Kamu merasa mudah marah, sedih, atau khawatir ketika bekerja? Bisa jadi itu merupakan tanda bahwa kamu sedang stres kerja. Oleh karena itu, yuk coba cari tahu cara mengatasi stres saat kerja di bawah ini.
Stres saat kerja biasanya ditandai dengan beberapa hal, seperti mudah marah, sedih, atau khawatir, kurang fokus, dan tidak bersemangat bekerja. Jika kamu mengalami hal ini, jangan anggap remeh. Karena jika dibiarkan, stres saat kerja bisa menimbulkan beberapa dampak negatif, seperti membuat tubuh mudah sakit, menurunkan produktivitas kerja, dan membuatmu tidak bisa bekerja dengan baik.
Penyebab Stres Saat Kerja
Pada dasarnya stres saat kerja bisa disebabkan oleh beberapa hal, seperti mengalami konflik dengan rekan kerja, beban kerja yang sangat berat, setiap hari harus melakukan lembur, jenuh dengan pekerjaan, dan kurangnya tantangan saat kerja.
Penyebab stres di atas memang sangat umum terjadi. Namun, bukan berarti kamu harus selalu menghindarinya. Karena ada baiknya kamu segera mencari cara untuk ‘berdamai’ dengan beberapa hal di atas dan mencari cara untuk mengatasinya.
Cara Mengatasi Stres Saat Kerja
Ketika kamu mengalami stres saat bekerja, ada baiknya jangan langsung resign dan memilih pekerjaan lain. Karena stres saat kerja bisa diatasi dengan beberapa cara di bawah ini:
1.Cari penyebab stres
Hal pertama yang perlu kamu lakukan untuk mengatasi stres saat kerja adalah mencari penyebab stress itu sendiri. Misalnya mengalami konflik dengan rekan kerja atau beban pekerjaan yang terlalu banyak.
Coba tuiskan semua penyebab stres di sebuah kertas dan tulis juga solusi sederhana yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi stres tersebut. Contohnya ketika kamu memiliki konflik dengan rekan kerja, ada baiknya diskusi dengan rekan kerja tersebut untuk sama-sama menyelesaikan konflik.
Saat mencari penyebab stres, ada baiknya kamu menulisnya di tempat yang setenang mungkin dan jauh dari lingkungan kerja. Bila perlu kamu bisa menghabiskan waktu untuk menenangkan diri sendiri selama 1-2 jam untuk sekedar mencari penyebab stres. Pastikan juga bahwa pikiranmu tetap serileks dan setenang mungkin saat menuliskan semua penyebab stres.
2. Dengarkan musik saat kerja
Tidak bisa dipungkiri memang, selain bermanfaat untuk meningkatkan fokus dan, mendengarkan musik ternyata juga bisa bermanfaat untuk mengatasi stres saat kerja. Oleh karena itu, jangan ragu untuk mendengarkan musik favorit saat bekerja atau ketika dalam perjalanan pergi ke kantor dan pulang ke rumah ya.
3. Cerita dengan orang terdekat
Tidak semua masalah harus kamu tanggung sendiri kok. Ada kalanya kamu harus berbagi sedikit keluh kesah yang dirasakan kepada orang terdekat yang kamu percaya. Misalnya keluarga, sahabat, atau pasangan. Coba ceritakan semua hal yang membuat kamu stres saat bekerja ke orang terdekat.
Kadang saat bercerita, kamu memang tidak selalu mendapatkan solusi. Tapi setidaknya beban dan stres yang sedang kamu rasakan bisa sedikit berkurang. Saat stres seseorang juga biasanya hanya perlu didengar tanpa di nasihati atau diberikan solusi.
4. Jaga jarak dengan orang yang membuatmu stres
Menjaga jarak memang tidak selalu baik dilakukan. Namun, jika ternyata menjaga jarak dengan seseorang yang membuatmu kurang nyaman, bisa sedikit menghilangkan stres. Ada baiknya kamu melakukan hal ini.
Jaga jarak bukan berarti kamu tidak bisa berkomunikasi sama sekali.
