Beli di aplikasi dan dapatkan promo menarik

Blog

| Content Writer

Pindah Kantor Baru? Ini 7 Cara Mudah Beradaptasi

Kamu ingin tahu cara mudah beradaptasi di kantor agar bisa merasa nyaman dan mudah berbaur dengan rekan kerja yang lain? Kalau iya, yuk cari tahu cara beradaptasi di kantor baru berikut ini.

Saat baru pertama kali masuk kantor baru kamu pasti akan sedikit merasa gugup dan khawatir. Namun, disisi lain juga tidak sabar untuk segera bisa bergaul dengan lingkungan kerja yang baru. Jika kamu mengalami hal ini, berusahalah untuk tidak menghindari perasaan yang ‘menghantui’ tersebut dan nikmatilah setiap momen yang kamu alami di kantor baru. Karena suatu saat nanti kamu akan sangat merindukan masa-masa ini.

Cara beradaptasi dengan kantor baru

Menerapkan cara beradaptasi di kantor baru tidak hanya bermanfaat untuk memudahkanmu mengerjakan semua pekerjaan dengan baik, tapi juga akan membuatmu merasa lebih nyaman dengan lingkungan kerja. Karena untuk beberapa orang perasaan nyaman di lingkungan kerja akan sangat bermanfaat untuk meningkatkan produktivitas kerja dan membuat diri sendiri lebih betah bekerja.

Pada dasarnya cara beradaptasi dengan kantor baru di bawah ini, tidak hanya cocok dipraktikkan saat kamu sudah bekerja di kantor, tapi juga saat kantor kamu masih menerapkan kerja dari rumah atau work from home.

Beberapa cara yang bisa dengan mudah kamu lakukan untuk beradaptasi dengan kantor baru, yaitu:

1. Cari mentor

Hal pertama yang perlu kamu lakukan untuk beradaptasi di kantor adalah menemukan mentor atau orang yang bisa percaya dan akan membantumu beradaptasi dengan pekerjaan. Mentor yang dimaksud disini, tidak harus selalu atasan langsung ya. Jika kamu sungkan untuk berkomunikasi atau bertanya mengenai banyak hal pada atasan, kamu bisa menjadikan rekan kerja yang sudah lama bekerja di perusahaan sebagai mentor.

 

2. Jangan malu bertanya

Ada pepatah yang mengatakan bahwa “Tak kenal maka tak sayang”. Pepatah ini cocok banget kamu praktikkan saat masuk ke lingkungan kerja. Karena rajin bertanya mengenai pekerjaan akan sangat memudahkanmu untuk beradaptasi dengan lingkungan dan pekerjaan yang akan kamu lakukan. Selain itu, hal ini juga bermanfaat untuk membuatmu bisa melakukan pekerjaan dengan lebih baik.

Walaupun biasanya di beberapa kantor, karyawan diberikan kelonggaran selama beberapa hari atau minggu, jika belum bisa mengerjakan pekerjaan dengan baik karena dinilai karyawan masih beradaptasi, terlebih jika kamu adalah fresh graduate.

Kamu juga bisa bertanya mengenai hal-hal yang tidak selalu berhubungan dengan pekerjaan ya, misalnya apa saja peraturan di kantor dan dimana biasanya karyawan membeli makan siang. Karena meskipun terlihat sederhana hal inilah yang justru akan sangat memudahkanmu untuk bisa berbaur dengan rekan kerja.

3. Jangan ragu untuk ngobrol dengan rekan kerja

Kerja dari rumah bukan halangan untuk tidak bisa membangun relasi dan ngobrol dengan rekan kerja kok. Karena kamu bisa menggunakan whatsapp ataupun Zoom atau Google hangout untuk sekedar mengobrol dengan rekan kerja satu tim.

