Beli di aplikasi dan dapatkan promo menarik

Blog

| superadmin

Mau Jago Edit Foto dengan Photoshop? Kuasai Tools Ini Lebih Dulu Yuk!

Urusan edit foto nggak bisa dibilang gampang loh. Apalagi kalau kamu baru pertama kali melakukannya, pasti deh masih bingung banget. Kalau kamu pemula banget bisa nih mulai praktek dari tools di Adobe Photoshop. 

Udah tahukan kalau Adobe Photoshop memang khusus untuk editing foto? Hampir semua fotografi profesional menggunakan Adobe Photoshop loh. Memang sih, untuk mempelajari teknik edit di Adobe Photoshop nggak bisa dibilang mudah. Tapi kamu bisa nih pakai beberapa trik khusus untuk pemula. 

Simak terus ya biar kamu mendapatkan pencerahan bagaimana cara jago edit foto di Photoshop!  

Tool Yang Harus Dikuasai Agar Jago Edit Di Photoshop 

Ada beberapa tools yang wajib kamu pahami untuk mulai belajar Adobe Photoshop nih. Penggunaannya cukup mudah ya asal kamu mengikuti tutorial di bawah ini dengan benar!  

1. Crop Tool

Sesuai namanya nih, crop tool ini digunakan kalau kamu mau membuang bagian pada gambar yang nggak dibutuhkan. Penggunaan tool ini untuk mengurangi size gambar serta menyeleksi gambar yang nggak dibutuhkan ya! 

Misalnya kamu ingin membuang bagian pada yang kurang menarik atau ingin memindahkan objek foto maka kamu bisa menggunakan fitur crop tool di Adobe Photoshop ini nih. 

Caranya gampang, simak langkah-langkahnya di bawah ini! 

● Masuk ke menu file di Adobe Photoshop yang sudah didownload ya, lalu tekan open dan buka foto yang akan diedit. 

● Pada toolbar aplikasi, pilih opsi crop tool. 

● Selanjutnya tinggal atur saja rasio crop sesuai
kebutuhanmu. Lanjutkan dengan menarik kanvas di pilihan tool crop. 

● Centang pada ribbon bar, atau tekan enter. Yeay! kamu sudah berhasil memotong bagian pada objek di foto loh. 

● Kalau ingin menyimpannya tinggal tekan “save” atau “simpan” ya. Kamu bisa juga loh menyimpan hasil potongan objek foto tersebut dan tempelkan ke foto lain (jika perlu). 

2. Selection Tools

Hmm.. kamu sekarang menyeleksi objek? Bisa banget nih pakai selection tools. Di sini kamu akan disajikan beberapa tool, dari yang sederhana sampai yang cukup kompleks loh. Pen tool sendiri tool yang paling banyak digunakan untuk memilih objek di photoshop nih. 

● Marquee tool, di dalam marque tool terbagi lagi ke dalam rectangular marquee tool, elliptical marquee tool, dan single row and coloum. 

● Lasso tool bisa kamu andalkan untuk menyeleksi objek dengan cara bebas ya akan tetapi nggak bisa berbentuk diagonal maupun vertical lurus. Pada tool ini juga terdapat polygonal lasso tool dan magnetic lasso tool. 

● Quick selection tool juga bisa kamu pakai untuk menyeleksi objek dengan cepat menyesuaikan warna di dalam gambar. 

● Pen tool bisa jadi pilihan kamu untuk menyeleksi objek tertentu dengan cara lurus, horizontal, diagonal, vertical, maupun bentuk apapun sesuai keinginanmu.

 

3. Adjusment Tools

Jika kamu ingin mengatur warna pada objek foto di aplikasi Photoshop bisa juga nih memanfaatkan Adjustment Tools. Kamu akan mendapatkan tampilkan efek bermacam-macam dan memberikan sentuhan yang kece abis. 

Kamu juga bisa memilih tool yang pas banget untuk mengatur warna. Kamu bisa melihat panel ini pada bagian kanan tepat saat membuka Adobe Photoshop ya. Ketika memakai fitur ini kamu akan membuat tampilan layer baru sesuai tool yang kamu pilih. 

Oh iya, kamu juga bisa menikmati beberapa fitur yang ada seperti clipping mask nih. Tools ini bisa membantumu menghubungkan dua layer bisa saling berhubungan. Jadi, hasil editanmu akan tampak seperti satu layer saja loh. 

