Beli di aplikasi dan dapatkan promo menarik

Blog

| Content Writer

9 Cara Mengatasi Overthinking Saat Bekerja

Cara Mengatasi Overthinking Saat Bekerja

Overthinking saat bekerja memang sangat mengganggu kenyamanan diri. Namun, jangan khawatir karena kamu bisa mengatasi hal ini dengan beberapa cara mudah. Yuk, cari tahu cara mengatasi overthinking saat bekerja di bawah ini.


Overthinking adalah istilah yang ditujukan saat seseorang memikirkan suatu hal secara berlebihan dalam jangka waktu yang lama. Beberapa hal yang bisa menyebabkan seseorang mengalami overthinking adalah sedang ada masalah pribadi yang dihadapi atau sedang stres.


Cara mengatasi overthinking saat bekerja


Selain mengganggu kenyamanan diri, pada dasarnya overthinking bisa membawa dampak negatif untuk diri sendiri, seperti menurunnya produktivitas kerja dan membuat tubuh menjadi mudah sakit. Oleh karena itu, mulai sekarang mulailah mengatasi overthinking dengan beberapa hal di bawah ini:


1. Mulai hari dengan melakukan hal yang positif


Untuk menghilangkan overthinking cobalah untuk  memulai hari dengan melakukan kegiatan yang positif, seper mengonsumsi sarapan bergizi, membersihkan meja kerja, dan menyapa rekan kerja. Karena melakukan hal yang positif di pagi hari akan membuat suasana hati atau mood menjadi lebih baik, sehingga kamu akan terhindar dari overthinking dan produktivitas kerja akan semakin meningkat.


Selain itu, di pagi hari tidak ada salahnya juga jika kamu memulai kerja dengan mendengarkan lagu favorit. Karena hal ini juga telah terbukti efektif untuk menghilangkan overthinking.


2.  Lakukan hal yang disukai


Melakukan hal yang disukai merupakan salah satu cara paling mudah untuk mengatasi overthinking. Karena pikiranmu bisa teralihkan selama beberapa waktu dari masalah yang sedang dihadapi dan nantinya pikiranmu bisa menjadi lebih segar, sehingga kamu bisa memikirkan masalah dari perspektif yang berbeda dan overthinking yang kamu rasakan juga akan hilang.


Jadi, mulai sekarang jika overthinking menghampiri cobalah untuk melakukan hal yang disukai ya. Misalnya dengan mendengarkan musik kesukaan atau menyelesaikan menonton drama korea yang sempat terabaikan.


3. Olahraga secara teratur


Saat overthinking menghampirimu salah satu cara paling mudah yang bisa kamu lakukan untuk mengatasinya adalah dengan olahraga. Gak perlu olahraga yang susah dan memerlukan durasi lama untuk dilakukan kok.


Kadang jalan kaki atau lari kecil di sekitar lingkungan kerja selama 5-10 menit saja sudah bermanfaat untuk menghilangkan overthinking. Selain itu, kamu juga bisa melakukan melakukan perenggangan badan di meja kerja untuk menghilangkan overthinking.


4. Terapkan mindfulness


Mindfulness adalah salah satu jenis meditasi yang bisa dilakukan dengan cara memfokuskan pikiran dan perasaan pada hal yang benar-benar sedang dirasakan saat itu juga, tanpa interpretasi atau penilaian subjektif dalam diri. Salah satu jenis meditasi ini juga telah terbukti efektif mengatasi overthinking yang kamu rasakan. Kalau kamu ingin tahu informasi lebih lanjut tentang mindfulness, baca artikel ini ya “9 Cara Menerapkan Mindfulness di Tempat Kerja”. 

 

 

5. Batasi sikap perfeksionis


Sikap yang perfeksionis dan ingin selalu mengerjakan semua hal dengan baik memang sangat baik untuk dilakukan. Namun, jika dilakukan secara berlebihan hal ini justru bisa membuatmu menjadi overthinking.


Untuk itu yuk kurangi sikap perfeksionis dan maafkan diri sendiri jika sesekali melakukan kesalahan. Karena bagaimanapun tidak ada satu orang pun yang tidak melakukan kesalahan dan kadang kesalahan itu  justru bisa membuat diri menjadi lebih baik lagi kedepannya.


6. Tulis buku harian


Siapa bilang menulis buku harian hanya bisa dilakukan oleh anak-anak atau remaja. Faktanya menulis buku harian ternyata juga sangat bermanfaat untuk menghilangkan overthinking yang kamu rasakan dan membuat pikiran lebih segar lho. Oleh karena itu, mulai sekarang tidak ada salahnya jika kamu mulai menulis berbagai masalah yang sedang dihadapi dan solusinya.  Misalnya saja jika kamu memiliki masalah dengan rekan kerja, tuliskan semua penyebab munculnya konflik dan solusinya.

 

 

7. Pikirkan masalah dari berbagai perspektif


Kadang salah satu hal yang menyebabkan kamu mengalami overthinking adalah karena kamu hanya melihat masalah dari satu perspektif saja. Oleh karena itu, mulai sekarang jika kamu menghadapi masalah, cobalah untuk memikirkan solusi dari berbagai perspektif yang berbeda secara positif.


Misalnya saja jika salah satu hal yang sedang kamu pikirkan secara berlebihan adalah kamu malas untuk lembur, cobalah berpikir bahwa lembur merupakan hal yang menyenangkan. Karena jika lembur kamu bisa menghabiskan waktu lebih lama untuk mengobrol bersama teman dan kamu bisa menguasai pekerjaan dengan lebih baik.

 

8. Fokus pada hal-hal yang dapat di ubah


Salah satu pemicu kamu mengalami overthinking adalah kamu terlalu memikirkan hal yang tidak bisa kamu ubah. Untuk itu, yuk mulai sekarang fokuskan pikiran hanya pada hal-hal yang bisa kamu ubah saja. Misalnya saja jika kamu merasa tidak bisa mendapatkan pekerjaan yang disukai, cobalah untuk berpikir bagaimana caranya untuk bisa bekerja dengan sebaik mungkin, sehingga pada akhirnya kamu akan mencintai pekerjaan tersebut.


9. Tidur yang cukup


Tidur yang cukup juga merupakan salah satu cara paling ampuh untuk mengatasi overthinking lho. Karena saat tidur yang cukup, pikiran bisa menjadi lebih segar. Jadi, mulai sekarang usahakan untuk selalu tidur yang cukup (7-9 jam setiap hari) sepadat apapun aktivitas kamu ya.


Selain itu, bila perlu kamu juga bisa melakukan power nap atau tidur singkat di sela-sela waktu bekerja. Hal ini karena melakukan power nap juga telah terbukti bermanfaat untuk mengatasi overthinking. Idealnya power nap dilakukan dengan durasi 10-20 menit saja. Karena jika power nap dilakukan lebih dari 20 menit, hal ini justru bisa menyebabkanmu menjadi semakin overthinking, sehingga produktivitas bekerja semakin berkurang.

 


Untuk beberapa orang overthinking memang merupakan hal yang sangat sulit untuk dihilangkan. Namun, tidak ada salahnya jika kamu mulai menerapkan beberapa hal di atas untuk menghilangkan overthinking. Karena bagaimanapun juga jika dibiarkan overthinking bisa membawa banyak dampak negatif untuk tubuh. 


Referensi

https://www.indeed.com/career-advice/career-development/how-to-stop-overthinking-at-work

https://www.healthline.com/health/how-to-stop-overthinking 



Artikel Lainnya

©2020-2022 Pijar Mahir. All Right Reserved