Beli di aplikasi dan dapatkan promo menarik

Blog

| superadmin

Ingin Menguasai Conversation Bahasa Inggris Dengan Cepat? Yuk Coba Cara Ini!

Kamu pasti tahu kan kalau hampir semua orang saat ini wajib banget bisa Bahasa Inggris. Bagaimana nggak wajib kalau hampir semua perusahaan menjadikan skill Bahasa Inggris sebagai penilaian khusus. Nggak peduli mau perusahaan besar ataupun kecil pasti mewajibkan loh! 

Kalau kamu bisa Bahasa Inggris yang mumpuni dan professional, wah ini tentu akan membuatmu lebih percaya diri saat melamar pekerjaan loh. Kalau kamu baru belajar banget ya minimal bisa deh bahasa Inggris pasif karena kemungkinan diterimanya akan jauh lebih besar. 

Bahasa Inggris nggak terlepas dari conversation ya, bisa dibilang ini bagian paling pentingnya. Conversation ini akan sangat berguna saat kamu melakukan tes wawancara. Lalu, gimana caranya belajar conversation dengan cepat? Yuk, simak trik menguasai conversation Bahasa Inggris dengan cepat! 

1. Pelajari Terlebih Dahulu Kata-Kata Dasar

Untuk belajar conversation bahasa Inggris pelajari dulu dari hal-hal dasar ya seperti kata-kata dasar. Kamu bisa mempelajari kata-kata dasar lebih dulu sebelum mengenal kosakata yang lebih kompleks loh. 

Nah, caranya lakukan secara bertahap, misalnya dengan mengenal beberapa kosakata dasar, menuliskannya lalu mencoba mengucapkannya dalam kegiatan sehari-hari. Kalau kamu praktikkan sebenarnya nggak sulit kok..  

Bahkan beberapa materi yang bisa kamu pelajari dari awal seperti bentuk kata dasar, kalimat dasar, cara pengucapan hingga penulisan yang benar.  

2. Belajar Berbicara Bahasa Inggris pada Cermin

Sebenarnya nggak jauh berbeda dengan mempelajari percakapan Bahasa Indonesia ya! Dalam conversation Bahasa Inggris kamu juga bisa menggunakan trik ini loh. Meskipun simple tapi metode ini penting sekali untuk membangun rasa percaya dirimu. 

Kamu bisa memulai conversation dengan kata-kata sederhana lebih dulu di depan cermin. Cara ini sangat efektif loh karena seakan-akan kamu sedang berbicara dengan orang lain. Nggak hanya itu, kamu bisa tahu pelafalan kata yang kamu ucapkan sudah benar atau salah. 

Kamu bisa juga cari referensi conversation Bahasa Inggris di di Facebook maupun Youtube misalnya untuk membantumu untuk menambah kalimat atau kata-kata yang akan dimasukkan ke dalam conversation. 

Cara ini juga nggak menghabiskan banyak waktu loh, kamu pun bisa melakukannya saat waktu luang aja! Lalu coba tes kemampuan conversation-mu di depan cermin selama 2-3 menit aja deh. Amati juga bahasa tubuh, bentuk mulut hingga seluruh wajahmu ya saat berbicara.  

3. Teruslah Berlatih Kapanpun dan Dimanapun

Jika kamu merasa kemampuan conversation-mu masih standar, nggak ada cara lain kecuali terus latihan ya. Terus cari referensi sebanyak mungkin untuk percakapanmu. Kamu bisa mengembangkan dari referensi tersebut lalu diubah ke dalam conversation
loh.. 

Agar bahasa Inggrismu terus meningkat jangan lupa untuk sering-sering berlatih ya. Fleksibel kok waktunya, bisa kapan aja dan dimana aja. Nggak ada salahnya juga minta tolong temanmu yang lebih fasih berbahasa Inggris untuk jadi lawan bicaramu.  

4. Pelajari Arti Kata Bahasa Inggris Yang Tidak Kamu Mengeti Lalu Hafalkan

Dengan seringnya kamu melihat, mendengar atau membaca Bahasa Inggris ini akan membuatmu lebih mudah menemukan kosakata baru loh. Percaya deh, kamu akan bisa menambahkan kosakata baru dengan lebih cepat. Jangan lupa masukkan ke dalam bahan percakapanmu ya saat latihan. Siap deh untuk dipraktekkan bersama lawan bicaramu 

Praktekkan kosakata-kosakata baru, jika perlu kamu bisa meminta saudara atau teman untuk berbicara dalam Bahasa Inggris saat bertemu atau saat bermain di rumahmu. Minta temanmu mengecek struktur penulisan, grammar hingga pengejaan.  

Nggak hanya itu aja loh, kamu juga dapat memakai web-web yang ada di internet juga.  

5. Sering Menonton Film Berbahasa Inggris Tanpa Subtitle Indonesia

Semakin sering kamu berkutat dengan bahasa Inggris maka kamupun akan lebih mudah menguasai bahasa Inggris. Kamu bisa loh menonton film berbahasa Inggris tanpa subtitle Indonesia.  

Meski awalnya mungkin sulit, tapi lama-kelamaan kamu akan terbiasa kok. Apalagi terkadang pelafalan bahasa Inggris itu artinya lebih ngena loh. Sejauh ini metode ini cukup menyenangkan tapi efektif banget untuk ningkatin skill bahasa inggrismu loh.  

Kamu bisa mulai dari menonton film favorit dulu ya agar nggak terlalu bingung. Kalau kamu masih merasa kesulitan memahaminya bisa juga sesekali pakai subtitle kok. Jika menemukan kosa kata
baru segera catat lalu cari artinya dan tambahkan ke dalam kamus Bahasa Inggrismu ya.  

Ikuti Kursus Dan Kelas
Bersertifikat Menguasai Conversation Bahasa Inggris Dengan Cepat! 

Selain tips di atas, kamu juga bisa mengikuti kursus ataupun workshop cara menguasai conversation dengan cepat. Hal tersebut bisa menambah pengetahuan kamu bagaimana belajar bahasa Inggris yang benar atau bahkan menguasainya dengan cepat. Sertifikat yang kamu dapatkan dari mengikuti kelas online pun bisa kamu cantum di CV mu lho!  

Kamu bisa mendapatkan kelas bersertifikat di Pijar Mahir. Yuk! Saatnya upgrade bahasa Inggrismu!  

Nah, itu dia tips menguasai conversation dengan cepat. Ingat! Yang paling penting adalah kamu harus sering latihan ya. Yuk, saatnya meningkatkan skill bahasa Inggrismu agar lebih mudah dalam kerja!  

  

  

Referensi: 

https://koinworks.com/blog/cara-belajar-bahasa-inggris/ 

https://wolipop.detik.com/work-and-money/d-5372500/ini-dia-3-cara-menguasai-bahasa-inggris-dengan-cepat-dan-mudah 

https://www.ef.co.id/englishfirst/kids/blog/belajar-bahasa-inggris-dengan-otodidak/ 

   

Artikel Lainnya

©2020-2022 Pijar Mahir. All Right Reserved