Jika orang yang membuatmu kurang nyaman ternyata adalah orang yang harus sering kamu hubungi untuk menyelesaikan pekerjaan, ada baiknya kamu menjaga jarak dengan hanya membicarakan hal yang berhubungan dengan pekerjaan saja. Selain jaga jarak, ada baiknya kamu pelan-pelan mengobrol dengan orang tersebut dan mencari solusi.
BACA JUGA:Manfaat dan Cara Menerapkan Metode Time Blocking
5. Batasi sikap perfeksionis
Sikap yang perfeksionis dan ingin selalu mengerjakan semua hal dengan baik memang sangat baik untuk dilakukan. Namun, jika dilakukan secara berlebihan hal ini justru bisa membawa dampak buruk untuk tubuhmu, seperti membuat lebih mudah stres dan lelah. Untuk itu yuk kurangi sikap perfeksionis dan maafkan diri sendiri jika sesekali melakukan kesalahan.
6. Hindari mengonsumsi makanan yang tidak sehat
Mengonsumsi makanan atau minuman yang kurang sehat, seperti makanan fast food, makanan berlemak dan minuman bersoda secara berlebihan biasanya menjadi pelarian beberapa karyawan saat sedang stres. Padahal jika dibiarkan, hal ini justru bisa membuat tubuhmu lebih mudah sakit dan stres yang kamu rasakan tidak juga hilang,
Jadi, ketika stres usahakan untuk tetap mengontrol nafsu makan. Jika keinginan untuk ngemil atau mengonsumsi banyak makanan muncul, usahakan untuk mengonsumsi makanan bergizi seperti buah dan sayur.
7. Rajin olahraga
Di tengah padatnya aktivitas yang kamu lakukan jangan lupa untuk tetap rajin olahraga. Karena olahraga secara rutin terbukti bermanfaat membuat mood atau suasana hati menjadi lebih baik, meningkatkan fokus, dan membuat tubuh menjadi lebih rileks.
Gak perlu olahraga yang sulit dan dengan durasi yang lama kok untuk mengatasi stres. Jalan kaki atau lari-lari kecil selama 10-15 menit setiap hari juga sudah ampuh untuk mengatasi stres. Menariknya lagi olahraga ringan seperti jalan kaki bahkan bisa kamu lakukan saat sedang bekerja di kantor sekalipun.
Namun, jangan melakukan hal ini di jam kerja ya. Sebaliknya, ada baiknya kamu melakukan hal ini saat istirahat atau setelah jam pulang kerja.
BACA JUGA:8 Cara Menerapkan Work Life Balance dengan Baik
8. Ambil cuti
Cuti adalah hak setiap karyawan yang bekerja. Jadi, jika stres saat kerja sudah dengan sangat menganggumu, ada baiknya kamu segera ambil cuti. Sebelum cuti minta pengertian pada atasan, untuk tidak menghubungimu masalah kerjaan. Bila perlu selama cuti kamu juga bisa menonaktifkan semua gadget yang biasanya digunakan untuk bekerja, seperti handphone dan laptop. Hal ini membuatmu terhindar dari notifikasi pekerjaan.
9. Belajar hal baru
Untuk beberapa orang, salah satu cara paling ampuh untuk mengatasi stres saat kerja adalah dengan belajar baru, misalnya dengan mengikuti pelatihan online. Karena belajar hal baru bermanfaat untuk mengalihkan pikiranmu dari pekerjaan yang kadang bisa membuatmu stres.
Kalau kamu ingin mendapatkan pelatihan berkualitas dengan harga terjangkau, yuk ikut pelatihan di Pijar Mahir. Menariknya, Pijar Mahir juga memiliki ratusan pelatihan dari berbagai bidang lho. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk beli dan ikut pelatihan di Pijar Mahir sekarang juga.
Ada satu kutipan dari buku “Aku Bukan Menyerah Hanya Sedang Lelah” yang bisa kamu praktikkan saat stres kerja, yaitu “Kalau Lelah istirahat, bukan menyerah”. Jadi pada dasarnya ketika stres, ada baiknya kamu menenangkan diri selama beberapa saat, istirahat, dan coba melakukan beberapa cara di atas.
Referensi
https://www.apa.org/topics/healthy-workplaces/work-stress
https://www.verywellmind.com/how-to-deal-with-stress-at-work-3145273