Beli di aplikasi dan dapatkan promo menarik

Blog

| iProspect

4 Cara Menyusun Konsep Promosi di Ecommerce

konsep promosi

Pasti kamu pernah menggunakan salah satu e-commerce besar di Indonesia untuk berbelanja, 'kan? Kalau iya, kamu tentu bisa membayangkan apa yang dibutuhkan sebagai konsumen atau penggunanya. Pengalaman berbelanja di e-commerce ini bisa kamu olah menjadi konsep promosi yang menarik untuk target pembelimu. 


Tapi, sudahkah kamu tahu kalau di tiap e-commerce memiliki konsep promosi yang berbeda-beda?  Nah, kalau kamu memiliki bisnis yang melakukan penjualan melalui e-commerce, setidaknya ada 4 konsep promosi yang wajib dijalankan untuk meningkatkan penjualan. Yuk, simak!


4 Konsep Promosi di Platform E-commerce untuk Meningkatkan Penjualan


Sebagai pengguna atau pembeli, apa promosi di e-commerce yang paling dinantikan? Mungkin kamu akan menjawab gratis ongkos kirim. Selain promo gratis ongkir yang populer ini masih ada 4 konsep promosi yang bisa dilakukan di platform e-commerce, yuk langsung simak penjelasan lengkapnya!



Baca juga: Cara Jualan Online untuk Pemula




1. Referral


Referral marketing adalah sebuah konsep promosi yang bertujuan untuk mendorong pelanggan untuk mengundang pelanggan baru. Undangan yang dimaksud bisa berupa ajakan membeli, membuat akun, hingga membagikan konten. Berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan Nielsen, 92% pelanggan memercayai rekomendasi dari orang-orang yang mereka kenal.


Demikian, peluang seseorang membeli barang empat kali lebih besar jika direkomendasikan oleh kenalannya. Konsep promosi referral ini adalah sebuah langkah yang menguntungkan baik untuk perusahaan, pelanggan, maupun calon pelanggan.


Pasalnya, perusahaan tentu bisa mendapat hasil marketing secara gratis dari pelanggan yang merekomendasikan brand mereka. Selain itu, pelanggan biasanya mendapat bonus atau keuntungan dengan merekomendasikan produk atau jasa tersebut.


2. Cashback


Cashback adalah sebuah konsep promosi dengan teknis pengembalian sejumlah uang setelah konsumen melakukan pembelian. Cashback berlaku jika pembelian yang dilakukan mengikuti syarat yang ditentukan oleh penjual,biasanya berupa pembelian sejumlah nominal tertentu. 


Meskipun ada syarat yang diberlakukan, cashback tetap menjadi salah satu konsep promosi yang menarik bagi konsumen. Namun, perlu diingat bahwa cashback bukan hanya milik marketplace saja. Pemilik toko online biasa pun bisa menerapkan promo ini untuk menjual berbagai barang.


3. Rewards untuk Review Pengalaman Menggunakan Produk  


Salah satu cara mempromosikan produk yang kamu jual adalah dengan mendapatkan review positif. Apalagi di era sekarang dimana proses pembelian berawal dari mesin pencari. Hal ini bisa kamu manfaatkan dengan membuat sebuah konsep promosi yang memungkinkan pengguna bisa memberikan review dan setelahnya mendapatkan rewards.


Rewards ini bisa berupa bingkisan untuk untuk pelanggan yang sudah me-review produkmu, maupun voucher diskon khusus untuk pembelian selanjutnya. Konsep prmosi sepeti ini dapat menjadi stimulus untuk mendorong penjualan, dan pada akhirnya memungkinkan bisnis menerima pendapatan yang berlipat ganda. 


4. Pembelian Bundling


Siapa yang tidak suka ketika mendapatkan beberapa produk dengan harga yang lebih murah? Cara yang satu ini bisa menjadi salah satu strategi marketing atau promosi yang sangat mungkin dilakukan. Selain pembeli bisa mendapatkan harga murah, kamu juga bisa menawarkan jenis produk baru kepada customer.


Promo bundling ini tentu saja bisa dilakukan dengan brand atau produk lain. Bekerja sama dengan brand lain juga akan memberi manfaat lebih untuk bisnis yang sedang dirintis. Tidak menutup kemungkinan jika pembeli loyal di salah satu brand yang kamu ajak kerja sama juga bisa menjadi customer-mu.


Pasalnya, dengan demikian pembeli tidak lagi dibebani dengan biaya kirim, cukup membayar produk yang dibeli saja. Berikan promo gratis ongkir dengan total transaksi tertentu untuk memicu pelanggan belanja lebih banyak.

 

Itulah sejumlah contoh konsep promosi yang bisa kamu gunakan untuk memasarkan produkmu. Agar bisa lebih memahami berbagai konsep promosi untuk mengembangkan bisnis, kamu bisa ikutan pelatihan Mahir Marketing di pijarmahir.id. Dengan mengikuti kelas yang disediakan Pijar Mahir, kamu akan mampu memahami berbagai ilmu untuk memulai bisnis, mulai dari cara memulai usaha bisnis online hingga strategi dan tips untuk mengembangkan bisnis online secara tepat.


Selain itu, seluruh materi yang didapatkan merupakan materi dasar hingga materi advance, sehingga saat selesai Kamu sudah mendapatkan paket komplit. Tunggu apa lagi? Yuk, daftar sekarang!

Artikel Lainnya

©2020-2022 Pijar Mahir. All Right Reserved