Beli di aplikasi dan dapatkan promo menarik

Blog

| iProspect

5 Cara Meningkatkan Soft Skill Lewat Kebiasaan Sehari-hari

Cara Meningkatkan Soft Skill

Soft skill merupakan kemampuan seseorang dalam berhubungan dengan orang lain dan keterampilan mengatur dirinya sendiri, sehingga mampu mengembangkan suatu hal pekerjaan secara maksimal. Dengan memiliki soft skill yang baik, setiap individu akan dapat lebih mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitarnya. Baik di dalam lingkungan bekerja maupun di dalam budaya organisasi yang beragam. 



Baca juga: Apa Arti Personal Branding?




Penasaran bagaimana cara meningkatkan soft skill yang dimiliki untuk menunjang kariermu? Ini ulasannya!


5 Cara Meningkatkan Soft Skill dengan Mudah


Jika ingin lebih mahir mengasah soft skill kamu bisa melakukannya dengan mudah. Caranya ikuti lima langkah meningkatkan soft skill dengan mudah berikut ini!


1. Sering Berkomunikasi Secara Offline dan Online 


Komunikasi efektif merupakan soft skill yang menguntungkan setiap orang di tempat kerja. Walaupun kamu mungkin memiliki tugas dan tanggung jawab yang tidak membutuhkan bantuan orang lain di tempat kerja, kamu tetap bisa mengambil kesempatan untuk membangun hubungan dengan orang di sekitarmu baik itu secara langsung (offline) ataupun tidak langsung (online).


Salah satu cara meningkatkan soft skill berkomunikasi yang bisa kamu lakukan adalah dengan memikirkan bagaimana pesan yang ingin kamu sampaikan dapat diterima dengan jelas oleh lawan bicara melalui bahasa tubuh, dan nada bicara yang tepat.


2. Berlatih untuk Menerima Masukan dan Mengolahnya


Salah satu cara meningkatkan soft skill yang cukup efektif adalah dengan bersikap terbuka terhadap masukan yang mungkin diberikan oleh atasan atau rekan kerja. Ketika kamu terbuka dan selalu siap untuk menerima masukan, kamu bisa mendapatkan kritik yang membangun dan hal tersebut bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan soft skill. Saat bekerja, kamu mungkin akan menerima masukan tentang keterampilan berkomunikasi, kemampuan bekerja dalam tim, atau mungkin manajemen waktu.


3. Membiasakan Diri dengan Perubahan


Cara meningkatkan soft skill yang berikutnya adalah dengan membiasakan diri dengan perubahan pada lingkungan sekitar. Pasalnya, beradaptasi dengan setiap perubahan yang ada membantumu menemukan solusi terhadap semua permasalahan. Hal ini tentu saja akan membantumu dalam  mengasah kemampuan soft skill dalam hal pemecahan masalah.


4. Fokus dan Mengasah Keterampilan yang Diinginkan


Setelah berkontemplasi atau merenung sekian lama, biasanya kita mampu menyadari soft skills apa yang masih harus ditingkatkan lagi. Misalnya, ketika kamu menyadari bahwa kamu mudah merasa marah. Padahal, ada banyak hal di dunia kerja yang membutuhkan kesabaran – yang juga merupakan salah satu contoh soft skill penting. Dengan menyadari bahwa masih ada ruang untuk memperbaiki soft skill tertentu, kamu bisa secara aktif melatih diri sendiri agar lebih baik lagi di kemudian hari.


5. Amati Bagaimana Cara Orang Bekerja atau Memecahkan Masalah 


Cara meningkatkan soft skill terakhir yang bisa kamu terapkan di tempat kerja adalah dengan mengamati orang-orang di sekitarmu, baik itu atasan maupun rekan kerja yang lainnya. Melihat bagaimana orang lain menyelesaikan masalah atau pekerjaannya bisa kamu jadikan inspirasi untuk mengasah soft skill


Itulah tadi beberapa cara meningkatkan soft skill lewat kebiasaan sehari-hari yang bisa kamu terapkan. Tak hanya itu, kamu juga bisa mendapatkan pelatihan dan pembelajaran untuk mengasah soft skill bersama dengan profesional di bidangnya melalui Pijar Mahir.


Pijar Mahir menyediakan berbagai pelatihan yang akan menambah pengetahuan serta meningkatkan kemampuan kamu di satu bidang tertentu. Khusus untuk penerima manfaat kartu Prakerja, Kamu tidak perlu mengeluarkan uang sepeser pun. Yuk, jadi lebih mahir di bidang pilihanmu!


Artikel Lainnya

©2020-2022 Pijar Mahir. All Right Reserved