Beli di aplikasi dan dapatkan promo menarik

Blog

| Content Writer

Penyebab dan 7 Cara Mengatasi Holiday Stress

Kamu sulit konsentrasi dan tidak semangat bekerja menjelang liburan akhir tahun? Hati-hati bisa jadi kamu menderita holiday stress. Jika dibiarkan hal ini bisa menurunkan produktivitas kerja. Namun, jangan khawatir karena holiday stress dapat diatasi dengan beberapa cara di bawah ini.

Holiday stress adalah suatu kondisi yang terjadi ketika seseorang mengalami stres menjelang liburan. Kondisi ini tidak hanya bisa terjadi menjelang liburan akhir tahun, tetapi juga di musim libur panjang lainnya, misalnya libur lebaran.

Meskipun terlihat sederhana, jika dibiarkan holiday stress bisa menyebabkan beberapa dampak negatif, seperti menurunkan produktivitas kerja dan menyebabkan stres yang berkepanjangan.

Gejala dan penyebab holiday stress

Selain hilang konsentrasi dan semangat kerja menurun, holiday stress juga bisa ditandai dengan beberapa gejala, seperti:

  • Perubahan perilaku, seperti menjadi mudah tersinggung atau menjadi tidak ingin berkomunikasi dengan rekan kerja
  • Tubuh mudah lelah
  • Kehilangan fokus saat bekerja
  • Merasa lebih tegang saat bekerja
  • Sering tidak masuk kantor karena alasan yang kurang jelas, misalnya hanya karena malas untuk bekerja
  • Mudah merasa cemas dan sedih
  • Sulit tidur
  • Sakit kepala

·Holiday stress biasanya disebabkan oleh beban kerja yang masih banyak menjelang liburan, beban pikiran tentang banyaknya uang yang harus dikeluarkan untuk liburan dan tuntutan untuk memiliki mood atau suasana hati yang selalu ceria di hari libur.

Selain itu, holiday stress juga biasanya disebabkan oleh pengalaman kehilangan orang terdekat beberapa saat sebelum liburan. Hal ini bisa menyebabkan seseorang stres karena merasa liburan tidak akan pernah sama lagi tanpa orang terdekat.

Cara mengatasi holiday stress

Holiday stress memang bisa sangat mengganggu aktivitas sehari-hari, khususnya aktivitas saat mengerjakan semua pekerjaan di kantor. Namun, jangan khawatir karena pada dasarnya ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi holiday stress, yaitu:

1. Cari tahu penyebab stres

Hal pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi holiday stres adalah dengan mencari tahu penyebab stres. Caranya dengan menuliskan beberapa hal yang menyebabkanmu merasa stres dan solusinya di buku catatan. Misalnya stres karena beban pekerjaan yang banyak atau beban finansial yang berat. Setelah itu tuliskan juga solusinya, misalnya dengan mulai mencicil pekerjaan atau menabung uang untuk liburan.

Agar kamu bisa berpikir lebih jernih saat menuliskan penyebab stres, ada baiknya saat melakukan hal ini kamu pergi ke tempat yang tidak terlalu ramai dikunjungi orang. Misalnya kafe yang tidak banyak pengunjung atau perpustakaan. Selain itu, usahakan juga kamu benar-benar sendiri dan tidak didampingi oleh siapapun saat mencoba menemukan penyebab stres. Karena hal ini juga bisa membuatmu berpikir lebih jernih.

2. Tentukan skala prioritas

Jika menjelang akhir tahun beban pekerjaanmu masih sangat banyak, jangan khawatir karena kamu bisa mengatasinya dengan cara menyusun prioritas. Caranya dengan menuliskan di buku catatan, pekerjaan apa saja yang sangat mendesak untuk dikerjakan sebelum liburan dan tuliskan juga durasi serta kapan deadline dari setiap pekerjaan.

