Beli di aplikasi dan dapatkan promo menarik

Blog

| Content Writer

Cara menulis artikel Content Writing untuk Memasarkan Produk atau jasa

Tahukah kamu saat ini tulisan content writing bisa dijadikan sebagai salah satu cara untuk meningkatkan penjualan produk atau jasa? Kamu ingin tahu gimana caranya? Kalau iya, yuk cari tahu informasinya di bawah ini.

Content writing adalah artikel yang berisi informasi untuk banyak orang. Medium yang digunakan untuk memasukkan tulisan content writing adalah website atau blog. Tulisan content writing umumnya memiliki jumlah kata yang cukup banyak, yaitu 500-1000 kata.

Perbedaan tulisan content writing dan copywriting

Sebelum membahas lebih jauh tentang cara membuat artikel content writing untuk memasarkan produk atau jasa, ada baiknya kamu mengetahui terlebih dahulu perbedaan antara tulisan content writing dan copywriting. Karena selama ini banyak orang mengira bahwa tulisan yang bisa digunakan untuk memasarkan produk atau jasa hanya tulisan copywriting saja. Padahal faktanya tulisan content writing juga bisa digunakan untuk memasarkan produk atau jasa.

Copywriting adalah jenis tulisan yang ditujukan untuk melakukan promosi barang atau jasa. Selain itu, jenis tulisan ini sering kali digunakan sebagai kampanye penggalangan dana.

Tujuan utama seorang copywriter (seseorang yang ahli di bidang copywriting) membuat copywriting adalah untuk membujuk orang untuk mengambil tindakan, misalnya membeli suatu produk atau jasa, memasukkan alamat email, menyumbangkan uang, atau mengklik tombol tertentu. Medium yang digunakan untuk menuliskan tulisan copywriting juga beragam, dari mulai website, video promosi, dan iklan suara di layanan streaming musik.

Perbedaan yang paling mendasar antara content writing dan copywriting adalah panjang tulisan. Umumnya tulisan copywriting biasanya hanya memiliki panjang maksimal 300 karakter, sedangkan tulisan content writing bisa mencapai 1000 karakter.

Namun, menariknya saat ini kamu bisa memasukkan tulisan copywriting di artikel content writing. Misalnya saja menyelipkan satu-lima kalimat untuk memasarkan produk di artikel content writing dengan bahasa yang sehalus mungkin, sehingga pembaca tidak merasa sedang membaca iklan. Cara ini biasanya dikenal dengan istilah soft selling.

Cara membuat artikel content writing untuk memasarkan produk atau jasa

Kalau kamu ingin mulai menggunakan artikel content writing sebagai salah satu cara untuk meningkatkan produk dan jasa, yuk simak beberapa tips di bawah ini:

1.Tentukan tema artikel yang sesuai dengan produk atau jasa yang ditawarkan

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah menentukan tema artikel yang sesuai dengan produk atau jasa. Misalnya saja jika bisnis yang kamu lakukan bergerak di bidang penyediaan pelatihan kerja, maka kamu bisa membuat artikel dengan tema pelatihan kerja. Misalnya saja membuat artikel tentang cara membangun UMKM atau cara membangun startup.

Sedangkan jika bidang bisnis yang digeluti bergerak di bidang kuliner, kamu bisa menulis artikel dengan tema cara menyimpan makanan agar tahan lama atau resep masakan khas Indonesia. Membuat artikel dengan tema yang sesuai dengan produk atau jasa yang ditawarkan akan sangat memudahkanmu untuk mengenai target pasar.

Namun, sesekali kamu juga bisa menulis beberapa artikel dengan tema yang tidak sama persis, dengan produk atau jasa yang ditawarkan. Tapi pastikan tema artikel yang kamu buat sedang tren ya. Misalnya di masa pandemi COVID-19 ini kamu bisa menulis artikel tentang cara menyesuaikan diri saat kerja dari rumah atau work from home, jika jasa yang kamu tawarkan adalah pelatihan kerja.

2. Buat artikel yang SEO friendly

Saat ini artikel seo merupakan salah satu cara paling efektif untuk memasarkan produk atau jasa.

Artikel SEO (search engine optimization) adalah artikel yang dibuat untuk meningkatkan kemungkinan artikel muncul di halaman pertama Google. Selain untuk memberikan informasi kepada pembaca, artikel SEO biasanya juga digunakan untuk mengenalkan suatu produk atau jasa kepada calon konsumen, sehingga bisa meningkatkan penjualan suatu produk atau jasa.

Kalau ingin belajar lebih jauh tentang cara membuat artikel SEO, klik artikel ini ya “Ssst, Ini 6 Cara Membuat Artikel SEO”.

3. Gunakan referensi yang terpercaya

Meskipun terlihat sederhana, menggunakan referensi dari sumber yang terpercaya ternyata sangat bermanfaat untuk meningkatkan produk dan jasa suatu produk. Hal ini karena menggunakan referensi yang terpercaya, bisa bermanfaat untuk meningkatkan kepercayaan calon konsumen pada produk atau jasa yang ditawarkan.

Referensi terpercaya yang dimaksud di sini bukan berarti kamu hanya perlu menggunakan referensi artikel dari buku saja ya. Kamu tetap bisa menggunakan referensi dari artikel di website lain kok, namun jangan lupa untuk memperhatikan beberapa hal di bawah ini:

· Jangan menggunakan artikel dari blog, seperti blogspot atau wordpress

· Gunakan referensi dari lembaga pemerintahan.

· Gunakan artikel dari website yang sudah kredibel atau jelas terpercaya. Misalnya saja website dari luar negeri, seperti Forbes atau lifehack

Selain itu, idealnya saat menulis artikel kamu menggunakan minimal dua referensi. Karena kalau hanya satu sumber, artikel yang kamu buat terlihat tidak terpercaya dan dinilai plagiat.

4. Promosikan artikel di media sosial

Tidak bisa dipungkiri memang, sekarang media sosial seperti Facebook, Twitter, dan Instagram merupakan salah satu media yang paling efektif untuk menyebarkan artikel. Hal ini karena menyebarkan artikel di media sosial bisa membawa beberapa manfaat seperti mendatangkan lebih banyak membaca, meningkatkan followers di media sosial, dan menarik calon pengguna produk atau jasa dengan lebih baik.

Beberapa media besar di Indonesia bahkan benar-benar mengandalkan media sosial sebagai satu-satunya cara untuk menyebarkan artikel.

Di Instagram kamu bisa memasukkan artikel di instastory yang memungkinkan calon konsumen untuk langsung klik artikel. Sedangkan di media sosial seperti Facebook atau Twitter, kamu bisa menggunakan hashtag untuk mempromosikan artikel. Jangan lupa juga untuk sesekali menggunakan hashtag mengenai hal yang sedang tren.

Ternyata membuat artikel yang content writing untuk memasarkan produk atau jasa tidak sesulit yang dibayangkan ya. Jadi, mulai sekarang selain membuat tulisan copywriting untuk memasarkan produk jasa, jangan lupa juga untuk mulai menulis artikel content writing. Hal ini bermanfaat untuk meningkatkan kemungkinan peningkatan penjualan produk atau jasa agar semakin besar.
 

Artikel Lainnya

©2020-2022 Pijar Mahir. All Right Reserved