Beli di aplikasi dan dapatkan promo menarik

Blog

| Content Writer

Hati-hati! Ini 8 Kesalahan yang Harus Dihindari Saat Membangun Startup

Kesalahan saat membangun startup

Kamu ingin startup yang sedang didirikan terus sukses dan minim menghadapi kendala? Kalau iya, yuk coba hindari beberapa kesalahan saat membangun startup di bawah ini.


Startup adalah perusahaan rintisan yang saat ini mulai banyak dibangun oleh perorangan ataupun kelompok. Umumnya startup merupakan perusahaan yang menyediakan bisnis atau jasa berbasis teknologi, atau produk dan jasa bisa yang ditawarkan bisa ditemukan secara online.


Saat ini ada ratusan bahkan ribuan startup yang ada di Indonesia. Startup yang ada di Indonesia juga terdiri dari berbagai macam bidang, dari mulai ketenagakerjaan, pendidikan, kesehatan, transportasi, jual beli sayuran, dan bahkan bank. Perusahaan rintisan ini biasanya dibangun untuk membantu memudahkan kebutuhan banyak orang.


Kesalahan saat membangun startup yang harus dihindari


Untuk bisa bersaing dengan ribuan startup yang ada di Indonesia, sebagai pendiri atau pengelola startup kamu harus terus berinovasi dalam menciptakan produk atau layanan yang sesuai dengan kebutuhan banyak orang. Selain itu, agar startup yang kamu dirikan bisa terus sukses, jangan lupa untuk menghindari beberapa kesalahan saat membangun startup di bawah ini ya:


1. Tidak membuat perencanaan bisnis yang matang


Melansir dari Business News Daily, tidak membuat rencana bisnis saat membangun startup berarti kamu sudah berencana untuk gagal. Karena perencanaan bisnis yang matang merupakan hal dasar yang perlu dirancang sebaik mungkin ketika membangun startup. Tanpa adanya perencanaan bisnis, startup seolah menjadi kehilangan arah karena tidak memiliki pedoman tentang hal yang harus dilakukan.


Oleh karena itu, yuk mulai sekarang coba buat perencanaan bisnis yang matang. Beberapa hal yang wajib ada dalam perencanaan bisnis adalah berapa biaya operasional yang diperlukan, berapa sumber daya manusia (SDM) yang diperlukan, siapa target pasar barang atau jasa yang akan ditawarkan, dan bagaimana cara mempromosikan produk atau jasa.


2. Tidak memiliki dana yang cukup


Tidak memiliki dana yang cukup juga merupakan salah satu kesalahan saat membangun startup yang sering terjadi. Padahal memiliki dana yang cukup bisa sangat bermanfaat untuk membantumu membangun dan mengembangkan startup. Beberapa sumber pendanaan sumber pendanaan yang bisa kamu gunakan, yaitu:

·         Orang tua dan keluarga

·         Angel investor

·         Sahabat

·         Pinjaman bank

·         Kapitalis ventura


 3. Kurangnya sumber daya manusia


Salah satu kunci keberhasilan suatu startup adalah memiliki sumber daya manusia yang mumpuni. Karena dengan adanya sumber daya manusia yang mumpuni dan sesuai dengan kebutuhan, maka startup bisa berjalan dengan lebih lancar dan sesuai dengan tujuan yang sudah ditentukan.


Saat membangun startup ada baiknya kamu memiliki sumber daya manusia dari berbagai bidang, seperti IT, legal keuangan, manajemen, marketing, dan bidang yang spesifik dengan startup yang kamu bangun.


BACA JUGA:6 Cara Membangun Startup yang Mudah Dilakukan


4. Tidak memiliki daftar pekerjaan yang harus dikerjakan setiap harinya


Sama halnya seperti ketika bekerja sebagai pegawai di perusahaan lain, memiliki daftar pekerjaan yang harus dikerjakan setiap harinya merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan, terlebih jika startup yang kamu dirikan masih sangat baru. Karena memiliki daftar pekerjaan yang harus dikerjakan setiap harinya akan sangat memudahkanmu untuk terus mengembangkan startup.


