Beli di aplikasi dan dapatkan promo menarik

Blog

| iProspect

5 Formula Belajar Excel Pemula yang Wajib Dipelajari

belajar excel pemula

Perusahaan teknologi Microsoft menciptakan berbagai macam software yang bisa digunakan untuk mempermudah pekerjaan dan tugas manusia. Software Microsoft yang bisa kamu gunakan untuk melakukan proses pengolahan data atau melakukan perhitungan yang rumit adalah Microsoft Excel. 


Aplikasi ini menyediakan berbagai rumus yang bisa kamu gunakan baik dalam perhitungan sederhana maupun perhitungan yang lebih rumit. Hal-hal seperti pengaturan kas, perhitungan nilai rapor, hingga perhitungan hasil kuesioner dari berbagai internet form bisa dilakukan menggunakan Microsoft Excel. 


Mempelajari bagaimana menggunakan excel akan menjadi kelebihan saat kamu melamar kerja. Jadi, tidak ada salahnya untuk mempelajari rumus dasar yang sederhana.


Yuk, Cari Tahu Formula Belajar Excel Pemula 


Terlepas dari fungsinya yang lengkap, ada beberapa orang yang masih belum memahami dan mengerti rumus-rumus dasar yang dapat digunakan dalam mengoperasikan Microsoft Excel. Oleh karena itu, inilah beberapa formula dan materi belajar Excel untuk pemula yang perlu kamu ketahui:


1. Formula IF 


Salah satu formula untuk belajar Excel pemula adalah fungsi IF. Fungsi IF ini memungkinkan kamu untuk membuat perbandingan logis antara nilai serta apa yang diharapkan dengan menguji parameter dan mengembalikan hasil jika True atau False. 


Cara menulisnya adalah: =IF(Parameter yang diharapkan, Perintah untuk kondisi benar, Perintah untuk kondisi Salah). Oleh karena itu, pernyataan IF dapat memiliki dua hasil. Hasil pertama jika parameter kamu “Benar” dan jika perbandingan parameter kamu “Salah”. 


2. Rumus Penjumlahan, Pengurangan, Perkalian dan Pembagian


Rumus Sum digunakan untuk melakukan penambahan data yang bersifat angka. Cara ini efektif apabila data yang ingin dijumlahkan merupakan data dengan jumlah yang banyak. Cara menulisnya adalah: =SUM(Sel awal:Sel akhir) Sel Awal adalah sel pertama yang ingin dilakukan perhitungan. Sel Akhir merupakan sel terakhir yang ingin dilakukan perhitungan. Dalam Excel tidak mengenal rumus pengurangan, namun kamu bisa menggunakan tanda operasi minus (-).


Lalu, rumus belajar Excel untuk pemula untuk perkalian, sama halnya dengan rumus penjumlahan. Cara pertama adalah dengan menggunakan operation asterisk (*) yang contoh penulisan rumusnya seperti ini ” =Cell1*Cell2*Cell3 ” dan cara kedua adalah dengan menggunakan formula PRODUCT yang contoh penulisan rumusnya seperti ini, ”=Product(Cell1:Cell2) ”. Sedangkan, formula belajar excel pemula untuk pembagian, yang digunakan adalah operation slash (/).


3. Formula LOOKUP


Vlookup merupakan singkatan dari Vertical Lookup, sebuah formula di dalam Microsoft Excel yang berfungsi untuk mencocokkan data dari dua daftar. VLOOKUP merupakan bagian dari fungsi LOOKUP, seperti halnya juga HLOOKUP, INDEX dan MATCH. Dengan rumus VLOOKUP ini, kamu bisa mengisi data pada sebuah tabel berdasarkan data pada tabel referensi lain dengan menggunakan sebuah nilai yang spesifik.

VLOOKUP pada rumus belajar Excel pemula mempunyai empat komponen, yaitu:


  • Lookup_value: Nilai yang ingin dicari. Sebuah nilai yang akan kita cocokkan dengan nilai yang ada pada table_array lookup_value harus berada paling kiri pada tabel array.


  • Table_array: Tabel referensi yang akan diambil datanya. Ingat, nilai pencarian harus berada di kolom pertama agar Vlookup berfungsi dengan baik. Hal itulah yang menyebabkan mengapa rumus Excel Vlookup tidak berfungsi.


