Beli di aplikasi dan dapatkan promo menarik

Blog

| Content Writer

Gak Sulit Kok, Ini 5 Cara Belajar IELTS Untuk Pemula

Saat ini IELTS sering menjadi salah satu syarat untuk mengajukan beasiswa. Nah, untuk kamu yang baru pertama kali akan mengikuti tes IELTS, yuk simak cara belajar IELTS berikut ini.

International English Language Testing System atau IELTS adalah uji kemampuan berbahasa Inggris. Saat ini IELTS tidak hanya bisa digunakan sebagai salah satu syarat untuk mendapatkan beasiswa, tapi juga syarat untuk melamar pekerjaan ke perusahaan asing.

Sekilas IELTS mungkin terlihat serupa dengan TOEFL. Padahal faktanya kedua tes uji kemampuan berbahasa Inggris ini berbeda lho. Perbedaan yang mendasar antara TOEFL dan IELTS adalah IELTS memiliki tambahan tes kemampuan yang diuji, yaitu speaking atau berbicara.

Cara belajar IELTS yang mudah dilakukan

Dalam tes IELTS ada empat kemampuan berbahasa Inggris yang akan diuji, yaitu listening, reading, writing, dan speaking. Untuk bisa menguasai empat kemampuan ini dengan baik, hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah menguasai grammar atau tata bahasa dan memperbanyak perbendaharaan kata.

Selain menguasai grammar, ada beberapa cara belajar IELTS yang bisa kamu lakukan agar bisa mendapatkan nilai yang tinggi, yaitu:

1. Dengarkan percakapan bahasa Inggris dalam berbagai aksen

Salah satu jenis tes IELTS yang hingga saat ini masih tampak ‘menakutkan’ untuk banyak orang adalah “listening”. Padahal jika kamu telah terbiasa mendengarkan percakapan dalam bahasa Inggris dengan berbagai aksen yang berbeda, tes “listening” justru akan terasa sangat menyenangkan.

Untuk melatih kemampuan mendengar dan memahami percakapan dalam bahasa Inggris, cobalah untuk mendengarkan percakapan dengan aksen Inggris, Amerika, dan Australia dari radio atau podcast.

Saat mendengarkan percakapan cobalah untuk benar-benar memahami dan mengingat semua hal yang diucapkan. Setelah itu, coba tuliskan di selembar kertas hal apa yang kamu pahami. Kalau ternyata hal yang kamu pahami masih sedikit, coba dengarkan percakapan berulang kali hingga kamu benar-benar paham.

2. Baca berbagai berita atau jurnal dalam bahasa Inggris

Untuk melatih kemampuan membaca kamu bisa membiasakan diri dengan baca berita yang panjang dalam bahasa Inggris setiap harinya.

Bila perlu kamu juga bisa meningkatkan kemampuan dengan baca jurnal ilmiah dalam bahasa Inggris dengan berbagai bidang yang berbeda, misalnya IT, sastra, kedokteran, atau ilmu pengetahuan alam.

Setelah kamu terbiasa membaca dalam bahasa Inggris dengan durasi yang panjang, coba untuk meningkatkan kemampuan dengan membaca dengan durasi yang pendek (kurang dari 2 menit) dan tulis hal apa saja yang kamu pahami dari materi yang telah dibaca.

Selain itu, untuk melatih kemampuan membaca kamu juga bisa menggunakan dua metode membaca, yaitu skimming dan scanning. Skimming adalah cara membaca cepat tanpa membaca informasi secara spesifik. Perumpamaan metode membaca skimming adalah seperti kamu menuruni tangga dengan cepat.

Scanning adalah metode membaca cepat dengan cara menyaring informasi penting dalam tulisan yang kamu baca. Saat menggunakan metode scanning kamu harus menentukan dulu kata kunci atau pokok pembahasan dari judul tulisan. Jadi, kamu hanya perlu mencari kalimat dalam tulisan yang mengandung kata kunci.

Misalnya dari judul artikel “Dampak Kebakaran Hutan pada Kesehatan Masyarakat”, kamu hanya perlu mencari kata atau kalimat yang berhubungan dengan kata “dampak” dan “kesehatan”. Hal ini akan sangat membantumu menemukan inti sari dan informasi penting yang ada dalam artikel.

3. Mulai biasakan diri menulis dalam bahasa Inggris

Kamu sering menulis buku harian? Kalau iya, yuk coba mulai sekarang biasakan diri untuk menulis dalam bahasa Inggris dengan tata bahasa yang sebaik mungkin. Karena kadang tanpa disadari dengan melakukan hal-hal sederhana ini kemampuan bahasa Inggris yang kamu miliki akan jauh meningkat.

4. Berlatih berbicara dalam bahasa Inggris

Untuk berlatih berbicara dalam bahasa Inggris kamu gak harus selalu membutuhkan lawan bicara kok, karena kamu bisa berbicara dengan diri sendiri. Misalnya dengan bertanya kepada diri sendiri “Kegiatan apa yang akan kamu lakukan?” atau “Bagaimana cara memasak makanan favorit untuk makan malam hari ini?”.

Karena kadang dari latihan yang terlihat sederhana ini kamu justru bisa fasih berbicara dalam bahasa Inggris. Namun, sesekali tidak ada salahnya juga jika kamu mengajak sahabat untuk mengobrol dalam bahasa Inggris agar kemampuan semakin terlatih.

5. Terus berlatih

Berlatih setiap hari akan membuatmu terbiasa dengan pertanyaan IELTS. Belajar IELTS setiap hari juga bukan berarti kamu harus selalu mengerjakan buku latihan soal kok.

Karena saat ini ada banyak cara berlatih IELTS lain yang bisa kamu lakukan dan pastinya lebih menyenangkan dibandingkan mengerjakan latihan soal di buku, misalnya berlatih menggunakan aplikasi IELTS di aplikasi handphone atau menonton video interaktif mengenai latihan soal di youtube.

Bila perlu kamu juga bisa belajar IELTS bersama teman-teman karena hal ini akan membuatmu lebih mudah menguasai semua jenis soal.

 

Ketahui lebih jauh tentang IELTS

“Tak kenal maka tak sayang”, pepatah yang satu ini cocok banget diterapkan saat kamu akan belajar IELTS. Karena ketika kamu sudah mengenal lebih jauh tentang jenis tes dalam IELTS, kamu bisa lebih mudah untuk memahami dan melakukan proses belajar.

Untuk kamu yang ingin mengetahui lebih jauh tentang IELTS, yuk ikut pelatihan “Memahami IELTS untuk Pemula”. Karena di pelatihan ini kamu akan mengetahui semua informasi dasar tes IELTS sebelum mengikuti tes.

Pelatihan ini dapat diikuti oleh mahasiswa, umum, dan wirausahawan. Tingkat kesulitan pelatihan ini adalah tingkat dasar. Jadi, cocok banget untuk kamu yang pertama kali akan melakukan tes IELTS.
 

Artikel Lainnya

©2020-2022 Pijar Mahir. All Right Reserved