Jangan lupa juga untuk membuat daftar pekerjaan yang harus dikerjakan oleh staf lain setiap harinya ya. Setelah itu setiap 1 atau 3 bulan, kamu bisa mengadakan rapat rutin untuk mengevaluasi pekerjaan yang sudah dilakukan.

 

 

5. Membeli aset jangka panjang dengan dana operasional


Kesalahan lainnya yang sering terjadi adalah kamu menggunakan dana operasional  untuk membeli aset jangka panjang, seperti mesin atau kendaraan untuk kebutuhan operasional. Padahal faktanya untuk membeli aset jangka panjang, kamu bisa mendapatkan pinjaman dari bank atau menggunakan dana dari angel investor


Sebaliknya sumber dana operasional yang kamu dapatkan dari penjualan barang atau jasa, bisa kamu gunakan untuk terus mengembangkan produk atau jasa.

 

6. Tidak menerima bantuan dari pihak luar

 

Kadang karena terlalu fokus ingin membangun startup dengan usaha sendiri, kamu jadi mengabaikan bantuan dari orang lain yang ingin membantumu mengembangkan startup. Padahal mencari dan mendapatkan bantuan dari pihak luar sangat bermanfaat untuk membantumu mengembangkan startup.

Oleh karena itu, mulai sekarang tidak ada salahnya untuk mencari mentor, menyewa konsultan luar, atau membuat dewan penasihat yang akan memberikanmu dukungan, dan ide untuk membangun startup.

 

 

7. Tidak memperhatikan kebutuhan pelanggan


Startup yang sukses adalah startup yang bisa memberikan produk atau jasa yang paling sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Oleh karena itu, saat membangun startup jangan lupa untuk terus berkomunikasi dengan pelanggan untuk tahu barang atau jasa yang benar-benar dibutuhkan. Salah satu cara paling mudah untuk mengetahui kebutuhan pelanggan adalah meminta pelanggan untuk mengisi kuesioner singkat setelah mereka membeli barang atau jasa yang kamu buat.


Setelah itu, hasil kuesioner tersebut bisa kamu jadikan bahan evaluasi untuk terus mengembangkan dan membuat barang atau jasa yang paling sesuai dengan kebutuhan.


8.Takut gagal


Kegagalan mungkin terlihat sangat menakutkan untuk sebagian besar pendiri startup. Padahal faktanya, takut gagal bisa menjadi salah satu kesalahan yang paling fatal saat membangun startup lho. Karena pada dasarnya kegagalan saat membangun startup, justru bisa dijadikan bahan evaluasi yang sangat berharga, sehingga kedepannya kamu tidak akan mengulangi kesalahan yang sama lagi.

 

Saat membangun startup kadang tanpa disadari kamu memang akan melakukan kesalahan-kesalahan kecil. Namun, jangan ragu untuk terus belajar dari kesalahan tersebut dan berusaha menghindari beberapa kesalahan saat membangun startup seperti di atas ya.


Yuk, Belajar Lebih Jauh Tentang Cara Membangun Startup


Kalau kamu ingin belajar lebih jauh tentang cara membangun startup langsung dari ahlinya, yuk ikut kelas Lean startup. Karena di kelas ini kamu akan belajar lebih jauh tentang teori pengembangan startup, cara membangun startup yang minim sumber daya, keuntungan membangun startup, dan prinsip-prinsip membangun startup.


Menariknya lagi, kelas Lean Startup ini tidak dipungut biaya apapun atau gratis lho. Jadi, yuk tunggu apa lagi segera daftar kelasnya sekarang juga. Pelatihan Lean Startup ini tersedia dalam bentuk video pelatihan mandiri, jadi kamu bisa mengikuti kelas kapanpun dan dimanapun. Selain itu, kamu juga bisa mengikuti pelatihan dengan menggunakan laptop atau download aplikasi Pijar Mahir di Google playstore.


Referensi


https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/04/13/hebat-jumlah-startup-indonesia-terbanyak-ke-5-di-dunia 

https://www.businessnewsdaily.com/7398-startup-mistakes-to-avoid.html 

https://www.bdc.ca/en/articles-tools/start-buy-business/start-business/9-common-mistakes-avoid-when-starting-new-business 



Artikel Lainnya

©2020-2022 Pijar Mahir. All Right Reserved