Beli di aplikasi dan dapatkan promo menarik

Blog

| Content Writer

Yuk Cari Tahu Pengertian dan Cara Menentukan Metode Pembelajaran

 Cara Menentukan Metode Pembelajaran

Kamu ingin pelatihan yang dibuat bisa berguna untuk banyak pengguna dan bisa mendatangkan banyak pengguna baru? Kalau iya, yuk simak beberapa cara menentukan metode pembelajaran di bawah ini.


Saat ini ada puluhan penyedia jasa pelatihan yang ada di Indonesia. Hal inilah yang membuat persaingan untuk mendapatkan pengguna semakin ketat. Namun, jangan khawatir karena jika kamu bisa menentukan metode pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan pengguna, maka kamu bisa mendapatkan banyak pengguna dengan cara yang mudah.


Apa itu metode pembelajaran?


Sebelum membahas lebih lanjut tentang cara menentukan metode pembelajaran, ada baiknya kamu cari tahu dulu definisi metode pembelajaran. Pada dasarnya metode pembelajaran adalah cara yang digunakan pemberi pelatihan untuk mengimplementasikan rencana yang sudah di susun dalam bentuk kegiatan nyata untuk mencapai tujuan pembelajaran atau pelatihan.


Setiap platform penyedia pelatihan biasanya memiliki tujuan pembelajaran atau pelatihannya tersendiri. Namun, secara umum tujuan pelatihan atau pembelajaran adalah peserta atau pengguna mampu untuk memahami dan mempraktikkan semua ilmu yang telah didapatkan selama mengikuti pelatihan.

 

Cara menentukan metode pembelajaran


Setelah mengetahui definisi metode pembelajaran dan tujuan pembelajaran, sekarang yuk cari tahu beberapa tips menentukan metode pembelajaran di bawah ini:


1.Cari tahu target pasar atau pengguna


Hal pertama yang perlu kamu lakukan untuk menentukan metode pembelajaran adalah mengetahui target pasar atau pengguna secara detail, misalnya usia calon pengguna, jenjang pendidikan calon pengguna, dan profesi calon pengguna. Karena hal ini akan sangat membantumu untuk menentukan metode pembelajaran yang tepat sesuai dengan kemampuan materi setiap pengguna.


2. Pahami materi


Untuk bisa menentukan metode pembelajaran yang tepat, kamu juga harus bisa memahami materi pelatihan dengan sangat baik. Karena setiap materi memerlukan metode pembelajaran yang berbeda-beda. Misalnya saja untuk pelatihan memasak metode pembelajaran yang tepat adalah praktek, sedangkan untuk pelatihan content writer metode pembelajaran yang paling tepat adalah ceramah.


3. Tentukan aktivitas yang akan dilakukan


Untuk bisa membuat peserta memahami materi pelatihan dengan sebaik mungkin dan bisa langsung mempraktekkannya secara langsung, jangan ragu untuk menentukan aktivitas yang akan dilakukan selama pelatihan berlangsung.


Misalnya saja pemberi pelatihan akan memberikan pemaparan secara singkat dan diikuti dengan diskusi secara langsung dengan pembaca. Menentukan aktivitas yang akan dilakukan akan sangat bermanfaat untuk memudahkanmu dalam menentukan metode pembelajaran.


4. Tentukan media atau teknologi


Saat ini ada berbagai media atau teknologi pengajaran yang bisa kamu gunakan, seperti  Zoom, Attendance, ThingLink, Slido, blurb, dan Storybird.


Setiap media juga biasanya memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Oleh karena itu, jangan ragu untuk memilih media pembelajaran yang paling kamu kuasai dan paling sesuai dengan materi pelatihan yang akan kamu berikan ya.


Ragam pilihan metode pembelajaran


Saat ini ada sangat banyak pilihan metode pembelajaran yang bisa kamu gunakan. Namun, beberapa metode pembelajaran yang biasanya sering digunakan, yaitu:


1.Ceramah


Metode pembelajaran ceramah merupakan salah satu metode pembelajaran yang paling sering digunakan oleh berbagai platform pelatihan. Hal ini karena bisa dibilang metode pembelajaran merupakan salah satu metode pembelajaran yang cukup mudah untuk dipraktekkan.


Saat menerapkan metode pembelajaran ini, pemberi pelatihan cukup menyampaikan materi pelatihan tanpa perlu memberikan peragaan secara langsung atau memfasilitasi diskusi untuk peserta. Metode pelatihan ini biasanya cocok untuk beberapa pelatihan yang bergerak di bidang kreatif, seperti social media specialist dan content writer.  


2. Praktek


Sama halnya dengan metode pelatihan ceramah, metode pelatihan praktek langsung adalah salah satu jenis pelatihan yang paling banyak digunakan saat ini. Saat menggunakan metode pembelajaran praktek, pemberi pelatihan harus bisa memberikan beberapa pengetahuan dasar tentang suatu pelatihan yang diberikan dan mempraktekkan secara langsung.  


Metode pembelajaran ini cocok diterapkan untuk beberapa pelatihan yang memang membutuhkan keahlian, seperti memasak dan cara menawarkan produk kepada pengguna untuk sales.


3. Diskusi


Diskusi juga merupakan salah satu metode pembelajaran yang saat ini cukup sering digunakan. Sesuai dengan namanya dalam metode pembelajaran diskusi, pemberi pelatihan harus memberikan materi pembelajaran dan studi kasus yang akan didiskusikan dengan pengguna. Hal ini bermanfaat untuk membantu pengguna agar bisa memahami materi pelatihan dengan baik.


Salah satu pelatihan yang cocok diterapkan menggunakan metode pembelajaran diskusi adalah cara menentukan metode pembelajaran.


4. Role play atau bermain peran


Metode pembelajaran role play mungkin masih cukup jarang kamu dengar. Padahal faktanya metode pembelajaran ini merupakan salah satu metode pembelajaran yang cukup efektif lho. Karena dengan menerapkan metode pembelajaran ini, peserta bisa dengan lebih mudah memahami dan mempraktekkan materi yang diberikan.


Salah satu pelatihan yang paling cocok diterapkan dengan metode ini adalah cara menawarkan barang melalui telepon untuk sales dan cara memberikan respon atau keluhan dari pengguna untuk seorang customer service.  

 

Menentukan metode pembelajaran yang tepat memang tidak semudah yang dibayangkan. Namun, tidak ada salahnya jika kamu mulai menerapkan beberapa hal di atas. Selain itu, untuk akhirnya bisa benar-benar mendapatkan metode pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan pengguna, jangan ragu untuk terus melakukan evaluasi ya.


Evaluasi ini bisa kamu lakukan setiap 1, 3, atau 6 bulan sekali. Cara melakukan evaluasinya juga tidak terlalu sulit kok, kamu cukup membuat kuesioner singkat yang diberikan kepada beberapa pengguna.


Selain itu, kamu juga bisa mengevaluasi metode pembelajaran dengan cara melihat jumlah pengguna yang sudah mengikuti pelatihan. Jika ternyata ada satu atau beberapa pelatihan yang memiliki jumlah pengguna sedikit, maka tidak ada salahnya jika kamu mulai mencari metode pelatihan yang lain. 


Referensi



https://resilienteducator.com/classroom-resources/5-types-of-classroom-teaching-styles/

https://www.indeed.com/career-advice/career-development/teaching-methods


Artikel Lainnya

©2020-2022 Pijar Mahir. All Right Reserved