Tak hanya pria saja, banyak pengusaha wanita yang sukses membangun bisnisnya dari nol. Di Indonesia sendiri ada banyak pengusaha sukses wanita yang bisa dijadikan inspirasi. Pengusaha wanita Indonesia ini bahkan sudah dikenal di kancah internasional dengan segudang prestasinya lho.
Penasaran?Menurut data Mastercard Index of Women Entrepreneurs 2019, perempuan Indonesia berada dalam fase "kesetaraan gender dalam level praktik kewirausahaan". Akan tetapi fase kesetaraan gender tersebut tetap memiliki sejumlah hambatan berbasis gender.
Baca juga: 10 Bisnis Raffi Ahmad dan Nagita Slavina yang Cuan
Dalam dokumen yang diterbitkan The World Bank, para pengusaha perempuan harus berhadapan dengan problem kesenjangan pembiayaan dibanding pengusaha laki-laki. Padahal, mendukung para wirausaha wanita adalah hal krusial bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia.
Yuk, mari bersama-sama menyimak kisah para pengusaha wanita Indonesia menghadapi berbagai rintangan dan sukses berada di puncak kariernya.
10 Pengusaha Sukses Wanita Asal Indonesia
Nama Martha Tilaar mungkin sudah tidak asing di telinga kamu, salah satu figur pengusaha wanita yang sukses di bidang skincare dan makeup . Selain Martha Tilaar, kamu bisa mendapatkan inspirasi dari 9 pengusaha sukses wanita lainnya!
Nurhayati Subakat, Wardah
Jika kamu pernah memakai produk seperti Wardah, Putri, dan Make Over, maka kamu sedang memakai produk buatan Nurhayati Subakat.
Pengusaha sukses wanita asal Indonesia ini melahirkan brand kosmetik ternama Wardah dari nol. Hal ini ini bermula ketika lulus dari farmasi dan berkarier di bidang kosmetik.
Namun, dia hanya bekerja sebentar dan memutuskan membangun usaha kosmetik sendiri. Meski sempat mengalami kerugian besar, Nurhayati terus bertahan dan Wardah kini menjadi salah satu brand kosmetik terbesar di Tanah Air.
Martha Tilaar, Sariayu
Martha Tilaar adalah pendiri perusahaan kosmetik terkemuka dan berbagai layanan kecantikan Martha Tilaar Group.
Martha memulai bisnisnya dari nol dan modal kecil dengan mengubah garasi rumahnya sendiri. Setelah lulus dari akademi kecantikan di Amerika Serikat, dia langsung mewujudkan usaha yang dicintainya.
Seiring perjalanan waktu, Martha Tilaar Group pun menjadi brand kosmetik terkemuka di Indonesia. Sariayu merupakan produk andalan Martha Tilaar.
Diajeng Lestari, HijUp
Diawali dari kesulitannya mencari baju muslimah berkualitas, Diajeng Lestari lantas membangun ecommerce yang berfokus menjual baju dan aksesori khusus muslimah Indonesia bernama HijUp.
Berdiri pada 2011, HijUp menawarkan produk-produk dari berbagai brand ternama dan sudah merambah ke pasar luar negeri.
Dea Valencia, Batik Kultur
Dea Valencia mendirikan brand fesyen Batik Kultur yang berfokus pada kain batik khas Indonesia. Menariknya lagi, setengah dari karyawan Dea adalah penyandang disabilitas.
Dea menilai, penyandang disabilitas memiliki kemampuan yang luar biasa dan berhak mendapat perlakuan yang sama dengan orang normal lainnya.
Aulia Halimatussadiah, Nulisbuku
Aulia Halimatussadiah mencetuskan Nulisbuku berawal dari kepeduliannya kepada penulis yang mengalami kesulitan ketika ingin menerbitkan buku.
Pada 8 Oktober 2010, Aulia bersama tiga rekannya, Brilian Yoteenega, Oka Pratama, dan Angel secara resmi meluncurkan self publishing Nulisbuku.com.
