Beli di aplikasi dan dapatkan promo menarik

Blog

| iProspect

Mudah! Ini Cara Mengelola Keuangan Usaha Dagang Tanpa Repot

 Cara Mengelola Keuangan Usaha Dagang

Sudah memiliki usaha atau baru akan memulai, kamu tentu perlu mengetahui cara mengelola keuangan usaha dagang. Pasalnya, cara kamu mengelola keuangan usaha dagang ini akan menentukan sukses tidaknya usahamu. 



Baca juga: 7 Cara Mengatur Keuangan Usaha Paling Mudah




Perencanaan keuangan merupakan bagian penting yang harus diperhatikan saat mengelola sebuah usaha. Melakukan perencanaan keuangan secara terperinci, pelaku usaha bisa tahu seberapa sehat kondisi keuangan usahanya. Untuk itu kamu perlu memberikan perhatian ekstra saat merencanakan atau mengelola keuangan usaha dagang.





Cara Mengelola Keuangan Usaha Dagang Tanpa Repot


Nah, masih banyak sekali pengusaha pemula yang bingung saat membuat perencanaan keuangan. Di sisi lain, perencanaan keuangan ini juga akan membantu pengusaha dalam mengalokasikan dana secara maksimal sehingga produktivitas usaha semakin meningkat. Saat melakukan evaluasi usaha di periode tertentu, laporan keuangan dapat digunakan sebagai tolok ukur sejauh mana usahamu berkembang. 


Dari penjelasan di atas, sekarang kamu jadi lebih paham kan, kenapa seorang pelaku usaha wajib menguasai cara kelola keuangan usaha dagang secara matang? Nah, berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa kamu lakukan untuk mengelola keuangan usaha dagang tanpa repot:


Pisahkan Keuangan Pribadi dan Usaha


Cara mengelola keuangan usaha dagang pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan memisahkan keuangan pribadi dan usaha. Hal ini bisa menjadi cara mengelola keuangan usaha dagang yang biasanya mencampur adukan keuangan pribadi dan usaha. 


Pastikan tetap membuat dua akun bank terpisah, sekecil apapun usaha yang baru kamu rintis. Hal ini akan lebih memudahkanmu melihat keuntungan atau kerugian yang ada pada usaha tersebut.


Buat Catatan Lengkap Mulai dari Pengeluaran Hingga Pemasukan


Berikutnya, menyusun catatan pengeluaran merupakan cara mengelola keuangan usaha dagang yang bisa kamu lakukan. Pastikan semua uang yang keluar untuk urusan usaha terdokumentasi dengan baik. Hal yang sama juga berlaku bagi uang yang masuk. Catat secara rapi supaya kamu bisa memantau dari mana sumber pemasukan atau pengeluaran terbesar. 


Selain mencatat uang keluar dan uang masuk, mendokumentasikan arus barang keluar dan masuk juga menjadi bagian penting dalam cara mengelola keuangan usaha dagang. Apabila jumlah barang yang keluar dan masuk sangat banyak, itu berarti penjualan mengalami peningkatan. 


Buat Anggaran atau Budgeting Usaha


Cara mengelola keuangan usaha dagang yang berikutnya adalah dengan menyusun rencana anggaran dengan detail untuk sebuah usaha. Tujuannya untuk membuat usaha yang kamu jalankan tetap hidup, bertahan, dan berkembang. Caranya mulai dengan membuat anggaran modal, bisa berupa uang atau aset. Ketersediaan modal sangat diperlukan untuk memulai usaha. Biasanya modal digunakan untuk membeli bahan baku dan peralatan yang dibutuhkan untuk kegiatan usaha.


Gunakan Selisih Keuntungan untuk Memperbesar Usaha


Setiap keuntungan sangat berarti. Oleh karena itu, cara mengelola keuangan usaha dagang yang selanjutnya adalah dengan menggunakan selisih keuntungan untuk mengembangkan usaha yang kamu miliki. Tentu saja, kamu bisa mendapatkan keuntungan yang lebih besar di kemudian hari karena kinerja perusahaan juga meningkat.


Lakukan Audit Secara Berkala


Cara mengelola keuangan usaha dagang yang terakhir adalah dengan melakukan monitoring, kontrol, dan pengawasan terhadap keuangan usaha secara berkala. Melalui audit secara teratur, masalah keuangan perusahaan akan cepat diketahui dan selanjutnya dapat segera diperbaiki. Jangan sampai masalah keuangan mengalami “kebocoran”. Pasalnya, hal tersebut akan sangat mengganggu aktivitas operasional.


Walaupun terlihat sederhana, langkah mengelola keuangan usaha dagang ini akan membantumu mengembangkan bisnis. Cara kelola keuangan usaha dagang sederhana ini bisa kamu terapkan untuk memajukan usahamu. Selain dengan mengikuti cara mengelola keuangan usaha dagang tanpa seperti di atas, kamu juga bisa mengikuti kelas pelatihan dan pembelajaran seputar UMKM di Pijar Mahir. 


Pada dasarnya, Pijar Mahir menyediakan berbagai pelatihan yang akan menambah pengetahuan serta meningkatkan kemampuan Kamu di satu bidang tertentu. Khusus untuk penerima manfaat kartu Prakerja, Kamu tidak perlu mengeluarkan uang sepeser pun. 


Yuk, jadi lebih mahir di bidang pilihanmu!

Artikel Lainnya

©2020-2022 Pijar Mahir. All Right Reserved