Beli di aplikasi dan dapatkan promo menarik

Blog

| Content Writer

Kuasai 7 Soft Skill Ini Untuk Bisa Mengembangkan Karier di Masa Depan

Tahukah kamu memiliki soft skill yang mumpuni merupakan salah satu cara paling efektif agar bisa tetap menonjol dan bersaing di tengah padatnya persaingan kerja lho. Oleh karena itu, yuk coba cari tahu soft skill apa saja yang sebaiknya perlu kamu kuasai di bawah ini.

Untuk bisa bekerja dengan baik, seorang tenaga kerja dituntut untuk bisa memiliki soft skill dan hard skill yang mumpuni. Soft skill adalah kombinasi keterampilan interpersonal, keterampilan komunikasi, keterampilan mendengarkan, manajemen waktu, dan empati.

Sedangkan hard skill adalah kemampuan teknis dan spesifik yang dimiliki seseorang, sesuai dengan jurusan kuliah atau pengalaman kerja. Contoh hard skill adalah kemampuan menulis, mendesain, atau mengembangkan website.

Setiap tenaga kerja bisa memiliki hard skill yang berbeda-beda, tergantung bidang yang ditekuni. Namun, pada dasarnya semua tenaga kerja sebaiknya memiliki soft skill yang sama.

 

Manfaat memiliki soft skill yang mumpuni

Selain bermanfaat untuk mengembangkan karier, memiliki soft skill yang mumpuni juga memiliki manfaat lain, seperti:

· Meningkatkan produktivitas kerja

· Memperluas jaringan pertemanan di lingkungan profesional yang sehingga memudahkan mengembangkan karier di masa depan

· Meningkatkan kredibilitas diri

Berbagai soft skill yang wajib dimiliki oleh semua pekerja

Nah, udah kebayang kan betapa pentingnya menguasai soft skill dengan mumpuni di tengah ketatnya persaingan kerja. Sekarang yuk coba cari tahu soft skill apa saja yang wajib sebaiknya kamu miliki dan kuasai di bawah ini:

1. Kemampuan komunikasi yang baik

Kemampuan komunikasi yang baik bisa dibilang merupakan soft skill yang paling wajib dikuasai oleh semua tenaga kerja, bahkan oleh fresh graduate yang baru pertama kali bekerja sekalipun. Karena kemampuan komunikasi yang baik umumnya sangat diperlukan untuk berbagai bidang pekerjaan, mulai dari sales, jurnalis, hingga HRD sekalipun. Beberapa contoh keterampilan komunikasi antara lain kemampuan presentasi, kepercayaan diri, saling menghormati, empati, mendengarkan secara aktif, dan komunikasi lisan.

Selain itu, beberapa kemampuan komunikasi juga meliputi, komunikasi nonverbal, komunikasi tertulis, dan kemampuan menyampaikan pendapat.

2. Kemampuan menjalin kerjasama

Sebagian besar HRD biasanya akan mencari kandidat yang memiliki kemampuan menjalin kerjasama dengan baik. Karena kemampuan kerjasama yang baik menunjukkan bahwa seseorang bisa menyelesaikan tugas dengan cepat dan efektif dalam tim. Sebaliknya, tidak memiliki kemampuan kerjasama yang baik tidak hanya menghambat pengembangan karier untuk diri sendiri saja, tapi juga perkembangan karier satu tim. Karena tim akan menjadi sangat susah untuk mencapai target kerja yang ditentukan, jika salah satu anggotanya tidak memiliki skill ini.

3. Kemampuan berpikir kreatif

Kemampuan berpikir kreatif bisa dibilang merupakan salah satu kemampuan yang paling penting untuk dimiliki agar bisa bertahan di dunia kerja masa depan, terlebih jika kamu memang bekerja di bidang kreatif. Seperti penulis, desainer, atau social media specialist. Seseorang yang kemampuan berpikir kreatif biasanya juga cenderung bisa mengerjakan pekerjaan dengan lebih efektif dan baik.

