Beli di aplikasi dan dapatkan promo menarik

Blog

| iProspect

Cara Mempresentasikan Produk Untuk Menggaet Hati Investor

Cara Mempresentasikan Produk

Melakukan presentasi untuk beberapa orang bukan perkara yang mudah. Terlebih jika kamu sedang mempersiapkan presentasi produk di depan para calon investor. Tentu hal ini akan membuatmu semakin terbebani. Tapi, jangan khawatir! Ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk bisa melakukan presentasi di depan investor dengan baik. Mau tahu cara mempresentasikan produk untuk menggaet hati investor? Simak artikel berikut ini!



Baca juga: 5 Cara Mengirim Email Lewat Email



Cara Mempresentasikan Produk dengan Mudah


Hal utama yang perlu diperhatikan saat kamu ingin melakukan presentasi adalah melakukan semuanya dengan efisien dan meyakinkan. Dua hal ini bisa menjadi keberhasilanmu menggaet hati para investor, selain itu kamu juga perlu memperhatikan cara-cara mempresentasikan produk berikut ini!


Buat Presentasi yang Menarik


Waktu merupakan hal yang harus kamu perhatikan dalam cara mempresentasikan produk. Berbicara terlalu lama, bahkan hingga berjam-jam justru sangat membosankan bagi investor. Semakin singkat semakin baik, mungkin sekitar 10 menit saja. 


Tapi, ingat, kamu tetap harus detail dan jelas dalam menyampaikan data-data mengenai bisnismu. Kalau menggunakan slide power point dalam presentasi, pastikan untuk jangan terlalu lama terpaku di satu slide


Jangan Lupakan Ilustrasi, Video, atau Image


Cara mempresentasikan produk yang bisa kamu lakukan berikutnya adalah dengan membuat presentasi yang efektif dengan berbagai variasi template pada slide yang kamu buat. Jangan takut mengubah warna serta menambahkan gambar dan logo untuk membuat tampilan yang unik dan menarik. Selain itu, perhatikan juga pemilihan font huruf yang kamu gunakan dalam presentasi bisnismu. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan media lain seperti suara, foto, dan bahkan video untuk membuat slide presentasi bisnismu makin menarik serta diingat oleh para investor.


Kuasai Materi Presentasi 


Investor akan melihat kesungguhanmu ketika kamu terlihat begitu menguasai materi dan bisnis yang akan dijalankan. Jelaskan secara detail dan terperinci materi-materi yang ingin disampaikan, namun jangan monoton hingga membuat mereka jenuh. 


Jawablah setiap pertanyaan dengan detail namun dengan bahasa singkat dan mudah dimengerti. Penting untuk berbicara dengan power atau semangat namun tetap tidak berlebihan.


Pada saat mempresentasikan produk, kamu tidak hanya diberi kesempatan untuk menjadi calon pengusaha namun juga menjadi presenter yang baik. Presenter yang sukses dan baik tentunya memiliki kemampuan komunikasi yang baik. Diantaranya adalah dengan kemampuan story telling. 


Hal ini juga merupakan salah satu cara mempresentasikan produk yang perlu kamu perhatikan. Tidak semua orang bisa bercerita namun tentunya semua orang bisa menikmati sebuah cerita. Cerita disini tentu berkaitan dengan bisnis, namun jangan lupakan sisi pengetahuan baru, membuka pikiran serta menggugah emosi para investor.


Jadi dengan demikian, kamu bisa membuktikan kepada investor bahwa kamu memiliki semangat dan percaya diri dengan bisnis yang diajukan. Antusiasme itu penting dan perlu diekspresikan agar investor juga merasa yakin serta antusias terhadap bisnis yang akan kamu jalankan.


Cara Mempresentasikan Produk: Berikan Data Pembanding


Dalam skenario film, tentu ada dua sisi, yaitu pahlawan dan musuh. Sama halnya dalam bisnis, kamu bisa memiliki tantangan serta kebutuhan sebagai musuh sedangkan solusi atau produk yang kamu tawarkan akan menjadi pahlawannya. 


Singkatnya, produk yang akan kamu pasarkan akan laku karena bisa menangani banyak tantangan yang dialami banyak orang. Ceritakan pula tentang keunggulan produk beserta kelemahan yang ditemukan dari produk lain. 


Itulah beberapa cara mempresentasikan produk yang bisa kamu lakukan untuk menggaet hati investor. Agar bisa lebih memahami cara mempresentasikan produk ketika ingin memulai bisnis, kamu bisa ikutan banyak kelas pelatihan UMKM yang tersedia di pijarmahir.id. 


Dengan mengikuti kelas yang disediakan Pijar Mahir, Kamu akan mampu memahami berbagai ilmu untuk memulai bisnis, mulai dari cara memulai usaha bisnis hingga strategi dan tips untuk mengembangkan bisnis yang kamu miliki secara tepat.


Selain itu, seluruh materi yang didapatkan merupakan materi dasar hingga materi advance, sehingga saat selesai kamu sudah mendapatkan paket komplit. Tunggu apa lagi? Yuk, daftar sekarang!

Artikel Lainnya

©2020-2022 Pijar Mahir. All Right Reserved