Beli di aplikasi dan dapatkan promo menarik

Blog

| Content Writer

11 Cara menghilangkan ngantuk saat kerja

Cara menghilangkan ngantuk saat kerja

Ngantuk saat bekerja memang hal yang sangat normal terjadi. Namun, jangan biarkan hal ini berlangsung terlalu lama dan berlarut-larut ya. Karena jika dibiarkan, ngantuk saat bekerja bisa menurunkan produktivitas kamu dalam bekerja. Oleh karena itu, yuk simak beberapa cara menghilangkan ngantuk saat kerja di bawah ini.


Selain menyebabkan menurunnya produktivitas kerja, ngantuk saat bekerja juga bisa menyebabkan emosi menjadi tidak stabil, sehingga kamu menjadi mudah marah. Jika dibiarkan hal ini juga bisa mengganggu kenyamananmu saat bekerja.


Cara menghilangkan rasa ngantuk saat kerja


Ngantuk saat bekerja bisa dipicu oleh berbagai penyebab, seperti kurang istirahat atau beban kerja yang terlalu berat. Namun, jangan khawatir karena pada dasarnya rasa ngantuk saat kerja bisa dihilangkan dengan beberapa cara di bawah ini:


1. Dengarkan musik dengan irama yang cepat


Bisa dibilang mendengarkan musik dengan irama yang cepat merupakan salah satu cara paling mudah yang bisa dilakukan untuk mengatasi rasa ngantuk. Karena mendengarkan musik bisa membuat tubuh dan pikiran menjadi lebih segar, jadi kamu bisa kembali bekerja dengan produktif dalam bekerja. 


2. Istirahat sejenak


Duduk atau berdiri terlalu lama saat bekerja bisa membuat tubuh menjadi mudah lelah, sehingga memicu rasa ngantuk. Oleh karena itu, jangan ragu untuk istirahat sejenak setelah fokus bekerja 1-2 jam. Saat mengambil waktu untuk istirahat sejenak, kamu bisa membaca buku atau sekedar membuka media sosial. Namun, tetap batasi durasi istirahat, maksimal 15 menit ya. Karena istirahat dengan durasi yang terlalu lama justru bisa membuat pikiran sulit fokus kembali.


3. Minum air putih


Tidak bisa dipungkiri memang, mencukupi kebutuhan cairan dengan banyak minum air putih merupakan salah satu cara menghillangkan ngantuk saat kerja dan meningkatkan fokus kerja. Oleh karena itu, jangan lupa untuk selalu meletakkan botol minum berisi air putih di atas meja kerja. Jadi, jika sewaktu-waktu rasa ngantuk mincul kamu bisa langsung minum air putih.


4. Mengonsumsi minuman berkafein


Sama halnya seperti minum air putih, mengonsumsi minuman berkafein juga telah terbukti bermanfaat untuk menghilangkan rasa ngantuk. Namun, tetap batasi jumlah minuman berkafein yang dikonsumsi, maksimal 400 mg perhari ya. Karena jika dikonsumsi secara berlebihan, minuman berkafein justru bisa memicu sakit perut atau sakit kepala.


5. Konsumsi camilan sehat


Mengonsumsi camilan sehat di siang hari dapat membantu menjaga gula darah dan meningkatkan fokus bekerja. Oleh karena itu, jangan ragu untuk mengonsumsi camilan sehat saat rasa ngantuk muncul. Camilan sehat yang terbukti ampuh mengatasi rasa ngantuk adalah camilan sehat yang terbuat dari campuran protein, karbohidrat, dan lemak baik, seperti:

·    Selai kacang dan kerupuk gandum utuh

·    Granola dan yoghurt

·    Kacang-kacangan dan buah-buahan

·    Wortel dan keju

 

 

6. Jaga agar ruang kerja tetap cerah


Jika kamu sedang bekerja dari rumah atau work from home, biarkan tirai jendela di dekat meja kerja terbuka untuk membuat sinar matahari masuk. Namun, jika kamu bekerja di malam hari atau ketika cahaya matahari tidak bisa masuk ke dalam ruang kerja, maka tidak ada salahnya jika kamu menyalakan lampu dengan sinar yang terang.


