Beli di aplikasi dan dapatkan promo menarik

Blog

| iProspect

4 Cara Belajar Photoshop untuk Pemula

cara belajar photoshop untuk pemula

Bagi kamu yang memiliki ketertarikan di bidang visual, Adobe Photoshop adalah salah satu software yang perlu kamu kuasai. Apakah kamu ingin belajar Photoshop namun masih sering mengalami kesulitan? Nah, artikel ini akan membahas cara belajar Photoshop bagi kamu seorang pemula dan ingin fokus mendalami bidang desain menggunakan Photoshop ini.

Yuk, simak!


4 Cara Belajar Photoshop yang Mudah untuk Pemula


Sebagai seorang pemula kamu memang memerlukan waktu yang cukup untuk mengetahui fungsi dari setiap tools ataupun shortcut di Photoshop. Hal ini mungkin akan terasa lebih sulit jika dibandingkan dengan saat mempelajari Microsoft Word. 


Tapi, hal inilah yang perlu kamu perhatikan sejak awal alasannya dengan mengetahui semua fungsi tools dan shortcut nantinya akan memudahkan ketika membuat design atau bahkan mengedit foto. Nah, sebagai seorang pemula berikut cara dan langkah mudah menggunakan Photoshop.


1. Kuasai Tampilan Awal Pada Photoshop


Cara belajar Photoshop yang pertama adalah dengan memahami tampilan dari software Adobe Photoshop itu sendiri. Saat kamu mengakses software Adobe Photoshop untuk pertama kalinya, maka hal yang akan terlihat adalah tampilan Menu Bar pada bagian atas, lalu di bawah Menu Bar terdapat Options Bar atau Ribbon Bar yang berfungsi untuk mengatur fitur yang berkaitan dengan Tools.

Kemudian ada Tool Bar pada bagian sebelah kiri yang tentunya akan sering kamu gunakan, lalu pada bagian sisi sebelah kanan terdapat panel Properties dan Layer. Pada bagian tengah merupakan bagian kanvas atau halaman yang digunakan untuk membuat desain atau proyek baru.


2. Kuasai Penggunaan Tool Box di Photoshop


Cara belajar Photoshop yang berikutnya adalah dengan mempelajari penggunaan Tool Box yang tersedia pada software Photoshop. kamu bisa melihat pada bagian sisi sebelah kiri, banyak sekali Tools yang bisa digunakan untuk membuat design atau mengedit sebuah gambar.


3. Kuasai Fitur yang Tersedia Pada Menu Bar


Untuk mendapatkan hasil edit gambar yang bagus, kamu juga harus fasih dalam menggunakan fitur-fitur menarik yang terdapat pada Menu Bar. Ada berbagai macam fitur yang terdapat pada Menu Bar tersebut, diantaranya ada Image Adjustment yang berfungsi untuk melakukan manipulasi pada gambar.


Seperti mengubah tone warna, melakukan koreksi warna, merubah pencahayaan, bayangan, kontras, dan berbagi fitur menarik lainnya. Kemudian terdapat pula menu Filter yang memiliki banyak sekali hal-hal menarik di dalamnya, antara lain membuat gambar menjadi blur, dan mempertajam tampilan gambar. Selain itu, Filter juga dapat membuat efek lain seperti kartun, lukisan, serta berbagai fitur menarik lainnya yang bisa dieksplorasi. 


4. Latihan Design Berdasarkan Tutorial


Jika kamu sudah menguasai fitur-fitur yang ada di software Adobe Photoshop, cara belajar Photoshop yang berikutnya adalah dengan latihan membuat desain berdasarkan tutorial yang terdapat pada berbagai platform, YouTube misalnya.


Nah, itulah sekilas penjelasan tentang cara belajar Photoshop bagi pemula yang bisa kamu lakukan. Namun, jika kamu tertarik untuk mempelajari ilmu image editing secara lebih mendalam, kamu bisa mengunjungi pijarmahir.id. Pijar Mahir menyediakan berbagai kelas pelatihan online yang dapat membantu kamu ikuti untuk menunjang skill yang dimiliki.


kamu bisa mengikuti kelas pelatihan online di Mahir Teknologi. Semua pelatihan tersebut diberikan oleh para ahli dalam bidangnya masing-masing. Terakhir, perlu dicatat bahwa pelatihan Prakerja Pijar Mahir juga bisa diakses oleh masyarakat umum. Semoga informasi seputar pelatihan Pijar Mahir yang bisa kamu akses menggunakan kartu Prakerja ini membantu kamu, ya! 

Artikel Lainnya

©2020-2022 Pijar Mahir. All Right Reserved