Beli di aplikasi dan dapatkan promo menarik

Blog

| Content Writer

6 Pilihan Cara Melakukan Metode Rekrutmen Eksternal

Metode rekrutmen eksternal

Tahukah kamu saat ini metode rekrutmen eksternal merupakan salah satu metode rekrutmen yang sedang banyak diterapkan oleh perusahaan lho. Kalau kamu ingin tahu lebih jauh tentang cara melakukan metode rekrutmen eksternal, simak informasi di bawah ini ya.


Rekrutmen eksternal adalah sistem rekrutmen yang dilakukan dengan cara mencari kandidat karyawan dari luar perusahaan. Saat ini metode rekrutmen eksternal sudah cukup banyak diterapkan oleh beberapa perusahaan, khususnya oleh perusahaan rintisan atau startup.


Ragam pilihan cara melakukan metode rekrutmen eksternal


Pada dasarnya metode rekrutmen eksternal memiliki beberapa manfaat, seperti meningkatkan daya saing perusahaan dan mendapatkan calon karyawan yang bertalenta. Di sisi lain, metode rekrutmen eksternal juga memiliki kekurangan, yaitu membutuhkan biaya yang cukup banyak dan butuh waktu lama untuk membuat karyawan bisa beradaptasi dengan lingkungan kerja.  


Jadi, ada baiknya sebelum memilih menggunakan metode rekrutmen eksternal kamu pertimbangkan dulu baik dan buruknya. Namun, jika kamu sudah yakin ingin menggunakan metode rekrutmen eksternal, ada beberapa cara melakukan metode rekrutmen eksternal yang bisa kamu terapkan, yaitu:


1. Posting di situs lowongan kerja


Memposting lowongan pekerjaan di situs lowongan kerja merupakan salah satu cara melakukan metode rekrutmen eksternal yang saat ini banyak dilakukan oleh perusahaan, baik perusahaan baru maupun perusahaan yang sudah ada sejak lama. Saat menggunakan situs lowongan kerja kamu akan mendapatkan akses untuk bisa menemukan ratusan atau bahkan ribuan pencari kerja aktif.


Menariknya, salah satu manfaat terbesar dari menggunakan situs lowongan kerja adalah kamu gak perlu repot untuk menawarkan pekerjaan kepada calon karyawan. Karena calon karyawanlah yang akan melamar pekerjaan di perusahaan tempat kamu bekerja. Hal yang perlu kamu lakukan hanya memposting kriteria karyawan yang dibutuhkan perusahaan, informasi  tentang  tugas yang akan dikerjakan karyawan, dan informasi tentang fasilitas yang akan diberikan perusahaan.


Selain itu, menariknya lagi beberapa situs lowongan kerja juga menyediakan layanan psikotes atau tes yang akan menunjang proses rekrutmen karyawan. Jadi, sebagai HRD kamu hanya perlu menyeleksi karyawan yang sekiranya sesuai dengan kriteria yang dibutuhkan user. Hal ini tentunya akan sangat memudahkanmu dalam melakukan proses rekrutmen dan menghemat waktu.


2. Gunakan jasa agen perekrutan


Saat ini ada banyak jasa agen perekrutan karyawan yang bisa kamu gunakan untuk memudahkan proses rekrutmen karyawan. Untuk menggunakan jasa agen perekrutan, kamu hanya perlu memberikan kriteria karyawan yang tepat, informasi tentang tugas yang akan dikerjakan karyawan, dan fasilitas yang akan diberikan perusahaan.


Nantinya agen perekrutanlah yang akan mencarikan calon karyawan yang sekiranya sesuai dengan permintaan perusahaan. Selain itu, menariknya lagi agen perekrutan biasanya akan melakukan wawancara terlebih dahulu kepada calon karyawan.Jika ternyata calon karyawan sesuai dengan yang dibutuhkan perusahaan, agen baru akan memberikan informasi tentang calon karyawan kepada kamu. 


3. Gunakan jasa perekrut eksekutif atau headhunter


Kamu sudah memiliki gambaran calon karyawan ideal dari kantor saingan yang sekiranya cocok menjadi karyawan di kantor kamu saat ini? Kalau iya, kamu bisa menggunakan jasa perekrut pencarian eksekutif atau headhunter.