Nabilah Alsagoff, DOKU
Pengusaha sukses wanita asal Indonesia lainnya adalah pendiri DOKU, yaitu Nabilah Alsagoff. DOKU merupakan perusahaan pembayaran online yang sudah digunakan berbagai perusahaan besar di Indonesia dan Asia, seperti AirAsia dan Sinar Mas.
Meski sudah nyaman bekerja di Kementerian Pariwisata Indonesia, Nabilah keluar dari zona nyaman dan mengejar mimpinya untuk membuat perusahaan sendiri.
Amanda Cole, Sayurbox
Amanda Cole adalah otak di balik perusahaan Sayurbox. Sebagai pengusaha perempuan, Amanda Cole terhitung sebagai nama baru dalam dunia bisnis Indonesia. Walau begitu, Amanda Cole berhasil menunjukkan bahwa bisnisnya merupakan salah satu terobosan penting dalam industri pertanian.
Sayurbox adalah aplikasi yang menghubungkan langsung petani dengan konsumen produk pertanian. Bagi para petani, sayurbox berhasil memotong sekian banyak jalur distribusi produk pertanian. Dengan demikian, para petani berhasil menjual produk taninya dengan harga yang lebih pantas dari sebelumnya.
Ide brilian Amanda Cole dalam sayurbox menjadikannya sebagai salah satu anak muda yang masuk dalam Forbes Under 30 dalam kategori Industry, Manufacturing & Energy 2019.
Hanifah Ambadar, Female Daily Network
Berawal dari hobi menulis, Hanifa Ambadar lantas membangun kanal Female Daily Network untuk memberikan informasi edukatif yang berkaitan dengan perempuan pada 2005.
Hingga kini, kanal bikinan Hanifa tetap menjadi salah satu rujukan bagi siapa saja yang ingin mencari informasi tentang tips kecantikan, review produk kosmetik, hingga berjejaring dengan komunitas yang membahas isu tertentu.
Jessica Lin, Everwhite
Pengusaha sukses wanita satu ini juga sukses lewat bisnis kosmetik. Jessica Lin berangkat dari produk skincare dan bodycare untuk mendirikan Everwhite pada 2016.
Kini, produknya telah masuk ke pasar Singapura. Atas kesuksesan tersebut, Jessica pun masuk dalam daftar Forbes 30 Under 30 Asia 2021.
Shinta Nurfauzia, Lemonilo
Shinta Nurfauzia adalah Co-CEO & Co-Founder Lemonilo, sebuah merek gaya hidup dan produk konsumen berbasis kesehatan. Produk Lemonilo yang mudah ditemui di pasaran adalah mi instan sehat. Produk mi instan Lemonilo dibuat dengan orientasi sebagai produk terjangkau, sehat, dan praktis.
Shinta Nurfauzia memiliki latar belakang pendidikan hukum. Shinta juga pernah bekerja sebagai pengacara atau konsultan hukum. Perpindahan jalur Shinta dari karyawan menjadi wirausaha kuliner dimulai di 2016.
Lemonilo adalah bisnis kuliner pertama Shinta yang langsung sukses disambut pasar karena inovasinya. Lemonilo dianggap sukses bermain di ceruk pasar mi instan sehat. Ceruk pasar mi instan sehat ini, umumnya, diisi oleh ibu rumah tangga yang sadar akan isu kesehatan dalam mi instan.
Walau dikenal dengan produk mi instan sehat, Lemonilo juga mengeluarkan sederet produk makanan lain seperti, kaldu penyedap makanan, kopi, cemilan kacang, dan berbagai produk lain. Variasi produk Lemonilo tersebut terbagi dalam 4 kategori utama yaitu, mi, bahan dapur, cemilan, dan minuman.
Nah, itulah beberapa pengusaha sukses wanita asal Indonesia yang menginspirasi. Tertarik memulai usaha dari nol atau mengembangkan keterampilan berusaha? Yuk, cek berbagai pelatihan menjadi wirausaha di Pijar Mahir.