4. Kemampuan manajemen waktu

Ayo coba ingat-ingat lagi, kira-kira kapan terakhir kali kamu berhasil menyelesaikan pekerjaan sebelum deadlinenya. Kalau ternyata kamu sudah sangat lama tidak menyelesaikan pekerjaan sebelum deadline atau kamu sering terlambat datang ke kantor, bisa jadi kamu memiliki manajemen yang buruk.

Padahal kemampuan manajemen waktu yang baik bisa menunjukkan bahwa kamu adalah orang yang disiplin dan sangat komitmen dengan pekerjaan yang diberikan. Oleh karena itu, yuk latih diri sendiri memiliki kemampuan manajemen waktu yang baik.

Salah satu cara paling baik untuk melatih kemampuan manajemen waktu adalah dengan menerapkan metode time blocking. Kalau kamu ingin mengetahui lebih lanjut tentang metode time blocking, baca artikel ini ya “Manfaat dan Cara Menerapkan Metode Time Blocking”.

 

5. Kemampuan beradaptasi

Tidak bisa dipungkiri memang, saat ini untuk bisa bertahan di tengah sengitnya persaingan dan banyaknya perusahaan baru, suatu perusahaan harus selalu bisa berinovasi dan melakukan perubahan agar bisa selalu menonjol dan bertahan lama. Oleh karena itu, semua karyawan juga harus bisa memiliki kemampuan beradaptasi yang baik dalam mengerjakan berbagai hal. Terlebih jika kamu bekerja di startup atau perusahaan rintisan yang sangat terkenal akan inovasinya yang terus berkembang.

6. Kemampuan menyelesaikan masalah

Saat bekerja ada kalanya kamu menghadapi masalah kecil atau bahkan besar. Oleh karena itu, kamu wajib memiliki kemampuan menyelesaikan masalah dengan baik. Tanpa kemampuan menyelesaikan masalah yang baik, seorang tenaga kerja akan cenderung tergesa-gesa dan akhirnya bisa mengambil keputusan yang berdampak buruk bagi perusahaan dalam menyelesaikan masalah.

Kemampuan menyelesaikan masalah juga biasanya menjadi salah satu hal yang di uji oleh HRD saat proses rekrutmen, khususnya jika kamu melamar untuk posisi management trainee.

7. Kemampuan berpikir kritis

Berpikir kritis mungkin merupakan salah satu kemampuan yang sebenarnya sudah dilatih sejak duduk di bangku kuliah. Di dunia kerja, kamu juga harus bisa semakin menonjolkan kemampuan ini. Karena seorang tenaga kerja yang memiliki kemampuan berpikir kritis cenderung bisa memberikan keputusan yang baik untuk perkembangan perusahaan.

Cara paling mudah untuk melatih kemampuan berpikir kritis adalah dengan sering membaca buku dan sering berdiskusi dengan rekan kerja.

8. Kemampuan bersikap dengan baik

Meskipun terlihat sederhana, faktanya bersikap dengan baik kepada seluruh rekan kerja merupakan salah satu kemampuan yang sangat bermanfaat untuk mengembangkan karier di masa depan. Karena sikap yang baik bisa memudahkanmu untuk bisa lebih dikenal dan diajak kerjasama oleh banyak orang. Memiliki sikap yang baik juga seolah bisa memberikan aura positif tersendiri untuk lingkungan kerja di kantor.

Nah, itu tadi beberapa soft skill yang wajib dimiliki oleh semua pekerja. Namun, jangan khawatir jika kamu belum menguasai semua soft skill ini, karena kamu bisa melatihnya secara perlahan.

Kemampuan soft skill bisa kamu cantumkan di CV atau resume. Karena hal ini bisa menjadi nilai plus tersendiri di mata HRD. Selain itu, soft skill juga biasanya akan dengan sangat mudah dilihat HRD saat melakukan interview kerja.

Referensi

https://www.omniagroup.com/the-7-soft-skills-you-need-to-be-successful/

https://www.developgoodhabits.com/soft-skills-list/

https://www.indeed.com/career-advice/resumes-cover-letters/hard-skills-vs-soft-skills

https://www.indeed.com/career-advice/interviewing/why-are-soft-skills-important 

https://www.skillsyouneed.com/general/soft-skills.html

 

 
 

Artikel Lainnya

©2020-2022 Pijar Mahir. All Right Reserved