Karena headhunter biasanya akan dengan senang hati menawarkan pekerjaan kepada calon karyawan dari kantor lain yang sedang tidak aktif mencari pekerjaan. Hal ini juga tentunya akan sangat bermanfaat untuk menghemat waktumu dan memudahkanmu mendapatkan karyawan ideal tanpa usaha yang berarti.

 

4. Mencari calon karyawan lewat media sosial


Tidak bisa dipungkiri saat ini media  sosial merupakan salah satu medium untuk mendapatkan calon karyawan bertalenta dengan cara yang mudah. Karena saat ini banyak ahli di suatu bidang yang berbagi ilmunya di media sosial, terutama orang-orang yang bergerak di bidang kreatif, seperti social media specialist, graphic designer, video editor, atau fotografer.


Melansir dari fresh team, saat ini 84% bisnis di seluruh dunia mencari calon karyawan dari media sosial. Beberapa media sosial yang biasanya digunakan untuk mencari calon karyawan bertalenta, yaitu Twitter, LinkedIn, Facebook, atau Instagram.

 

5. Partisipasi dalam pameran pekerjaan


Pameran pekerjaan merupakan cara melakukan metode rekrutmen eksternal yang banyak diterapkan oleh perusahaan, khususnya perusahaan-perusahaan besar. Karena di pameran pekerjaan kamu bisa mendapatkan banyak calon karyawan yang bertalenta.


Menariknya lagi di pameran pekerjaan, kamu bisa berinteraksi langsung dengan calon karyawan bahkan sebelum melihat CV atau resumenya. Jadi, secara tidak langsung bisa langsung mengetahui karakter calon karyawan. Hal ini tentunya akan sangat memudahkanmu untuk melakukan proses rekrutmen.


6. Ikut seminar


Kamu sering mengikuti seminar? Kalau iya, yuk manfaatkan seminar untuk menjaring kandidat karyawan berkualitas. Karena di seminar kamu bisa berkesempatan untuk berinteraksi langsung dengan peserta seminar. Saat berinteraksi dengan peserta seminar, kamu bisa bertanya mengenai pekerjaan yang dilakukan serta minat dan bakatnya.


Dari sinilah kamu bisa menilai apakah peserta seminar yang kamu ajak berinteraksi cocok bekerja di perusahaan. Jika menurutmu peserta seminar tersebut cocok untuk bekerja di perusahaan, kamu bisa meminta kontaknya dan menawarkannya pekerjaan yang sedang dibutuhkan perusahaan.


Nah, itu tadi beberapa pilihan metode rekrutmen yang bisa kamu lakukan. Pada dasarnya setiap perusahaan memerlukan metode rekrutmen yang berbeda-beda. Jadi, tetap pilih cara melakukan rekrutmen eksternal yang paling sesuai dengan karakter dan kebutuhan perusahaan ya.


Yuk ikut pelatihan “Mahir Manajemen Rekrutmen dan Seleksi Dasar”


Kalau kamu ingin belajar lebih jauh tentang metode dan manajemen rekrutmen, yuk ikut kelas “Mahir Manajemen Rekrutmen dan Seleksi Dasar ”. Di pelatihan ini, kamu akan belajar manajemen rekrutmen dan seleksi untuk mendapatkan karyawan yang sesuai dengan kriteria yang diinginkan. Selain itu, dengan mengikuti pelatihan ini kamu juga bisa mengetahui cara melakukan evaluasi pada proses rekrutmen dan seleksi yang telah dibuat.


Menariknya lagi, di kelas ini kamu akan belajar langsung dengan pengajar yang profesional, yaitu Muhammad Rizki. Muhammad Rizki merupakan seorang Assessment specialist dan Selection Officer di Telkom Indonesia yang telah berpengalaman di proses rekrutmen dan seleksi lebih dari 6 tahun sejak 2015.


Selain itu pelatihan ini juga memiliki metode ajar yang menarik, yaitu ceramah interaktif roleplay dan bahan bacaan dengan penugasan praktek.  Menarik banget kan. Kamu semakin gak sabar untuk ikut kelas ini? Kalau iya, yuk segera daftar kelasnya di website Pijar Mahir atau download aplikasi pijar mahir di Google Playstore.


Referensi


https://www.freshworks.com/hrms/recruitment/external-recruitment/

https://www.careeraddict.com/external-recruitment-methods

https://study.com/academy/lesson/external-recruitment-advantages-disadvantages-methods.html 


 


Artikel Lainnya

©2020-2022 Pijar Mahir. All Right Reserved