Beli di aplikasi dan dapatkan promo menarik

Blog

| superadmin

Ingin Membangun Branding Untuk Bisnismu? 3 Hal Penting Ini Wajib Kamu Ketahui Loh!

Melakukanbranding produk adalah hal tersulit sekaligus menantang ya untuk dilakukan. Apalagi jika kamu masih pemula dalam berbisnis. Sudah bukan cerita lagi kan jika bisnismu ingin berkembang maka brand produkmu harus dikenal luas. 

Apa sih Branding produk?

Branding sendiri memiliki pengertian sebagai kegiatan untuk memperkenalkan produk ke masyarakat. Dalam branding, kamu bisa menjelaskan ke publik atau audiens bahwa produkmu berbeda dari kompetitor.  

Kamu harus mampu mengidentifikasi produkmu sendiri lho. Meski awalnya akan sulit dilakukan karena pelanggan tidak mengenali produkmu. Namun, jangan patah
semangat ya karena kamu pasti bisa branding produkmu hingga dikenal pelanggan. 

Manfaat Branding Produk Untuk Usaha 

Apa sih pentingnya branding? Apakah dengan branding, produk atau usaha akan semakin digandrungi konsumen atau pelanggan? Penting sekali memahami manfaat branding produk lebih dulu ya. Penasaran, kan? Yuk, simak apa saja sih manfaatnya! 

1. Meningkatkan Daya Tarik Pembeli

Biasanya dalam branding, selain menjelaskan tentang ciri khas produk, di sini kamu juga akan mengidentifikasi produkmu melalui logo atau lambang produk. Jika kamu menjual makanan kamu bisa buat kemasan yang berbeda dari kompetitor lho. 

Kemasan yang ada logo atau karakter produkmu akan langsung tersimpan di memori
konsumen. Saat kamu baru mengenalkan produkmu ke masyarakat maka kamu harus
siap mengenalkan atau melakukan branding terus menerus.  

Hmm..
Apa tujuannya sih? Tentu saja agar produkmu selalu dikenang. 

 

2. Mendapatkan Loyalitas Pembeli Lebih Mudah

Meyakinkan konsumen dengan menjelaskan fungsi produkmu kepada pembeli atau audiens adalah hal penting lho. Nah, inilah perannya branding itu sendiri. Karena dengan branding yang dilakukan secara terus menerus bisa menyadarkan konsumen akan kehadiran produkmu. 

Sebagai imbalannya, bukan penjual yang mencari konsumen tetapi justru konsumenlah yang mencari produk dan membelinya berulang kali karena branding. 

3. Memberikan Karakter dan Ciri Khusus Sebagai Pembeda dari Produk Kompetitor 

Kembali lagi dari penjelasan branding di atas, kamu tahu bahwa branding itu sendiri menjelaskan identitas produkmu. Apa identitas yang dimaksud? Identitas itu seperti ciri khusus dan karakter yang ada di dalam produkmu ya.  

Apa sih yang membuat produkmu berbeda? Apakah dari logonya, dari layanannya, atau mungkin bentuk produknya yang kamu buat berbeda? Semuanya bisa disesuaikan saat
kamu melakukan branding. 

Lalu, apa feedback-nya? Ya, timbal baliknya tentu saja konsumenmu akan selalu mengenang produkmu, akan selalu mencari produkmu karena berbeda dari yang lainnya. 

3 Hal Penting Dalam Branding Produk 

Mengingat branding produk sangat penting bagi sebuah usaha, tentu saja kamu harus memahami 3 hal penting dalam branding produk berikut : 

1. Kenali Produk Secara Mendalam 

Bagaimana bisa kamu menjelaskan produk sendiri tanpa benar-benar mengetahui dan mengenali produk yang kamu promosikan? Jika hal ini terjadi, 100% branding-mu akan gagal. Nah, sebelum terjun langsung melakukan branding, kenali produkmu lebih dulu.  

2. Riset Pasar Secara Menyeluruh 

Jangan lupa, riset pasar juga termasuk salah satu hal penting yang harus kamu perhatikan ya. Karena dengan riset pasar, kamu nggak akan salah menawarkan produkmu ke orang yang benar-benar membutuhkannya. Tanpa riset pasar branding yang kamu buat akan percuma. 

  

3. Pentingnya Situs Web dan Sosial Media 

Berpromosi produk di era digital sebenarnya sangat mudah, kamu nggak perlu melakukan door to door lagi. Selain menghabiskan waktu promosi door to door menghabiskan tenaga dan ongkos transportasi kan. Cukup lakukan promosi di sosial media dan situs web. 

Bagaimana jika belum memiliki situs web sendiri? Tenang aja, untuk mengawali usahamu gunakan sosial media aja lebih dulu. Coba promosikan atau upload foto-foto produk di media sosialmu. Jangkau teman-temanmu terlebih dahulu, baru meluaskan promosi. 

Cara ini sudah banyak dipraktekkan oleh sebagian besar penjual online lho.
Menariknya lagi, sudah banyak pengusaha sukses yang hanya memanfaatkan social
media mereka untuk berjualan. 

Salah satu platform sosial media yang bisa kamu manfaatkan adalah Instagram. Branding produkmu dengan menjalin engagement yang baik dengan followers-mu ya. Lakukan secara perlahan tanpa paksaan tapi tetap mengalir.  

Jika perlu, berikan informasi dan edukasi terkait produkmu. 

Ikuti Kursus Dan Kelas Bersertifikat Meningkatkan Branding Usahamu Yuk! 

Selain tips di atas, kamu juga bisa mengikuti kursus ataupun workshop seputar branding
usahamu di instagram. Hal tersebut bisa menambah follower kamu atau bahkan meningkatkan penjualanmu. Sertifikat yang kamu dapatkan dari mengikuti kelas online pun bisa kamu jadikan portofolio untuk membuka jasa lho!  

Nggak usah repot-repot nyari deh! Kamu bisa mendapatkan kelas bersertifikat di Pijar Mahir. Yuk! Saatnya upgrade pengetahuan dan meningkatkan branding usahamu!  

Nah, itu dia hal yang perlu kamu perhatikan sebelum melakukan branding ya. Ingat!
Yang paling penting adalah produkmu memang berkualitas. Jangan sampai karena
ingin meningkatkan penjualan, produkmu kurang berkualitas ya! Yuk, saatnya
belajar lagi nih! Boleh nih tulis di kolom komentar, sekarang kamu sedang usaha
apa apa sih? Jangan lupa upgrade terus skill kamu ya!   

Referensi : 

https://whello.id/tips-digital-marketing/strategi-branding-bisnis/

https://www.dreambox.id/blog/cara-branding-dan-hal-penting-yang-harus-diperhatikan-saat-melakukan-branding/  

   

Artikel Lainnya

©2020-2022 Pijar Mahir. All Right Reserved