Beli di aplikasi dan dapatkan promo menarik

Blog

| iProspect

5 Contoh Strategi Promosi Kekinian yang Bisa Ditiru

contoh strategi promosi

Memikirkan strategi promosi menjadi hal yang penting untuk kelangsungan bisnis atau usaha. Apalagi di era serba digital seperti saat ini. Selain promosi tradisional seperti menggunakan social media ads atau KOL, kamu juga perlu memiliki strategi promosi lain yang bisa menggaet hati para pelanggan. 



Baca juga: Cara Cari Uang Lewat Internet Paling Mudah



Sebenarnya strategi promosi ini tidak terlalu susah untuk direncanakan dan dilakukan. Hanya saja yang tetap perlu diingat adalah mengetahui profil pembeli yang ditargetkan. Jangan sampai membuat strategi promosi yang tidak sesuai dengan target pembeli. Yuk, simak penjelasan mengenai strategi promosi yang tepat serta contohnya secara lengkap di sini!


Contoh Strategi Promosi yang Perlu Dilakukan


Strategi promosi bisnis bisa dilakukan dengan cara yang sederhana. Setidaknya kamu bisa mencoba promosi yang sudah dilakukan banyak pebisnis. Kalau masih bingung, kamu bisa coba menerapkan 5 contoh strategi promosi kekinian berikut ini:


1. Buy 1 Get 1


Tidak ada yang lebih menyenangkan dari mendapat bonus satu produk ketika pembeli hanya ingin membeli satu produk. Contoh strategi promosi BOGO atau buy one get one ini terbukti ampuh dalam penjualan, lho.


Apalagi dengan jumlah produk yang terbatas, hal ini akan menciptakan urgensi pada pelanggan, sehingga pelanggan cepat melakukan pembelian. Selain itu, contoh strategi promosi ini juga efektif untuk mengosongkan gudang.


2. Promosi di Hari Khusus


Melakukan promosi khusus seperti di hari raya keagamaan atau momen spesial seperti valentine juga merupakan salah satu contoh strategi promosi yang bisa dilakukan. Misalnya, saat memperingati Hari Kemerdekaan, momen bulan Ramadan, Natal, Imlek, atau hari khusus lainnya.


Bahkan beberapa jenis usaha juga mempersiapkan momen ini dengan membuat produk limited edition khusus di periode tertentu. Di momen khusus seperti ini biasanya minat konsumen untuk berbelanja lebih meningkat.


3. Giveaway


Di era digital seperti saat ini, beragam cara bisa dimanfaatkan pemilik bisnis untuk melakukan promosi, salah satunya mengadakan giveaway. Contoh strategi promosi ini cocok diterapkan di tengah maraknya penggunaan media sosial seperti sekarang.


Contoh strategi promosi ini biasanya berpotensi menjadi viral, karena memanfaatkan pengguna media sosial untuk membagikannya. Giveaway biasanya memiliki ketentuan dengan syarat mengunggah foto, komen, membagikan, atau meng-klik like pada postingan produk. Cara ini akan banyak orang yang berkompetisi untuk mendapatkan produk yang menjadi hadiah giveaway.


Namun, sebelum menjalankan giveaway, pastikan kalau kamu telah melakukan promosi terlebih dahulu di berbagai platform online jauh-jauh hari sebelumnya, ya.


4. Rewards untuk Pembeli Berupa Gift


Contoh strategi promosi ini juga patut dicoba untuk menyenangkan pelanggan ketika melakukan pembelian di tokomu. Promo gift with purchase memberi kesempatan kepada pelanggan untuk mendapat hadiah karena telah melakukan pembelanjaan.


Hadiah yang diberikan bisa berupa apa saja, seperti merchandise brand, voucher belanja, dan lain sebagainya. Jika ingin mengosongkan stok produk, cara ini juga bisa kamu manfaatkan. 


5. Gratis Ongkir


Gratis biaya ongkos kirim juga merupakan salah satu contoh strategi promosi yang efektif untuk meningkatkan penjualan. Promosi ini banyak ditunggu pelanggan agar bisa melakukan penghematan dari sisi ekspedisi barang. Promosi gratis ongkir bisa dilakukan dengan memberikan kupon terbatas atau periode terbatas dengan jumlah minimal transaksi tertentu.


Itulah sejumlah contoh strategi promosi kekinian yang bisa kamu gunakan untuk memasarkan produkmu. Gunakan strategi yang tepat, penjualan pun akan makin meningkat. Selain dengan menerapkan beberapa contoh strategi promosi seperti yang sudah dijelaskan di atas, kamu juga bisa mendapatkan pembelajaran tambah dengan mengikuti berbagai pilihan kelas seputar strategi promosi di Pijar Mahir


Pada dasarnya, Pijar Mahir menyediakan berbagai pelatihan yang akan menambah pengetahuan serta meningkatkan kemampuan Kamu di satu bidang tertentu. Khusus untuk penerima manfaat kartu Prakerja, Kamu tidak perlu mengeluarkan uang sepeser pun. Yuk, jadi lebih mahir di bidang pilihanmu!

Artikel Lainnya

©2020-2022 Pijar Mahir. All Right Reserved