Beli di aplikasi dan dapatkan promo menarik

Blog

| Content Writer

9 Cara Mendapatkan Teman Di Kantor dengan Mudah

Cara mendapatkan teman di kantor

Kamu ingin mendapatkan teman di kantor dan bisa menjalani hubungan yang akrab? Kalau iya, yuk simak beberapa cara mendapatkan teman di kantor berikut ini.


Untuk beberapa orang mendapatkan teman akrab di kantor bisa sangat bermanfaat untuk meningkatkan produktivitas kerja sekaligus membuat diri sendiri betah di kantor. Oleh karena itu, meskipun terlihat sederhana memiliki teman di kantor merupakan salah satu hal yang penting dilakukan lho.


Teman yang dimaksud dalam hal ini bukan hanya teman yang bisa diajak komunikasi mengenai urusan pekerjaan ya, tapi kadang teman yang bisa diajak diskusi mengenai kesulitan yang kamu alami saat bekerja atau hal-hal di luar pekerjaan.


Cara mendapatkan teman di kantor


Pada dasarnya ada beberapa cara mudah yang bisa kamu terapkan untuk mendapatkan teman di kantor, yaitu:


1.Perkenalkan diri dengan sopan


Jika kamu baru pertama kali masuk kantor dan ingin mencari teman baru hal pertama yang wajib kamu terapkan adalah dengan memperkenalkan diri dengan sopan. Caranya dengan mengucapkan salam, menyebutkan nama, serta jabatan dan divisi di kantor. Selain itu, jangan lupa juga untuk selalu tersenyum saat memperkenalkan diri. Karena hal ini bisa memberikan kesan yang sangat baik kepada rekan kerja.


2. Selalu sapa rekan kerja dengan sopan


Ketika baru datang bekerja dan akan pulang kerja, jangan lupa juga untuk mengucapkan salam kepada rekan kerja, misalnya dengan mengucapkan “Selamat pagi mbak/mas” ketika baru datang atau “Pulang duluan mbak/mas” ketika pulang bekerja. Jika ternyata ketika baru datang atau pulang kerja, rekan kantor masih sibuk bekerja cukup tersenyum dan bungkukan badan kepada rekan kerja.


Meskipun terlihat sederhana hal inilah yang akan membuatmu bisa mendapatkan teman dengan mudah di kantor. Selain itu, selalu menyapa rekan kerja dengan sopan juga bermanfaat untuk membuat suasana bekerja di kantor menjadi lebih akrab.


3. Makan siang bersama


Tidak bisa dipungkiri memang makan siang bersama merupakan salah satu cara paling ampuh yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan teman di kantor. Karena saat makan siang, suasananya akan jauh lebih santai dibandingkan saat bekerja, terlebih jika kamu dan rekan kerja memutuskan untuk makan siang di luar kantor. Saat makan siang rekan kerja biasanya akan lebih bebas bercerita mengenai hal-hal yang mungkin dirasakan ketika bekerja maupun mengenai kehidupan di luar kantor.


Ketika hal ini terjadi, kamu gak perlu terlalu banyak berbicara, tapi dengarkan dengan seksama. Setelah itu, jika sekiranya ada pembicaraan yang kamu pahami, jangan ragu untuk ikut berbicara ya. Karena hal ini bisa menunjukkan kamu orang yang ramah dan mudah bergaul.


Namun, saat berbicara dengan rekan kerja hindari juga pembicaraan yang menjelek-jelekkan kantor atau rekan kerja yang lain, terlebih jika kamu masih tergolong pegawai baru. Karena hal ini bisa memberikan kesan yang buruk untukmu.


4. Bagikan kue atau camilan


Sesekali tidak ada salahnya jika kamu membawa kue atau makanan ringan dan membagikannya kepada rekan-rekan di kantor. Karena kadang dari hal sederhana ini, akan muncul pembicaraan ringan dengan rekan kantor yang sebelumnya mungkin jarang terjadi. Bila perlu agar kue atau camilan yang kamu berikan kepada rekan kerja lebih berkesan, tidak ada salahnya juga jika kamu membuat sendiri kue atau camilan.


5. Tawarkan bantuan


Ketika ada rekan kerja yang terlihat kesulitan jangan ragu juga untuk memberikan bantuan ya. Misalnya ketika ada rekan kerja yang kesulitan untuk menggunakan printer atau mesin fotocopy, jangan ragu untuk segera datang dan memberikan bantuan. Karena hal ini juga merupakan salah satu cara paling mudah untuk bisa mendapatkan teman di kantor.


6. Hadiri acara semi formal di kantor


Beberapa kantor biasanya mengadakan acara semi formal secara rutin, misalnya gathering, makan siang bersama, atau outing. Ketika hal ini terjadi jangan buang kesempatan ini ya. Sebaliknya ada baiknya kamu mengikuti acara tersebut dengan semangat dan senang hati. Karena tidak bisa dipungkiri acara semi formal di kantor biasanya merupakan salah satu cara paling mudah untuk mendapatkan teman di kantor.


Bahkan di acara semi formal kantor, kamu juga berkesempatan untuk mendapatkan teman dari divisi lain yang mungkin kamu belum kenal sebelumnya.


7. Ikut aktivitas di luar kantor


Bila rekan kerjamu mengikuti aktivitas di luar kantor, seperti makan malam, nonton film, atau olahraga bersama tidak ada salahnya kalau kamu ikut. Karena hal ini juga merupakan salah satu cara paling mudah untuk mengakrabkan diri dan mendapatkan teman.


8. Perhatikan privasi rekan kerja


Cara lain yang perlu kamu lakukan untuk mendapatkan teman di kantor adalah tetap memperhatikan privasi rekan kerja, jangan sampai kamu bertanya atau membicarakan hal-hal yang sangat privasi. Misalnya saja alasan rekan kerja bercerai dengan pasangannya atau kenapa rekan kerja belum juga menikah di usia yang sudah cukup dewasa. Karena hal ini justru bisa membuat rekan kerja enggan berteman denganmu.


9. Tetap jadi diri sendiri



Sebesar apapun keinginanmu untuk bisa mendapatkan teman di kantor, jangan lupa untuk selalu menjadi dirimu sendiri dan apa adanya ya. Jangan sampai kamu melakukan hal yang sebenarnya tidak kamu sukai, hanya karena ingin mendapatkan teman.

 

Mendapatkan teman di kantor memang tidak semudah dibayangkan. Kadang kamu harus melalui waktu yang cukup lama hingga akhirnya bisa mendapatkan teman. Namun, jangan lupa untuk tetap menerapkan beberapa cara mendapatkan di kantor seperti di atas. Karena kadang tidak menutup kemungkinan di kantor kamu bisa mendapatkan sahabat sejati. 


Artikel Lainnya

©2020-2022 Pijar Mahir. All Right Reserved