasi kamu
  4. Di bagian bawah, kamu akan melihat sejumlah scene yang bisa diatur untuk melihat pergerakan karakter.Untuk melihat preview-nya, kamu cukup ketuk tombol Play pada layar.


Jika kamu ingin menyimpan hasil editan, kamu tinggal ketuk ikon ”Save” yang ada di bagian atas. Namun sayangnya, Animate It! Tidak memberikan opsi untuk mengexport hasil video ke galeri handphone.


Nah, itulah sekilas penjelasan tentang cara membuat animasi bergerak di HP Android dengan beberapa aplikasi yang tersedia di Play Store. Mudah bukan? Namun, jika kamu tertarik untuk mempelajari ilmu pembuatan animasi secara lebih mendalam, kamu bisa mengunjungi pijarmahir.id. Pijar Mahir menyediakan berbagai kelas pelatihan online yang dapat membantu kamu ikuti untuk menunjang skill yang dimiliki.


Kamu bisa mengikuti kelas pelatihan online di Mahir Teknologi. Semua pelatihan tersebut diberikan oleh para ahli dalam bidangnya masing-masing. Terakhir, perlu dicatat bahwa pelatihan Prakerja Pijar Mahir juga bisa diakses oleh masyarakat umum. Semoga informasi seputar pelatihan Pijar Mahir yang bisa kamu akses menggunakan kartu Prakerja ini membantu kamu, ya! 

Artikel Lainnya

logo pijarmahir

Powered By

logo telkom

WhatsApp

0812 8899 9576

Email

helpdesk@pijarmahir.id

Ikuti Kami di

InstagramLinkedinFacebookTwitter

Download Sekarang

Play Store

Layanan Pengaduan Konsumen

Gedung Telkom Direktorat Business and Technology

Jl. Prof. DR. Soepomo No.139, RT.13/RW.2, Tebet Bar., Kec. Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12810

Kontak Pelanggaran Usaha

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan Republik Indonesia

Whatsapp: 0853 1111 1010

©2020-2022 Pijar Mahir. All Right Reserved