Karena tanpa disadari membangun relasi dengan rekan kerja akan membuatmu nyaman, dan mudah beradaptasi di kantor yang baru. Saat mengobrol dengan rekan kerja jangan lupa juga untuk mengenali karakternya ya. Setelah itu, kamu bisa menyesuaikan diri dengan rekan kerja sehingga bisa diterima dengan baik.

4. Kenali budaya kantor

Setiap kantor memiliki budaya dan kebiasaannya masing-masing. Oleh karena itu, di hari-hari pertama kerja kamu harus bisa mengenali kebiasaan yang ada di kantor dengan sangat baik. Karena hal ini sangat memudahkanmu untuk beradaptasi dan bisa membuatmu merasa lebih nyaman saat bekerja.

5. Belajar sebanyak-banyaknya

Salah satu hal lain yang juga harus kamu lakukan agar bisa lebih mudah beradaptasi adalah dengan belajar sebanyak-banyaknya tentang tugas utama kamu dan karakter kantor. Terlebih jika kamu baru saja pindah posisi atau bidang di kantor yang baru. Oleh karena itu, jangan lupa untuk belajar sebanyak-banyaknya, misalnya dengan mengikuti pelatihan kerja ataupun belajar secara otodidak dari materi yang ada di internet.

Selain itu, kamu juga harus bisa mempelajari karakter kantor dengan sebaik-baiknya, terlebih jika kamu pindah ke jenis perusahaan yang berbeda, misalnya saja jika kantor kamu yang lama adalah perusahaan konvensional dan perusahaan tempat kamu bekerja yang baru adalah startup.

 

6. Selalu bersedia jika dimintai tolong

Cara lain yang bisa kamu lakukan untuk beradaptasi dengan kantor baru adalah dengan selalu bersedia jika dimintai tolong. Karena hal ini akan memberikan kesan yang baik untuk rekan kerja dan memudahkanmu untuk bisa beradaptasi dengan lingkungan baru.

Bahkan meskipun kadang tugas yang diberikan belum kamu pahami sepenuhnya, jangan langsung menolak. Karena kamu bisa mempelajari terlebih dahulu pekerjaan yang diberikan.

7. Selalu bersikap ramah

Sikap yang satu ini memang tidak hanya wajib kamu terapkan saat menjadi pegawai baru saja, tapi seterusnya bahkan ketika kamu sudah menjadi karyawan senior sekalipun. Sikap ramah yang sebaiknya selalu kamu lakukan adalah selalu menyapa dan tersenyum dengan semua orang di kantor, bahkan kepada orang-orang yang bahkan belum kamu kenal dengan baik, misalnya satpam dan office boy.

Bersikap ramah tidak hanya bermanfaat untuk memudahkanmu melakukan adaptasi saja, tetapi juga secara tidak langsung akan memudahkanmu meminta bantuan jika kedepannya kamu mengalami kesulitan di kantor.

Setiap orang memiliki waktu beradaptasinya masing-masing, hingga akhirnya merasa nyaman di kantor. Ada yang memerlukan waktu beberapa baru, minggu, dan bahkan bulan. Oleh karena itu, jangan terlalu membebani diri dengan memaksakan diri untuk harus bisa cepat beradaptasi di kantor.

Selain itu, beradaptasi dengan kantor yang baru memang tidak semudah yang dibayangkan. Terlebih jika di kantor yang lama kamu sudah merasa memiliki ikatan batin yang kuat. Namun tidak ada salahnya jika kamu mulai sedikit membuka diri dan melakukan beberapa cara beradaptasi di kantor baru. Sehingga lambat laun kamu bisa mudah merasa nyaman, betah, dan menemukan ‘keluarga’ baru.

Referensi

https://www.searchwizards.com/2019/10/28/5-ways-you-can-adapt-to-a-new-work-environment/

https://www.robertwalters.be/career-advice/adjusting-to-a-new-boss-or-job.html

https://ensearch.com/8-strategies-for-adjusting-to-new-work-environment/
 

Artikel Lainnya

©2020-2022 Pijar Mahir. All Right Reserved