Beli di aplikasi dan dapatkan promo menarik

Blog

| iProspect

Coba 5 Tips Belajar Public Speaking untuk Pemula

 belajar public speaking pemula

Public speaking adalah salah satu kemampuan penting yang akan berguna bagi siapapun di bidang pekerjaan apapun. Mulai dari karyawan hingga manager, tentu akan diuntungkan dengan kemampuan memiliki kemampuan public speaking yang baik.



Baca juga: 7 Manfaat Belajar Bahasa Asing



Maudy Ayunda aktris terkenal tanah air baru-baru ini ditunjuk sebagai juru bicara G20 untuk Indonesia. Nah, terlihat kan bagaimana public speaking bisa membantumu di berbagai bidang. Kunci dari kesuksesan public speaking sendiri bukan hanya perkara berani tampil di depan umum, tetapi juga bagaimana kamu bisa menyampaikan ide dan pemikiranmu secara verbal maupun non verbal.


5 Tips Belajar Public Speaking untuk Pemula


Kalau kamu merasa belum menguasai teknik public speaking, tidak perlu khawatir. Kemampuan ini nyatanya bisa dilatih dan dipelajari. Yuk, simak tips belajar public speaking pemula berikut ini!


1. Menguasai Materi yang Disampaikan


Tips belajar public speaking pemula yang pertama adalah dengan menguasai materi yang akan kamu sampaikan. Dengan penguasaan materi yang baik, maka hal ini akan membantumu mengurangi perasaan grogi ketika menyampaikan informasi di depan orang banyak. Sehingga, kamu bisa merasa lebih percaya diri dan maksimal dalam penyampaiannya.


2. Sesuaikan dengan Audiens 


Berikutnya, ketika belajar public speaking pemula, kamu juga harus pintar dalam memposisikan diri dengan siapa kamu berbicara. Hal ini penting untuk dilakukan agar kamu bisa menggunakan gaya bahasa yang sesuai dengan audiens. 


3. Lakukan Interaksi dengan Audiens


Saat menyampaikan materi di depan orang banyak, lakukanlah komunikasi dua arah. Kamu bisa berinteraksi dengan audiens salah satu caranya dengan menyediakan sesi tanggapan. Selain itu, kamu juga bisa melakukan games kecil yang membuat audiens semakin nyaman dan tidak bosan mendengarkan materi yang disampaikan.

 

4. Ambil Jeda Sebelum Bicara


Tips belajar public speaking pemula berikutnya adalah dengan mengambil jeda dulu sebelum kamu menyampaikan setiap informasi. Pasalnya, banyak orang yang belum terbiasa melakukan public speaking akan merasa gugup. Oleh karena itu, ambil jeda beberapa menit untuk mengambil napas panjang dan menenangkan diri ketika hendak berbicara, ya.


5. Bicara Secara Perlahan


Pembicara yang baik adalah mereka yang mampu membuat pendengarnya atau audiensnya menjadi paham dengan apa yang disampaikan. Salah satu tips belajar public speaking pemula agar audiens memahami materi yang kamu sampaikan adalah dengan bicara perlahan-lahan.

Bicara dengan tempo perlahan selain membuat audiens lebih mudah memahami apa yang kamu sampaikan juga membantu kamu mengingat poin penting agar tidak terlewat.


Kunci Belajar Public Speaking Pemula: Terus Berlatih!


Kunci utama ketika belajar public speaking pemula agar kemampuan public speaking yang kamu miliki semakin maksimal adalah dengan terus berlatih. Dengan berlatih secara konsisten, pelafalan, dan intonasi yang kamu miliki ketika berbicara di depan audiens akan semakin lancar. Kamu bisa bisa berlatih di depan cermin atau meminta bantuan rekan-rekan mu untuk berlatih secara langsung.


Nah itulah sobat Bizlab sedikit tips jago public speaking untuk pemula yang dapat kamu terapkan sebelum menyampaikan materi mu. Tentu saja tak hanya beberapa tips berikut ini yang dapat membantu mu lancar public speaking tapi juga kamu bisa belajar melalui mentor-mentor maupun kelas-kelas public speaking seperti di kelas ini.


Itulah tadi 5 tips belajar public speaking pemula yang bisa kamu lakukan. Selain dengan melakukan hal-hal di atas, kamu juga bisa mengasah kemampuan public speaking dengan mengikuti kelas-kelas online yang tersedia di berbagai platform pelatihan dan pembelajaran.


Salah satu platform pelatihan dan pembelajaran yang bisa kamu coba adalah Pijar Mahir. Pada dasarnya, Pijar Mahir menyediakan berbagai pelatihan yang akan menambah pengetahuan serta meningkatkan kemampuan kamu di satu bidang tertentu, tak terkecuali public speaking!


Khusus untuk penerima manfaat kartu Prakerja, Kamu tidak perlu mengeluarkan uang sepeser pun. Yuk, jadi lebih mahir di bidang pilihanmu!

Artikel Lainnya

©2020-2022 Pijar Mahir. All Right Reserved