Beli di aplikasi dan dapatkan promo menarik

Blog

| iProspect

5 Cara Mengirim Lamaran Lewat Email agar Bisa Diterima

cara mengirimkan lamaran lewat email

Kemajuan internet dan teknologi memudahkan kita untuk melakukan banyak hal tanpa perlu keluar rumah, salah satunya mengirimkan lamaran pekerjaan melalui email. Mengirim lamaran kerja melalui internet memang praktis dan mudah. Namun, apakah kamu sudah tahu bagaimana cara mengirim lamaran lewat email yang benar? Simak langkah-langkahnya di artikel ini, ya!


Cara Mengirim Lamaran Lewat Email


Sebelum masuk ke langkah atau cara mengirim lamaran lewat email, kamu harus memastikan kalau pengalaman atau skill yang dimiliki sudah sesuai dengan kriteria dari pekerjaan yang akan dilamar. Jika semua sudah sesuai ini saatnya kamu mengirim lamaran lewat email dengan langkah berikut ini!


1. Persiapkan Seluruh Dokumen yang Diperlukan Terlebih Dahulu


Cara mengirim lamaran kerja lewat email yang pertama adalah mempersiapkan terlebih dahulu beberapa dokumen pendukungnya. Pastikan agar dokumen yang diperlukan sudah kamu siapkan sesuai dengan kebutuhan perusahaan yang dituju. Berikut ini adalah beberapa contoh dokumen yang biasanya diperlukan untuk surat lamaran pekerjaan:


  • Surat lamaran kerja
  • Curriculum Vitae 
  • Scan ijazah, daftar nilai, kartu identitas, sertifikat dan pas foto yang perusahaan minta
  • Kualitas file yang kamu kirimkan baik, dengan ukuran yang tidak terlalu kecil atau besar
  • Pastikan format file sesuai dengan apa yang perusahaan minta, seperti .doc, .pdf atau.jpeg


2. Gunakan Alamat Email yang Profesional


Cara mengirim lamaran lewat email yang berikutnya adalah dengan menggunakan nama dan alamat email yang sesuai dengan nama lengkap kamu saat melamar pekerjaan. Hindari menggunakan nama alias atau kata tambahan pada email agar perusahaan dapat melihat sisi profesionalmu. 


3. Ikuti Standar Pengiriman


Ada beberapa standar yang harus kamu perhatikan dalam tips mengirim lamaran lewat email, yaitu:


  • Nama penerima email yang dituju
  • Subjek Email
  • Body Email dan lampiran dokumen yang benar


Tulislah nama penerima dengan formal dan penulisan yang benar, cc pada email lain jika perusahaan memintanya. Kemudian, beri subjek email yang sesuai dengan posisi pekerjaan yang hendak kamu lamar atau ikuti perintah yang perusahaan berikan. Jangan lupa mengisi body email dengan formal (cover letter) dan melampirkan dokumen-dokumen pendukung yang diminta.


4. Perhatikan Kejelasan Berkas Lamaran


Sebelum kamu melampirkan dokumen pendukung, cek kembali dengan teliti supaya tidak ada kekeliruan yang berakibat fatal. Hal tersebut harus dilakukan juga supaya HRD atau recruiter tidak kebingungan dalam melihat file berkas lamaranmu.


Usahakan untuk menggabungkan file berkas lamaran menjadi satu rangkap. Biasanya perusahaan tidak terlalu menekankan untuk mengirimkan dokumen seperti ijazah, fotokopi KTP, pas foto, dan sejenisnya. Biasanya dokumen yang diminta oleh perusahaan berupa Curriculum Vitae dan surat lamaran. Akan tetapi, beberapa lowongan kerja mengharuskan seorang pelamar untuk memasukkan portofolio.


Pastikan kamu sudah menamai dokumen-dokumen tersebut secara benar, sesuai dengan permintaan HRD atau recruiter


5. Memerhatikan Waktu Pengiriman Email


Cara mengirim lamaran lewat email selanjutnya adalah memperhatikan waktu pengirimannya. Dalam hal ini, ada baiknya kamu mengirimkan lamaran pekerjaan di waktu jam kerja, yaitu di antara pukul 08.00-12.00 atau 13.00-17.00. 


Selain itu, pastikan juga lowongan pekerjaan tersebut masih tersedia, ya. Jangan sampai kamu mengirimkan lamaran pekerjaan untuk lowongan yang sudah tidak menerima kandidat. Hal ini menunjukkan kalau kamu adalah seseorang yang profesional dan bersungguh-sungguh dalam melamar pekerjaan tersebut.


Itulah beberapa cara mengirim lamaran lewat email yang bisa kamu lakukan. Selain dengan mengetahui cara mengirim lamaran pekerjaan dengan efektif dan benar, jangan lupa untuk selalu mengasah kemampuan yang kamu miliki dengan mengikuti kelas pelatihan secara online. 


Sebagai rekomendasi, kamu bisa mengunjungi pijarmahir.id. Pijar Mahir memiliki banyak kelas pelatihan online yang bisa kamu pilih sesuai dengan minat dan bakat. Bahkan, beberapa kelas yang disediakan ada yang gratis dan tidak mewajibkan kamu untuk membayar. Cukup dengan memiliki akun di pijarmahir.id. Semua pelatihan tersebut diberikan oleh para ahli dalam bidangnya masing-masing.


Terakhir, perlu dicatat bahwa pelatihan Prakerja Pijar Mahir juga bisa diakses oleh masyarakat umum. Semoga informasi seputar pelatihan Pijar Mahir yang bisa kamu akses menggunakan kartu Prakerja ini membantu kamu, ya! 

Artikel Lainnya

logo pijarmahir

Powered By

logo telkom

WhatsApp

0812 8899 9576

Email

helpdesk@pijarmahir.id

Ikuti Kami di

InstagramLinkedinFacebookTwitter

Download Sekarang

Play Store

Layanan Pengaduan Konsumen

Gedung Telkom Direktorat Business and Technology

Jl. Prof. DR. Soepomo No.139, RT.13/RW.2, Tebet Bar., Kec. Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12810

Kontak Pelanggaran Usaha

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan Republik Indonesia

Whatsapp: 0853 1111 1010

©2020-2022 Pijar Mahir. All Right Reserved