Beli di aplikasi dan dapatkan promo menarik

Blog

| superadmin

Ingin Beriklan Di Google Ads Tapi Nggak Tahu Caranya? Ikuti Cara Ini Yuk!

Beriklan dengan Google Ads saat ini menjadi pilihan utama dalam strategi pemasaran di internet loh. Tahu nggak sih kalau Google Ads menjadi media iklan online paling banyak disukai sampai saat ini! 

Hal ini nggak lain karena banyaknya keuntungan yang bisa kamu dapatkan dari Google Ads. Bahkan untuk menunjang perkembangan bisnismu kamu bisa banget pakai Google Ads! Kamu bisa menargetkan iklan pada audiens secara langsung dan tentunya audiens yang memiliki minat pada bisnismu. 

Google Ads bisa bekerja cerdas dengan menampilkan iklanmu secara langsung loh di hadapan audiens. Terutama mereka yang sedang mencari informasi-informasi terkait bisnismu di mesin pencari Google. Keren banget ya! 

Kamu wajib banget nih memanfaatkan Google Ads untuk bisnismu! Terutama kalau mau ekspansinya lebih cepat..  

Langkah-Langkah Memasang Iklan di Google Ads

Pastikan kamu sudah membuat web sendiri ya sebelum memasang iklan Google Ads. Meskipun kamu bisa mengarahkan iklan Google Ads ke marketplace, facebook ataupun instagram tapi sejauh ini paling efektif pakai website loh. 

Jika ingin meningkatkan promosi bisnismu melalui Google Ads, yuk perhatikan langkah-langkah berikut ini : 

1. Tentukan Tujuan Iklan

Langkah pertama, tentukan dulu tujuanmu beriklan ya! Ini akan membuat kamu memantapkan diri untuk beriklan di Google Ads. 

Tujuan iklan yang jelas akan membuat iklan Google Ads tepat sasaran bahkan tanpa kamu perlu mempelajari optimasi SEO dan mempraktekkannya. Google Ads bisa kamu jadikan solusi instan jika punya dana berlebih untuk anggaran promosi ya. 

Kamu pernah beriklan memakai platform sosmed seperti Instagram dan Facebook? Maka beriklan di Google Ads akan lebih mudah loh buat kamu! Sama halnya beriklan di Instagram dan Facebook, kamu juga harus menentukan tujuan sebelum memulai iklan ya! 

2. Tentukan Tempat Untuk Beriklan

Dengan Google Ads, kamu lebih leluasa memilih tempat beriklan yang nantinya akan ditampilkan loh. Kamu bisa menjangkau calon konsumen dari yang jaraknya hanya beberapa meter saja hingga ke seluruh Indonesia. Wow.. jangkauan iklanmu bisa sangat besar! 

Bahkan
iklan Google Ads tidak hanya menjangkau konsumen di seluruh Indonesia tapi juga
di mancanegara. Keren banget kan! 

Dengan menentukan tujuan lokasi beriklan maka kamu akan lebih mudah mendapatkan calon pelanggan. Iklanmu pun bisa mempunyai performa menarik dengan menargetkan lokasi yang tepat. Untuk lebih detailnya nih, kamu tambahkan nama daerah atau kota yang ada di Indonesia seperti Pekanbaru, Bali atau Jakarta. 

3. Riset Kata Kunci

Agar lebih efektif beriklan di Google Ads, jangan lupa menargetkan keyword yang relevan dengan produkmu ya! Pastikan kamu riset keyword atau kata kunci lebih dahulu untuk mendapatkan keyword
yang sesuai dan banyak dicari audiens! 

Kamu bisa memanfaatkan tool untuk meriset kata kunci seperti keyword planner, Google Searches Related, Google Search Console. 

● Keyword Planner 

Kamu nggak perlu khawatir ya, untuk meriset keyword Google telah mempersiapkan tools Keyword Planner loh. Keyword Planner ini bisa kamu akses lewat Google Ads ya. Dengan Keyword Planner yuk ikuti langkah-langkah berikut. 

Masuk ke dalam menu “Tools & Settings”, di bagian planning kamu bisa pilih opsi Keyword Planner. Selanjutnya kamu tinggal mengisi kolom pencarian lewat beberapa target kata kunci yang diinginkan. Jangan lupa ketuk Get Result nanti akan muncul tabel, statistic serta pengaturan lainnya. 

● Google Searches Related 

Cara ini terbilang paling mudah nih karena kamu cukup mengetikkan kata di mesin pencari Google ya. Lalu Google pun akan langsung menampilkan hasil pencarian sesuai kata kunci yang kamu ketikkan tadi. Misalnya saja, kamu mencari “jual baju murah”. Maka tinggal scroll ke bagian bawah, dapat deh beberapa keyword terbaik!. 

● Google Search Console 

Untuk tools yang satu ini hanya bisa kamu bisa praktek
kalau sudah menerapkan SEO dan mendapatkan traffic ya. Kamu dapat melihat pada bagian query,
filter hingga bisa melihat semua kata kunci ini. Yang paling penting kata kunci ini sangat berkaitan dan mampu mendatangkan traffic menuju websitemu
loh. 

4. Tentukan Anggaran Biaya Kamu

Sudah mantap beriklan di Google Ads? Yuk tentukan berapa anggaran yang kamu gunakan untuk beriklan. Sebenarnya anggaran untuk beriklan lewat Google Ads sangat fleksibel loh. Kamu bisa menentukan sesuai bajet atau besarnya usahamu serta profitmu. Semakin banyak anggaran yang kamu miliki kamu akan mendapatkan banyak
traffic loh! Jadi websitemu akan ramai dan tentunya peluang jumlah penjualan akan semakin meningkat nih. 

Ikuti Kursus Dan Kelas Bersertifikat Langkah Beriklan Di Google Ads Yuk! 

Selain tips di atas, kamu juga bisa mengikuti kursus ataupun workshop seputar beriklan di Google Ads. Hal tersebut bisa menambah pengetahuan kamu untuk meng-upgrade skill lebih dalam dalam beriklan di Google Ads. Sertifikat yang kamu dapatkan dari mengikuti kelas online pun bisa kamu gunakan untuk membuka jasa dikemudian hari loh!  

Nggak perlu repot nyari lagi nih! Kamu bisa mendapatkan kelas bersertifikat di Pijar Mahir. Yuk! Saatnya upgrade pengetahuan dan skill bisnismu!  

  

Nah, itu dia tips beriklan di Google Ads. Ingat! Yang paling penting adalah kata kunci dan jumlah anggaranmu ya. Jangan sampai salah kata kunci karena akan menghabiskan banyak anggaran! Yuk, saatnya belajar mempromosikan jualanmu pakai Google Ads! Boleh nih tulis di kolom komentar, sekarang kamu lagi jualan apa? Jangan lupa ikuti kursusnya ya!  

  

Referensi : 

https://ads.google.com/intl/id_id/home/how-it-works/ 

https://www.google.com/intl/id_id/adsense/start/ 

https://suranegara.com/cara-pasang-iklan-di-google/ 

   

Artikel Lainnya

©2020-2022 Pijar Mahir. All Right Reserved