  • Col_index_num: Suatu nomor kolom yang ada pada table_array yang mengandung nilai data dan ingin kita ambil nilainya. 


  • Range_lookup: Diisi menggunakan nilai Boolean TRUE atau FALSE. Nilai logika dalam rumus Vlookup dipakai sebagai acuan untuk menetapkan apakah kita ingin Vlookup menemukan hasil yang sama persis atau juga hanya menemukan nilai yang mendekati.


4. Membuat Tanggal dan Waktu Otomatis


Pada software ini, kamu juga bisa menggunakan rumus belajar Excel pemula untuk membuat tanggal dan waktu secara otomatis. 


Rumus membuat hari otomatis (Day)


Fungsi rumus Day digunakan untuk menghasilkan angka dari 1 hingga 31 yang merupakan angka tanggal atau hari dari seri nomor sebuah tanggal. Jika kamu ingin mendapatkan angka tanggal atau hari dan mengabaikan bulan serta tahun dari sebuah sel dengan format tanggal, maka gunakanlah rumus =DAY(serial_number), kemudian isi 'serial_number' tersebut dengan klik sel pada tanggal yang ingin kamu cari harinya. 


Rumus membuat bulan otomatis (Month)


Fungsi rumus belajar Excel pemula ini digunakan untuk menghasilkan mulai dari angka 1 hingga 12 yang merupakan nilai bulan dari sebuah seri nomor tanggal pada Excel. Cara menggunakan fungsi Month di Excel adalah memasukkan rumus =MONTH(serial_number) dengan klik sel pada tanggal yang ingin kamu cari bulannya. 


Rumus membuat tahun otomatis (Year)


Fungsi Year pada Excel digunakan untuk mengambil nilai tahun dari sebuah format tanggal Excel. Untuk formula yang digunakan adalah =YEAR(serial_number), di mana 'serial_number' tersebut dengan klik sel pada tanggal yang ingin kamu cari tahunnya. 


5. Rumus AVERAGE


Rumus rata-rata (AVERAGE) merupakan rumus hitung yang digunakan untuk menghitung jumlah nilai sekelompok data yang dibagi dengan banyaknya data. Dalam menghitung rumus rata-rata Excel, kita mengenal adanya cara penulisan fungsi Excel sebagai berikut:


  • Average, merupakan nama dari fungsi Excel untuk menghitung nilai rata-rata.


  • Angka 1, yang merupakan angka pertama yang harus diisi, yang merupakan referensi sel atau rentang yang akan dihitung nilai rata-ratanya.


  • Angka 2, sifatnya opsional, boleh diisi atau tidak diisi. Merupakan angka tambahan laun atau rentang yang akan dihitung nilai rata-ratanya dengan jumlah maksimal 255 sel.


Adapun contoh penggunaan rumus hitung rata-rata di dalam Excel sebagai berikut :


  • Seumpama kamu akan menghitung jumlah rata-rata dari angka 20, 30, 20, 10, 30, 10. Maka cara untuk menghitung rumus rata-rata Excel adalah sebagai berikut:


  • Masukkan angka tersebut pada kolom A, tulis mulai dari A1-A7.


  • Letakkan kursor ke baris nilai rata-rata kemudian ketikkan rumus =average(A1:A7) kemudian tekan enter.


  • Untuk memasukkan data dengan mudah, setelah rumus =average(, tandai seluruh data dari kolom C baris 2 sampai baris 11 kemudian beri tanda tutup kurung dan tekan enter.


Itulah tadi beberapa formula dan materi belajar Excel untuk pemula yang bisa kamu pelajari untuk menunjang keterampilan di dunia kerja. Selain mempelajari formula di atas, kamu juga bisa mengikuti beberapa kelas pelatihan secara online. Salah satu platform yang bisa kamu kunjungi adalah Pijar Mahir


Pijar Mahir merupakan platform pembelajaran bersertifikat secara online yang memberikan kemudahan akses bagi masyarakat dalam meningkatkan keahlian dan kompetensinya sesuai dengan kebutuhan industri pada saat ini maupun mendatang. 


Selamat mencoba!

Artikel Lainnya

©2020-2022 Pijar Mahir. All Right Reserved