Beli di aplikasi dan dapatkan promo menarik

Blog

| superadmin

Masih Bingung Cara Memulai Bisnis di Marketplace? Yuk Simak Caranya!

Kamu suka belanja online? Pastinya udah tahu dong dengan platform marketplace seperti Shoppe atau Tokopedia. Sebenarnya di Indonesia sendiri ada banyak banget marketplace loh dan penggunanya udah puluhan juta. 

Gimana nggak? Belanja di marketplace jauh lebih mudah dan praktis ketimbang berbelanja offline kan? Apalagi berbagai produk kebutuhan sehari-hari tersedia cukup lengkap ya di marketplace. 

Apalagi di masa pandemic gini semua orang jadi jarang berbelanja di toko karena harus berkerumun dengan pembeli lain kan. Marketplace makin meroket jumlah pengguna dan pembeliannya. Kalau kamu tertarik terjun ke bisnis online, cocok banget nih memulai bisnis dari marketplace untuk memaksimalkan promosi produkmu.  

Peluang Berbisnis Melalui Marketplace

Jika kamu punya produk sendiri tapi masih bingung harus menjualnya kemana? Atau mungkin kamu sudah menjualnya di sosial media tapi yang beli masing itu-itu aja. Ini nih saat yang tepat buat kamu untuk mulai beralih memanfaatkan keberadaan marketplace. 

Memulai bisnis di marketplace sangat mudah kok, kamu nggak perlu membayar biaya pendaftaran untuk menjadi penjual di marketplace loh. Tinggal lakukan pendaftaran lalu pajang foto-foto produkmu dan mulai promosi deh di marketplace. Dijamin deh, akan ada banyak pembeli yang langsung checkout produk di toko onlinemu! 

Bayangin deh kalau kamu harus sewa toko untuk menjual produk? Kebayang nggak berapa biaya sewa toko yang harus kamu keluarkan? Apalagi kalau kamu punya pegawai dan harus menggajinya? Sudah kebayang kan, berapa banyak biaya operasional yang harus kamu keluarkan. 

Beda halnya jika kamu membuka toko online di marketplace, semua masalah diatas bisa banget dikurangi bahkan nyaris nggak ada. Kamu nggak perlu bayar sewa, nggak perlu menggaji karyawan bahkan jualan di marketplace bisa kamu lakuin kapan pun saat senggang. Jadi, kamu tinggal duduk atau tiduran santai sambil membalas chat pembeli dan mengepak barang. Enak bangetkan jualan di marketplace? 

Kalau kamu nggak punya produk sendiri, kamu bisa jadi reseller atau dropshipper juga kok. Kamu tetap bisa memajang foto produk tanpa repot mengirimkan produk/barang ke konsumen. Gimana, menarik sekali bukan? 

Lalu, Bagaimana Memulai Berjualan di Marketplace? 

Jika kamu tertarik berjualan online di marketplace dan masih bingung harus mulai darimana. Yuk ikuti caranya di bawah ini!  

1. Menentukan Marketplace

Dengan banyaknya situs marketplace di Indonesia, kamu mungkin bingung memilihnya. Tapi jangan khawatir ya, kamu bisa memilih marketplace yang kredibilitasnya sudah terjamin dong. Pastikan, marketplace tersebut memiliki jumlah pengguna yang banyak ya!
Perhatikan juga peraturan yang ditetapkan oleh marketplace tersebut. 

Nah, pilih juga marketplace yang bagus dalam pelayanannya ya seperti platformnya user friendly atau mudah digunakan. Kamu bisa cek satu per satu marketplace di Indonesia, lalu lihat fitur-fitur yang mereka tawarkan. Jangan lupa mengecek kebijakan yang ditetapkan oleh marketplace tersebut ya. 

2. Mempersiapkan Foto Produk

Kamu sudah menemukan marketplace yang tepat? Nah, kini saatnya menyiapkan produk. Hmm.. Kalau kamu punya nggak punya produk sendiri bisa jadi reseller loh. Nggak masalah kamu jadi reseller ataupun dropshipper karena kamu bisa menjual produk di marketplace lain. Gimana, mudah kan prosesnya? 

Oh iya, jangan lupa pilih foto produk yang berbeda dari kompetitor namun jernih ya. Karena kualitas foto juga bisa mendorong pembeli untuk membeli produkmu loh. Lakukan sedikit editing agar lebih menarik lalu upload ke toko online di marketplace pilihanmu ya! 

3. Mempersiapkan Deskripsi Produk

Foto produk memang penting, tapi yang nggak kalah penting ternyata deskripsi produk loh. Buat deskripsi produk yang kamu jual sedetail mungkin ya! Jangan terlalu berlebihan dan juga jangan terlalu minim informasi.  

Deskripsi produk yang lengkap dan detail akan sangat memudahkan pembeli yang sedang berkunjung. Berikan deskripsi yang informatif untuk pelanggan sehingga mereka tidak kebingungan saat membaca keterangan produkmu. 

4. Memilih Kurir yang Tepat

Setelah memperhatikan kualitas produk dan pelayanan, kini saatnya kamu memilih jasa ekspedisi nih. Ekspedisi yang tepat akan mempengaruhi kesuksesan toko online mu loh. Karena itulah memilih jasa ekspedisi yang tepat sangat penting diperhatikan.  

Kalau kamu memilih ekspedisi yang profesional dan cepat maka pengantaran dan pengiriman barang pun tidak ada kendala. Dan pelangganmu pun akan merasa nyaman dan aman. Bahkan bisa saja mereka kembali membeli produkmu loh. 

Kadang masih ada loh pembeli awam yang menganggap bahwa penjual dan jasa ekspedisi adalah satu kesatuan. Padahal sudah jelas terpisah kan? Makanya sangat penting loh dalam memilih jasa ekspedisi. 

5. Pilih Jenis Promosi Yang Disediakan Oleh Marketplace

Menariknya lagi, berjualan di marketplace kini memungkinkanmu untuk bisa membagikan penawaran produk ke media sosial loh. Jadi, kamu bisa membagikan link penawaran produk di marketplace ke akun media sosial. Kamu juga bisa ikut menawarkan produk di WhatsApp atau Facebook dengan memakai link yang kamu copy-kan.  

Ikuti Kursus Dan Kelas Bersertifikat Cara Meraup Keuntungan Dari
Marketplace Yuk! 

Selain tips di atas, kamu juga bisa mengikuti kursus ataupun workshop untuk membuat strategi berjualan di marketplace. Hal tersebut bisa menaikkan pembelian di tokomu atau bahkan cara menaikkan branding produk-produk mu loh.  

  

Kabar baiknya nih, kamu bisa mendapatkan kelas
bersertifikat di Pijar Mahir
. Yuk! Saatnya upgrade pengetahuanmu agar tidak ketinggalan dari kompetitor!  

  

Nah, itu dia cara berjualan di marketplace! Yang paling penting adalah pelayanan dan kualitas produknya ya. Jangan sampai banyak pembeli tapi pelayanannya kurang oke ya! Yuk, saatnya belajar membangun strategi untuk toko online kamu di marketplace! Boleh nih tulis di kolom komentar, produk yang kamu jual apa sih? Jangan lupa mempraktikkan isi kelasnya ya!  

  

Referensi : 

https://bukuwarung.com/cara-meningkatkan-penjualan-di-marketplace/ 

https://www.jurnal.id/id/blog/2017-6-cara-sukses-berjualan-di-shopee-bagi-pemula/ 

https://www.niagahoster.co.id/blog/cara-memulai-bisnis-online/  

Artikel Lainnya

©2020-2022 Pijar Mahir. All Right Reserved