4. Spot Healing Brush

Lalu untuk menduplikasi objek menggunakan tekstur, warna dan pencahayaan yang sesuai kamu bisa menggunakan spot healing brush. Nah, fitur ini berguna untuk menghilangkan bagian lainnya pada objek,. 

Misalkan nih untuk menghilangkan komedo atau jerawat. Kamu juga bisa menyamarkan atau menghilangkan kerutan di wajah loh. Kamu pasti suka banget deh sama tools ini karena juga bikin tampilan foto jadi jernih. 

Tools ini juga gampang banget digunakan yaitu kamu tinggal tempelkan kuas ke bagian pada objek yang ingin dihilangkan. Dan noda atau jerawat pada objek pun langsung hilang deh dan wajah menjadi lebih bersih. 

5. Gradient Tool

Kamu ingin menggabungkan warna? Bisa pakai fitur dari gradient tool yang fungsinya untuk mengisi objek memakai gradasi warna loh. Kamu juga bisa memilih jenis gradasi seperti angular gradient, linear
gradient, radial gradient, diamond gradient, dan reflected gradient. 

Coba deh ikuti cara pakai gradient tool ini : 

● Pilih gradient tool. 

● Lalu pilih lagi warna background dan foreground di panel tools untuk dijadikan gradasi warna. 

● Lakukan pengaturan tatanan property pada gradasi warna di panel gradasi. 

● Selanjutnya pilih menu tatanan warna yang digunakan untuk melakukan gradasi warna. 

● Pilih jenis gradasi yang kamu inginkan. 

● Tentukan pilihan mode blending serta opacity dalam gradasi warna. 

● Kamu juga bisa mengaktifkan reverse jika ingin membalikkan pola pada warna. 

● Gunakan dither untuk membuat kombinasi atau campuran warna halus. 

● Kamu juga bisa menggunakan transparency untuk
mengaktifkan transparansi warna. 

● Selanjutnya geser mouse di jendela dokumen yang
ingin kamu tambahkan warna gradasi.  

Ikuti Kursus Dan Kelas Bersertifikat Jago Edit Foto Di Photoshop! 

Itulah beberapa tool yang harus Kamu kuasai saat belajar editing foto di Adobe Photoshop. Bagaimana, sudah bisa bukan? Jika masih bingung, mungkin wajar karena memang mempelajari Adobe Photoshop bisa dikatakan tidaklah mudah. Tapi tenang saja, Kami akan membagikan informasi menarik bagi yang ingin menjadi fotografer handal atau editor foto yang jago. Pijar Mahir kini menawarkan pelatihan menarik bagi calon-calon editor foto untuk meng-upgrade skill editing fotomu dengan trik-trik mudah. Ikut kelas jago edit foto di Adobe Photoshop dengan https://pijarmahir.id/course/1921

Selain tips di atas, kamu juga bisa mengikuti kursus ataupun workshop seputar edit foto di photoshop. Hal tersebut bisa menambah pengetahuan kamu bagaimana mengedit foto dengan cepat atau bahkan membuat desain menarik. Sertifikat yang kamu dapatkan dari mengikuti kelas online pun bisa kamu gunakan untuk memasarkan jasamu lho!  

Nggak usah repot-repot nyari deh! Kamu bisa mendapatkan kelas bersertifikat di Pijar Mahir. Yuk! Saatnya upgrade skill dan pengetahuanmu dalam mengedit photo loh!  

Nah, itu dia tips untuk mengedit foto. Ingat! Yang paling penting adalah objek foto dari awal memiliki size besar ya agar tidak pecah. Yuk, saatnya belajar lebih mendalam cara mengedit foto agar hasilnya lebih bagus dan lebih cepat! Jangan lupa terus praktek untuk meningkatkan skill kamu ya!  

Referensi : 

https://www.mrfdn.com/2018/08/tools-edit-foto-photoshop.html 

https://www.leskompi.com/cara-edit-foto-di-photoshop/ 

https://www.merdeka.com/jatim/5-cara-edit-foto-dengan-photoshop-yang-mudah-cocok-untuk-pemula-kln.html  

Artikel Lainnya

©2020-2022 Pijar Mahir. All Right Reserved