Beli di aplikasi dan dapatkan promo menarik

Blog

| iProspect

Punya Brand Sendiri? Ini Cara Memulai Usaha Pakaian dengan Mudah

cara memulai usaha pakaian

Memiliki brand sendiri merupakan impian banyak orang yang ingin berkecimpung dalam dunia bisnis. Tentu saja memiliki brand sendiri akan berbeda dengan menjual pakaian dari brand lain. Ketika kamu ingin memulai bisnis pakaian sendiri, kamu harus tahu cara memulai usaha pakaian yang tepat. Hal ini dikarenakan langkah-langkah yang tepat bisa membuat bisnis bisa berjalan dengan lancar.



Baca juga: Strategi Marketing Bisnis Clothing



Selain mempersiapkan modal masih banyak yang perlu dilakukan sebelum akhirnya bisa me-release brand pakaianmu. Apalagi di era digital seperti saat ini, selain harus memiliki produk yang berkualitas kamu juga harus memikirkan cara pemasaran hingga penjualan. Lalu,seperti apa cara memulai usaha pakaian untuk mendatangkan keuntungan?


5 Cara Memulai Usaha Pakaian 


Sudah yakin memilih memulai bisnis di bidang fashion? Ini saatnya kamu mewujudkan mimpimu memiliki usaha pakaian atau fashion. Jangan khawatir walaupun kamu terbilang pebisnis pemula, kamu tetap bisa memulai usaha pakaian dengan cara berikut ini! 


1. Tentukan Jenis Pakaian Apa yang Ingin Dijual


Cara memulai usaha pakaian yang pertama adalah dengan menentukan konsep usaha pakaian milikmu terlebih dahulu. Cara memulai usaha pakaian ini harus dilakukan karena nantinya pakaian yang dibuat akan menjadi ciri khas dari brand yang kamu miliki.


Misalnya, apakah usaha pakaian yang ingin kamu buat adalah pakaian orang dewasa, pakaian anak-anak, pakaian kerja, atau pakaian pesta. Sebenarnya, kamu bisa menjual ragam jenis pakaian, tapi setidaknya kamu harus menentukan satu yang menjadi ciri khas dari brand milikmu. 


2. Buat Konsep Bisnis dan Pemasaran


Setelah menentukan jenis pakaian yang ingin dijual, kamu juga harus menentukan konsep bisnis dan strategi pemasaran yang tepat untuk target pasar. Kamu harus melakukan serangkaian promosi jitu untuk menarik banyak pembeli. Selain melalui internet, kamu juga dapat melakukan promosi langsung di toko dengan cara memberi penawaran khusus pada pelanggan pertama, memberi diskon pada pembeli kesekian, atau membuat tampilan toko semenarik dan senyaman mungkin bagi para pembeli.


3. Jangan Lupakan Desain Produk Pakaian


Setelah konsep bisnis dan strategi pemasaran, cara memulai usaha pakaian yang harus kamu perhatikan adalah konsep desain yang menarik. Buatlah ciri khas yang tidak dimiliki oleh pesaingmu. Sebagai contoh, kamu akan menjual pakaian kerja. Tentu saja ada banyak brand pakaian kerja di luaran sana. Lantas apa yang bisa membuat brand pakaian kerja kamu lebih disukai?


Kamu harus mempertimbangkan hal tersebut karena ini bisa menjadi pertimbangan untuk identitas dari brand pakaian yang akan kamu kelola. Misalnya saja dengan menggunakan bahan-bahan dari pakaian bekas pakai selain memiliki desain, konsep seperti ini akan sangat menarik di mata para pembeli.


4. Cari Supplier yang Sesuai Budget dan Dapat Dipercaya


Ini merupakan cara memulai usaha pakaian terpenting yang harus dilakukan. Pilih dan jalinlah kerjasama hanya dengan supplier yang bagus dan sudah kamu percaya. Lakukan kerjasama awal dengan beberapa supplier handal dan selanjutnya kita dapat memilih hanya supplier yang terbaik saja sebagai rekan bisnis jangka panjang.


5. Membuat Toko Online 


Di era serba digital seperti saat ini, memanfaatkan teknologi yang ada juga dapat digunakan sebagai salah satu cara memulai usaha pakaian. Misalnya, gunakan sarana media sosial seperti Facebook dan Twitter sebagai wadah untuk melakukan promosi. Jangan salah, banyak orang yang sukses berbisnis hanya dengan mengandalkan kedua media tersebut. 


Kamu juga dapat mempelajari sistem pemasaran online yang lain sebagai sarana pendukung bagi bisnis, di antaranya: Search Engine Optimization (SEO), Social Media Optimization (Facebook, Twitter, Instagram), dan  Paid Traffic Source yang akan membuat pemasaran produk kita bisa berjalan lancar dan dibanjiri orderan. Dalam fase ini, kamu dapat menabung dan menyimpan sejumlah uang yang dapat digunakan kelak sebagai modal usaha.


Nah, itulah tadi beberapa contoh cara memulai usaha pakaian yang bisa kamu terapkan untuk memajukan usaha pakaian yang tengah kamu geluti saat ini. Selain dengan mengikuti cara memulai usaha pakaian seperti di atas, kamu juga bisa mengikuti kelas pelatihan marketing di Pijar Mahir. 


Pada dasarnya, Pijar Mahir menyediakan berbagai pelatihan yang akan menambah pengetahuan serta meningkatkan kemampuan kamu di satu bidang tertentu. Khusus untuk penerima manfaat kartu Prakerja, Kamu tidak perlu mengeluarkan uang sepeser pun. Yuk, jadi lebih mahir di bidang pilihanmu!

Artikel Lainnya

©2020-2022 Pijar Mahir. All Right Reserved