Sedangkan, jika kamu sedang bekerja dari kantor atau work from office dan cahaya lampu sedang tidak terlalu terang, ada baiknya untuk sejenak kamu pindah bekerja ke tempat yang lebih terang, misalnya taman di belakang kantor atau pantry. Karena bekerja di ruang kerja yang cerah telah terbukti efektif mengatasi rasa ngantuk.

 

7. Kerjakan pekerjaan yang mudah untuk dilakukan


Kalau kamu ingin menghilangkan rasa ngantuk tapi tetap produktif bekerja, gak ada salahnya jika kamu mengerjakan pekerjaan yang mudah untuk dilakukan, seperti membalas email, mengarsipkan dokumen, atau mengatur ulang desktop komputer.


Hal ini karena mengerjakan tugas yang mudah ternyata telah terbukti bermanfaat untuk mengembalikan energi tubuh dan membuat pikiran menjadi lebih fokus. Sebaliknya mengerjakan pekerjaan yang kompleks dan relatif sulit justru bisa membuat tubuh menjadi semakin mudah lelah.


8. Hindari mengonsumsi makanan yang banyak mengandung gula


Mengonsumsi makanan yang banyak mengandung gula sering dianggap sebagai salah satu cara menghilangkan rasa ngantuk saat kerja, membuat pikiran kembali fokus, dan membuat tubuh lebih berenergi. Hal ini memang tidak sepenuhnya salah, namun makanan yang banyak mengandung gula hanya baik dikonsumsi jika kamu sedang tidak mengantuk. Karena mengonsumsi makanan yang banyak mengandung gula saat mengantuk, justru bisa membuat tubuh semakin lelah, sehingga akhirnya menyebabkan rasa ngantuk yang berlebihan.

 

Beberapa makanan dan minuman yang mengandung tambahan gula dan wajib kamu hindari, yaitu Hindari permen, biskuit untuk menambah energi, dan minuman bersoda.

 

9. Mengobrol dengan teman


Salah satu cara terbaik untuk menghilangkan rasa ngantuk saat bekerja adalah mengobrol dengan rekan kerja. Saat mengobrol fokuskan pikiran pada hal yang sedang dibicarakan rekan kerja, karena hal ini benar-benar telah terbukti bermanfaat untuk menghilangkan rasa ngantuk. Namun, pastikan teman yang diajak mengobrol juga sedang tidak sibuk ya. Karena bagaimanapun, kamu tidak boleh mengganggu konsentrasi rekan saat bekerja.


10. Pijat beberapa bagian tubuh


Memijat beberapa bagian tubuh juga telah terbukti bermanfaat untuk memicu keluarnya energi tubuh dan menghilangkan rasa ngantuk. Beberapa bagian tubuh yang baik di pijat saat mengantuk adalah bagian belakang leher, di antara ibu jari dan jari telunjuk, di belakang lutut dan tepat di bawah telapak kaki.


11. Jalan kaki


Selain bermanfaat untuk menghilangkan rasa ngantuk, jalan kaki ternyata juga bermanfaat untuk membuat pikiran menjadi lebih fokus dan segar kembali. Jadi kamu bisa kembali bekerja dengan lebih produktif. Ketika sedang kerja dari kantor (work from office) cobalah untuk jalan kaki di lorong yang ada di kantor. Sedangkan ketika sedang work from home, kamu bisa jalan kaki di taman yang ada di dekat rumah.


Ternyata rasa ngantuk saat bekerja bisa dihilangkan dengan cara yang mudah ya. Jadi, mulai sekarang jika rasa ngantuk muncul angan ragu untuk melakukan beberapa cara menghilangkan ngantuk saat kerja di atas. Karena hal ini bermanfaat untuk membuatmu bisa selalu kerja dengan produktif seperti biasa.


Referensi



https://www.cigna.com/individuals-families/health-wellness/how-to-stay-awake-at-work

https://www.webmd.com/sleep-disorders/features/natural-tips-sleepiness

https://www.healthline.com/health/daytime-sleepiness/tips-for-work

https://www.healthline.com/health/how-to-stay-awake-at-work#stay-awake-at-work

Artikel Lainnya

©2020-2022 Pijar Mahir. All Right Reserved