Beli di aplikasi dan dapatkan promo menarik

Blog

| iProspect

Intip 5 Strategi Bisnis di Era Digital untuk UMKM

Strategi Bisnis di Era Digital

Semua jenis bisnis dan usaha, baik skala besar maupun kecil, membutuhkan strategi bisnis yang tepat. Strategi bisnis tidak hanya fokus pada bagaimana cara mendapatkan keuntungan, tetapi juga fokus dalam membangun sebuah branding produk ataupun jasa yang dimiliki, terutama di era digital seperti saat ini.


Oleh karena itu, kamu perlu mengetahui beberapa strategi bisnis di era digital agar dapat bersaing dengan usaha yang lainnya. Penasaran apa saja? Yuk, simak artikel berikut ini!



Baca juga: Cara Membuat UMKM Online




5 Strategi Bisnis di Era Digital


Selain memiliki produk atau jasa yang berkualitas dan menjawab permasalahan banyak orang. Strategi bisnis lain yang perlu kamu pelajari adalah bagaimana memasarkan bisnismu di era digital. Terlebih melihat semakin banyak persaingan untuk memudahkanmu simak penjelasan singkat strategi bisnis di era digital yang bisa langsung diterapkan.


1. Social Media Ads


Social media ads memungkinkan para pengusaha UMKM untuk “menjemput bola” dengan menjaring pengguna media sosial yang belum atau sudah mengetahui bisnismu. Pasalnya, tidak semua orang bisa langsung mencari tahu akun bisnismu secara organik. 


Dengan menggunakan strategi bisnis di era digital ini, media sosial seperti Instagram dan Facebook memunculkan posting-an akun usahamu. Sehingga, iklan tersebut bisa membantu usahamu agar terlihat berulang kali dan muncul pada akun orang-orang yang memiliki algoritma pencarian yang sama dengan jenis usahamu. 


2. KOL 

Key Opinion Leader (KOL) adalah orang yang memiliki keahlian di bidang tertentu dan aktif menggunakan media sosial untuk menyampaikan pendapatnya tentang suatu hal. Dari keahlian dan kemampuannya pada bidang tertentu, pendapat KOL memiliki kredibilitas lebih bagi para pengikutnya.


Penggunaan KOL akan lebih dipercaya masyarakat apabila produk atau jasa yang ditawarkan sesuai dengan keahlian yang dimilikinya.


Namun, strategi bisnis di era digital dengan KOL cenderung memiliki biaya khusus sesuai yang ditargetkan. Proses pemilihan influencer atau KOL juga harus diperhatikan agar tidak salah target, ya. 

 

3. SEM

Search Engine Marketing (SEM) adalah salah satu strategi bisnis di era digital yang dilakukan pada mesin pencarian (search engine) seperti Google. Lalu, bagaimana cara kerjanya? SEM bekerja dengan menampilkan hasil pencarian kata kunci (keyword) yang sesuai atau terkait dengan produk atau jasamu. 


Dengan demikian, website usahamu akan muncul beserta gambar dan harganya di tampilan awal mesin pencarian. Pada tahap ini belum ada transaksi biaya yang kamu keluarkan untuk mesin pencari.


Hal itu dikarenakan SEM menerapkan metode Pay Per Click (PPC), artinya kamu akan harus membayar ketika ada yang mengklik website usahamu. Pembayaran ini diakumulasikan selama beberapa periode berdasarkan jumlah PPC yang didapatkan. 


4. SEO


Search Engine Optimization (SEO) adalah strategi bisnis di era digital yang digunakan untuk membuat situs website atau blog usaha yang dimiliki berada di posisi pertama mesin pencari seperti Google. SEO ini bertujuan untuk mengarahkan lebih banyak lalu lintas atau orang menuju ke website usaha yang kamu miliki. Salah satu hal dasar pada praktik SEO adalah mengoptimalkan penggunaan kata kunci (keyword) dan pembaruan website


5. Strategi Bisnis di Era Digital: Email marketing

Strategi bisnis di era digital lain yang bisa kamu gunakan untuk usaha UMKM yaitu dengan menggunakan email marketing. Pada dasarnya, email marketing merupakan email yang kamu kirim kepada konsumen tentang informasi bisnismu. Beberapa contoh yang bisa kamu temukan adalah email pemberitahuan promo, sale, atau peluncuran produk baru. 


Bagi sebagian orang, strategi bisnis di era digital ini mungkin sering dianggap spam, apalagi bagi konsumen yang tidak menghiraukan email. Namun, sebuah studi yang dilakukan McKinsey & Company menyatakan bahwa email marketing ternyata 40 kali lebih efektif untuk mendapat konsumen dari social media lain. 


Keefektifan ini dipicu karena email marketing bisa menjangkau ranah personal konsumen yaitu pada kotak masuk email pribadi mereka. 


Nah, itulah tadi beberapa contoh strategi bisnis di era digital yang bisa kamu terapkan untuk memajukan usahamu saat ini. Selain dengan mengikuti strategi bisnis di era digital seperti di atas, kamu juga bisa mengikuti kelas pelatihan dan pembelajaran seputar UMKM di Pijar Mahir. 


Pada dasarnya, Pijar Mahir menyediakan berbagai pelatihan yang akan menambah pengetahuan serta meningkatkan kemampuan Kamu di satu bidang tertentu. Khusus untuk penerima manfaat kartu Prakerja, Kamu tidak perlu mengeluarkan uang sepeser pun. Yuk, jadi lebih mahir di bidang pilihanmu!

Artikel Lainnya

©2020-2022 Pijar Mahir. All Right Reserved