Beli di aplikasi dan dapatkan promo menarik

Blog

| iProspect

Mulai Dari Nol, Cek Cara Menjadi Youtuber yang Menghasilkan Uang

Youtube kini dinilai sebagai lahan pekerjaan yang mampu menghasilkan pundi-pundi uang yang tak sedikit nilainya. Ada banyak orang di seluruh dunia, termasuk Indonesia yang menjadikan Youtuber sebagai profesi utama.


Penasaran dengan cara menjadi Youtuber yang menghasilkan uang? Segera simak info lengkapnya di bawah ini!


6 Cara Menjadi Youtuber yang Menghasilkan Uang 


Menjadi youtuber profesional mungkin terasa mudah, tapi nyatanya tidak semudah itu loh untuk membangun sebuah channel yang nantinya bisa menghasilkan uang. Sebagai langkah awal kamu bisa mencoba cara menjadi youtuber yang menghasilkan uang berikut ini!


1. Buat Channel Youtube yang Niche


Pertama, buatlah channel Youtube yang niche. Apa maksudnya? Niche memiliki arti khusus atau sangat khusus, jadi kamu perlu membuat channel Youtube yang memiliki tema khusus atau target audiens tertentu. Hal ini yang akan menuntunmu untuk membuat video yang terkonsep sesuai dengan audiens.


Menentukan niche bisa dimulai dengan minat dan kesukaanmu. Jika kamu suka otomotif, khususnya motor, buatlah konten di Youtube yang berkaitan dengan motor. 


Adapun niche yang biasanya banyak disukai oleh penonton, yaitu:


- Kecantikan

- Kuliner

- Traveling

- Teknologi

- Musik

- Gaya Hidup

- Hewan


Kamu bisa memilih salah satu di antaranya untuk dikembangkan. Tapi, selalu pastikan niche tersebut adalah tema yang kamu kuasai, ya!


2. Tentukan Tipe Konten


Jika sudah punya niche, maka selanjutnya kamu perlu menentukan tipe konten akan kamu buat. Beberapa tipe konten yang bisa menjadi referensi dan ramai ditonton, antara lain:


- Edukasi

- Hiburan

- Review


Fokuslah pada niche dan tipe konten agar channel-mu bisa mendatangkan Subscribers, sehingga peluang untuk mendulang rupiah akan semakin terbuka lebar.


3. Cari Pembeda dengan Punya Ciri Khas


Berikutnya, cara menjadi Youtuber yang menghasilkan uang adalah dengan mencari pembeda. Pembeda ini kemudian akan menjadi ciri khasmu di antara jutaan Youtuber di seluruh dunia. Sebagai contoh, jika kamu tinggal di sebuah daerah dan daerah tersebut punya gaya bahasa sendiri, tidak ada salahnya untuk menjadikan hal ini sebagai pembeda.


Ciri khas ini juga bisa diimplementasikan ke bahasa daerah yang kamu gunakan dan juga tagline videomu. Jangan pernah minder dengan apa yang kamu punya sebab hal tersebut bisa jadi ciri khas yang membedakan kamu dengan jutaan Youtuber di luar sana.


4. Bikin Akun Google AdSense


Setelah kamu sudah punya banyak video yang ditonton oleh banyak orang, jangan lupa untuk membuat akun Google AdSense. Jika memang sudah memenuhi ketentuan dari Youtube, kamu biasanya akan mendapatkan kesempatan untuk memasang Google AdSense.


Langkah ini pun menjadi cara menjadi Youtuber yang menghasilkan uang yang paling praktis dilakukan. Syaratnya, kamu harus berusia lebih dari 18 tahun dan tidak menampilkan konten berbau SARA. 


5. Tentukan Target Channel


Sama seperti pekerjaan lainnya, kamu juga perlu menentukan target sebagai Youtuber. Ada dua indikator yang bisa dijadikan target, yakni:


- Subscriber adalah jumlah orang yang berlangganan channel kamu. Tentukan target, misalnya, kamu ingin punya 1000 Subscribers dalam jangka waktu 3 bulan.


- Engagement berkaitan dengan Like, Comment, dan Share. Tentukan berapa jumlah Like, Comment, dan Share yang ingin kamu raih dalam satu video.


Semakin banyak Subscriber dan semakin tinggi Engagement, semakin besar peluang untuk mendapatkan uang dari Youtube.


6. Manfaatkan Fitur Membership



Dalam beberapa waktu terakhir, Youtube telah merilis Fitur Membership untuk setiap Youtuber yang punya Subscriber di atas 1000. Bergabung jadi Member akan membuat Subscriber punya akses terhadap konten-konten eksklusif yang tidak didapatkan oleh Subscriber biasa.


Itulah beberapa cara menjadi Youtuber yang menghasilkan uang dan bisa kamu mulai sekarang. Jika ingin menyelami lebih dalam mengenai profesi ini, kamu wajib ikut Pembelajaran Mandiri dengan bahasan Menjadi Youtuber yang Menghasilkan Uang di pijarmahir.id.


Di pelatihan ini, kamu akan belajar memahami dasar-dasar belajar Youtube bagi kreator, cara membuat channel Youtube dan playlist, cara membuat dan mengedit video, cara memilih kata kunci dan menyiapkan SEO Youtube, mengupload dan mengelola video Youtube, hingga cara mendapatkan uang dari Youtube dengan Google AdSense.


Menarik ‘kan? Yuk, segera kunjungi pijarmahir.id untuk mengakses pelatihan!

Artikel Lainnya

©2020-2022 Pijar Mahir. All Right Reserved