Bila setelah menyusun skala prioritas, ternyata ada pekerjaan yang sebenarnya masih bisa ditunda untuk dikerjakan setelah liburan, jangan ragu untuk meminta izin kepada atasan agar atasan memberikan kelonggaran kepadamu untuk bisa mengerjakan pekerjaan tersebut setelah libur akhir tahun.

Setelah itu, kamu bisa mengerjakan pekerjaan yang sudah akan mendekati deadline terlebih dahulu. Meskipun terlihat sederhana, faktanya hal ini benar-benar efektif untuk mengatasi stres.

3. Jalani pola hidup sehat

Sesibuk apapun kamu menyiapkan jadwal liburan dan mengerjakan tugas di kantor, jangan lupa untuk selalu menjalani pola hidup sehat ya. Misalnya dengan mengonsumsi makanan sehat (seperti buah dan sayur), tidur yang cukup, olahraga yang teratur, dan cukupi kebutuhan cairan dengan mengonsumsi 2,5 liter air putih setiap hari. Karena hal ini benar-benar telah terbukti efektif menurunkan kadar hormon stres dalam tubuh.

4. Cek kondisi finansial

Bila ternyata penyebab kamu mengalami stres adalah karena kondisi finansial, hal penting yang perlu kamu lakukan adalah mengecek kondisi finansial. Setelah itu, kamu bisa menentukan budget liburan yang sesuai dengan kondisi finansial. Ingat, jangan terlalu memaksakan diri untuk liburan yang mewah jika ternyata kondisi finansialmu tidak memungkinkan. Karena hal ini justru bisa menyebabkan stres yang berkepanjangan di masa depan.

5. Berani berkata “Tidak”

Salah satu hal sederhana yang sulit dilakukan untuk beberapa orang adalah berkata “Tidak” pada tuntutan pekerjaan yang diberikan atasan. Padahal sebagai karyawan kamu hanya punya hak untuk menolak pekerjaan kok, terlebih jika pekerjaan yang diberikan sudah lewat pukul 8 malam atau diberikan saat weekend. Berani berkata “Tidak” ternyata juga sangat bermanfaat untuk mengatasi holiday stress.

6. Sisipkan waktu istirahat saat bekerja

Menyisipkan waktu untuk istirahat sejenak di tengah padatnya aktivitas ternyata sangat bermanfaat untuk mengurangi stres. Oleh karena itu, jangan lupa untuk mengambil istirahat

singkat setiap 3 jam sekali saat bekerja. Durasi istirahatnya juga gak perlu lama, yaitu 5-10 menit untuk sekedar bersantai dan membuka media sosial atau membaca buku juga sudah cukup untuk membuat hidupmu terasa lebih seimbang.

7. Cerita dengan orang terdekat

Tidak semua masalah harus kamu tanggung sendiri kok. Ada kalanya kamu harus berbagi sedikit keluh kesah yang kamu rasakan kepada orang terdekat yang kamu percaya. Misalnya keluarga, sahabat, atau pasangan. Coba ceritakan semua hal yang membuat kamu stres saat bekerja ke orang terdekat.

Kadang saat bercerita, kamu memang tidak selalu mendapatkan solusi. Tapi setidaknya beban dan stres yang sedang kamu rasakan bisa sangat berkurang. Saat stres seseorang juga biasanya hanya perlu didengar tanpa di nasihati atau diberikan solusi.

Meskipun kadang terlihat sederhana, holiday stress ternyata bisa membawa dampak buruk untuk Kesehatan dan pekerjaan kan. Oleh karena itu, jika mengalami holiday stress tidak ada salahnya jika kamu segera melakukan beberapa hal di atas.

Referensi

https://www.healthline.com/health/holiday-stress

https://www.verywellmind.com/holiday-blues-4771716

https://work.doordash.com/the-lunch-break/15-tips-to-reduce-holiday-stress-at-work

https://hive.com/blog/holiday-stress-at-work/

Artikel Lainnya

©2020-2022 Pijar Mahir. All Right Reserved