Beli di aplikasi dan dapatkan promo menarik

Blog

| iProspect

6 Cara Mudah Mendapatkan Pekerjaan Setelah Lulus Kuliah

Cara Mudah Mendapatkan Pekerjaan

Mencari pekerjaan saat ini bukan hal yang mudah, apalagi jika kamu baru lulus kuliah. Kamu akan bersaing dengan ratusan fresh graduate lainnya untuk berebut pekerjaan impian. Makanya, agar tidak bingung, kamu perlu paham bagaimana cara paling mudah mendapatkan pekerjaan.


Cara Mudah Mendapatkan Pekerjaan


Setelah lulus dari bangku kuliah, seperti kebanyakan orang lain kamu perlu mencari pekerjaan. Sayangnya menemukan pekerjaan yang cocok susah-susah gampang. Jadi kamu juga perlu mempelajari cara mudah mendapatkan pekerjaan. Bukan hanya ilmu yang didapatkan di bangku kuliah saja, kira-kira hal inilah yang juga perlu disiapkan.


Apa saja, ya? Yuk, simak informasi lengkapnya di bawah ini!


1. Lamar Pekerjaan Sesuai Kemampuan


Hal pertama yang wajib kamu lakukan saat ingin melamar kerja adalah dengan memilih pekerjaan yang memang sesuai dengan kemampuan. Tidak hanya akan bikin kamu betah untuk bekerja setiap hari, tapi juga fakta bahwa hampir semua perusahaan saat ini memerlukan orang-orang yang sesuai dengan bidang dan kemampuannya.


2. Bekali Diri dengan Skill Kekinian


Berikutnya, cara mudah untuk mendapatkan pekerjaan, yaitu membekali diri dengan skill atau keterampilan kekinian.Perkembangan industri kreatif saat ini yang terbilang begitu cepat dan masif menuntut kamu untuk terus belajar hal-hal baru. 


Beberapa skill kekinian yang banyak dicari perusahaan dari berbagai bidang antara lain mendesain grafis, menulis, mengedit video, membuat cerita, dan sebagainya.


Jadi, tidak ada salahnya untuk membekali diri dengan keterampilan tersebut demi memudahkan dirimu mendapatkan pekerjaan yang diimpikan.


3. Cari Pekerjaan di Bidang Kekinian


Masih berkaitan dengan poin sebelumnya. Dari skill kekinian yang kamu punya, selanjutnya kamu bertugas untuk mencari pekerjaan yang juga kekinian agar peluang untuk mendapatkan pekerjaan akan semakin besar.


Beberapa pekerjaan di industri kreatif yang membuka banyak peluang di berbagai perusahaan antara lain desainer grafis, copywriter, content creator, videografer, content writer, dan sebagainya. Di Indonesia sendiri kebutuhan akan digital marketer terus meningkat, seperti survei yang diadakan Michael Page di tahun 2021 recruitment untuk jenis pekerjaan ini ada di peringkat kelima. 


4. Bikin CV Lengkap dan Menarik


Meski punya keterampilan yang mumpuni, tapi tidak pandai membuat Curriculum Vitae (CV) akan memperkecil peluang kamu diterima kerja. Kenapa?


Pasalnya, ada banyak orang dengan keterampilan yang mumpuni yang juga mencari pekerjaan yang dengan pekerjaan impianmu. Makanya, untuk bisa dilirik oleh sebuah perusahaan di antara para pesaing, kamu wajib membikin CV lengkap dan menarik. 


5. Bangun Branding di Media Sosial


Cara mudah mendapatkan pekerjaan berikutnya, yaitu membangun branding di media sosial. Tak banyak yang tahu bahwa setiap recruiter di sebuah perusahaan akan mengecek namamu di mesin pencari demi melihat jejak digital yang telah kamu buat.


Nah, untuk mendapatkan impresi yang baik, kamu wajib mulai membangun branding atau penceritaan di media sosial.


Tidak menutup kemungkinan juga dari media sosial seseorang akan menghubungimu atau merekomendasikanmu untuk bisa mendapatkan sebuah pekerjaan yang memang kamu sukai dan ahli di dalamnya.


6. Kuasai Bahasa Asing


Terakhir, cara mudah mendapatkan pekerjaan adalah dengan menguasai bahasa asing. Sadarkah kamu bahwa akses internet yang kita miliki saat ini nyatanya membuka peluang baru untuk bekerja dengan siapa saja? Termasuk dengan orang asing.


Belum lagi dengan banyaknya perusahaan asing yang punya kantor di Indonesia dan mempekerjakan orang-orang Indonesia.


Karena hal itulah, untuk bisa bekerja sama dan terhubung dengan mereka, kamu butuh keterampilan berupa bahasa asing. Hal inilah yang kadang menjadi syarat tidak tertulis saat kamu melamar pekerjaan.


Beberapa bahasa asing yang memudahkan jalanmu mendapatkan pekerjaan impian, yakni bahasa Inggris, bahasa Mandarin, bahasa Jepang, atau bahkan bahasa Arab.


Itu tadi sekilas informasi mengenai cara mudah mendapatkan pekerjaan setelah lulus kuliah. Demi memantapkan dirimu untuk menggapai pekerjaan impian, akan lebih baik jika kamu mengikuti Pembelajaran Mandiri dengan bahasan Kursus Lengkap Melamar Pekerjaan, Menulis CV dan Interview Kerja di pijarmahir.id.


Kenapa?


Hingga saat ini persaingan yang semakin ketat dalam mencari pekerjaan tengah berlangsung. Seperti yang disebutkan di awal bahwa ada puluhan bahkan ratusan orang yang mengincar posisi yang sama dengan yang kamu lamar.


Makanya, kamu butuh stand out agar pribadimu lebih menarik di mata perusahaan.


Di kursus ini kamu juga akan belajar mengapa seseorang masih belum diterima dalam suatu pekerjaan. Mulai dari kemampuan yang tidak relevan, sikap yang tidak sesuai dengan perusahaan, atau mungkin CV yang tidak menarik bagi rekruter.


Jadi, tunggu apalagi? Segera akses kursus ini di pijarmahir.id!


Artikel Lainnya

©2020-2022 Pijar Mahir. All Right Reserved