Beli di aplikasi dan dapatkan promo menarik

Blog

| iProspect

Kuasai 5 Skill Ini untuk Jadi Desainer Web Handal

desainer web

Selain bidang digital marketing, kini profesi yang juga semakin diminati adalah web designer atau desainer web. Secara garis besar, desainer web ini memiliki tanggung jawab untuk membuat sebuah website menjadi lebih menarik dan mudah digunakan oleh user. 



Baca juga: Berbagai Cara Belajar Desain Grafis



Nah, beberapa tahun ke belakang Indonesia membutuhkan banyak sekali desainer web karena menjamurnya start up dan bisnis online. Kamu juga bisa menjadi desainer web yang handal jika memiliki lima skill dasar berikut ini. Yuk, simak!


5 Skill Dasar Desainer Web yang Wajib Dimiliki


Yuk, simak penjelasan lengkap skill dasar desainer web yang wajib kamu miliki berikut ini! Kelima skill ini bisa kamu dapatkan dengan berbagai cara mulai belajar secara otodidak sampai pelatihan formal.


1. Memahami Prinsip Dasar Desain Visual


Seorang desainer web harus memiliki pemahaman tentang visual design. Visual design adalah tampilan website atau aplikasi yang dapat meningkatkan User Experience (UX). Elemen dari visual ini di antaranya adalah efek ilustrasi, tipografi, layout, warna, dan usability.


2. Pemahaman Advance Bahasa Pemrograman


Ternyata, untuk bisa menjadi desainer web handal, pemahaman HTML saja belum cukup. Desainer web juga harus memiliki pemahaman tentang CSS. CSS adalah bahasa pemrograman yang berfungsi mengatur seluruh tampilan website sehingga tampak lebih menarik. Dengan CSS, desainer web bisa mengatur warna teks, font, ukuran kolom, spasi antar paragraf, dan jenis background yang diinginkan. Tidak hanya itu, bahkan menambahkan layout dan efek yang diperlukan. 


3. Mengetahui Prinsip User Experience


Selain mengetahui bagaimana membuat tampilan menarik, seorang web designer juga harus memahami user experience (UX). UX design merupakan proses merancang produk dengan menggunakan perspektif pengguna. 

Seperti yang telah disebutkan dalam poin pertama, pemahaman tentang UX design ini penting dimiliki oleh seorang desainer web. Memahami prinsip UX, desainer web bisa merancang website yang dibutuhkan dan mudah digunakan oleh pengguna.


4. Mengerti Soal Content Management System


Content Management System atau CMS adalah sebuah aplikasi yang dapat membantu pengguna untuk membuat, mengatur, dan mengubah konten di dalam website. Lalu, seiring berjalannya waktu, teknologi ini sering dimanfaatkan developer sebagai alat untuk membangun situs web tanpa perlu menulis semua kode dari awal.


Nah, kini CMS telah berkembang dan menjadi inti untuk mengelola pengalaman audiens secara keseluruhan di semua platform, seperti email, aplikasi mobile, media sosial, website, dan lain-lain. CMS juga memungkinkan pengguna untuk berkolaborasi dalam pembuatan, pengeditan, dan produksi konten digital secara bersamaan.


5. Komunikasi dan Project Management yang Baik 


Berikutnya, skill yang dibutuhkan seorang desainer web bukan hanya kemampuan teknis, melainkan juga kemampuan non-teknis. Salah satunya yaitu kemampuan komunikasi yang baik. Sebagai seorang desainer web, kamu tentu harus berkolaborasi dengan klien atau rekan dari divisi lain di tempat kerja. 


Oleh sebab itu, kemampuan berkomunikasi ini penting dimiliki supaya tidak terjadi miskomunikasi dan project pembuatan website dapat berjalan lancar dan sukses. Selain itu, untuk menjadi seorang desainer web yang handal, kamu harus mampu mengatur prioritas dan memanajemen waktu dengan baik. Memiliki manajemen waktu yang baik, project web design dapat diselesaikan dengan hasil terbaik. 


Nah, itulah tadi beberapa skill yang harus kamu kuasai untuk bisa menjadi desainer web yang handal. Selain menguasai skill di atas, kamu juga bisa mendapatkan pelatihan dan pembelajaran untuk mengasah kemampuan bersama dengan profesional di bidangnya melalui Pijar Mahir.


Pijar Mahir menyediakan berbagai pelatihan yang akan menambah pengetahuan serta meningkatkan kemampuan kamu di satu bidang tertentu. Bagi kamu yang memiliki ketertarikan pada dunia desainer web, kamu bisa mengikuti pelatihan kursus mahir teknologi. Khusus untuk penerima manfaat kartu Prakerja, Kamu tidak perlu mengeluarkan uang sepeser pun. Yuk, jadi lebih mahir di bidang pilihanmu!

Artikel Lainnya

©2020-2022 Pijar Mahir. All Right Reserved