Beli di aplikasi dan dapatkan promo menarik

Blog

| superadmin

Siapa Bilang Kamera Minimalis Nggak Bisa Menghasilkan Foto Bagus? Simak Yuk Caranya!

Hasil foto yang bagus pasti membuat kamu merasa nyaman saat melihatnya bukan? Jika kamu termasuk orang yang menggemari fotografi maka kualitas foto yang dihasilkan adalahi hal terpenting kan.  

Jangan salah lho, foto yang bagus selain membuat kita merasa puas juga bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan passive income! Terlebih jika kamui penyuka fotografi juga bisa menjualnya ke penyedia layanan stok foto di internet.  

Sudah banyak orang-orang yang berhasil menjual hasil karya fotografi mereka di internet. Ini pun bisa kamu lakukan jika tertarik menjualnya dan bukan untuk koleksi pribadi. Tapi, gimana sih caranya membuat hasil foto yang bagus dan bernilai jual? 

Hal Yang Harus Diperhatikan Untuk Menghasilkan Foto Yang Bagus

Menghasilkan foto berkualitas dan menarik kini nggak melulu harus pakai kamera profesional
yang harganya selangit lho. Sebab kamu bisa mewujudkannya cukup dengan memanfaatkan gadget kesayanganmu saja.  

Nah, di bawah ada beberapa trik yang bisa kamu coba untuk menghasilkan foto yang bagus. Langsung saja, simak yuk ulasanya berikut : 

1. Pastikan Pencahayaan Cukup 

Salah satu trik untuk menyiasati kualitas hasil gambar yang kamu bidik adalah berada di ruangan yang cukup cahaya ya. Sebenarnya cahaya alami yang bisa kamu gunakan adalah cahaya matahari.  

Selain sinar matahari, kamu juga bisa memainkan beberapa trik sederhana untuk mengontrol pencahayaan di dalam ruangan dengan baik ya. 

Jika ingin memotret objek di luar ruangan tetap perhatikan intensitas sinar matahari yang didapat ya. Hal ini agar memberikan hasil foto berkualitas. Begitupun ketika memotret di dalam ruangan, cari ruangan yang mendapat cahaya matahari yang cukup.  

Kalaupun nggak, kamu bisa menyiasati dengan memanfaatkan lampu tambahan atau reflector misalnya. Semua trik ini bisa kamu lakukan sehingga hasil foto berkualitas. Teknik pencahayaan yang sempurna baik itu menggunakan cahaya alami maupun cahaya buatan akan bikin fotomu bagus! 

2. Dekati Objeknya, Jangan Zoom 

Oh iya, fitur zoom pada kamera memang berfungsi untuk bisa melihat objek lebih dekat dan detail. Tapi sebenarnya teknik fotografi dengan zoom tidak begitu disarankan ya. Apalagi bagi kamu yang memiliki ponsel dengan kualitas kamera pas-pasan. 

Ini akan membuat objek yang jelas justru terlihat blur. Maka dari itu buat semuanya secara alami ya. Buat agar objek yang dilihat lebih jernih dan detail dengan mendekati objeknya dan bukan dengan zoom. 

3. Bidik dari Berbagai Angle 

Teknik ini biasanya sering digunakan oleh fotografer-fotografer profesional lho. Mereka kerap menggunakan beberapa sudut pandang saat memotret. Inilah yang dinamakan dengan angle. Angle sendiri maksudnya adalah sudut pandang atau sudut bidik dalam ilmu fotografi.  

Bagi kamu yang sedang belajar bisa banget coba pakai teknik yang satu ini ya. Dengan
memotret objek dari berbagai angle atau sudut bidikan, bisa membuatmu lebih mudah menilai angle mana yang paling tepat untuk objek.  

Kamu bisa menyeleksi foto yang dihasilkan setelahnya. Biasanya setiap foto yang diambil dari sudut berbeda juga akan memberikan kesan yang juga berbeda. Inilah seni dalam dunia fotografi yang unik. 

Kamu juga bisa memotret dari berbagai arah seperti dari atas objek atau ambil sudut beberapa dari samping kanan dan kiri. Silahkan cari yang paling pas sesuai kreativitasmu ya. Selain itu, maksimalkan pula sudut bidiknya agar hasilnya lebih maksimal. 

Jangan lupa eksplorasi objek yang akan di foto lewat berbagai sudut atau angle hingga kamu menemukan mana sudut yang tepat. 

4. Manfaatkan High Resolution 

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya di atas, bahwa kamera ponsel terbaru kini sudah dilengkapi fitur high resolution camera layaknya fitur pada kamera professional dan canggih. Nah, nggak ada salahnya dong jika Kamu memanfaatkan fitur yang satu ini di kamera hpmu! 

Dengan hp yang fitur kameranya handal nggak perlu lagi harus beli kamera DLSR atau kamera canggih. Jika ingin menghasilkan gambar atau foto high resolution, cukup manfaatkan saja fitur tersebut di hpmu sebelum memotret.  

Tapi sebelumnya, pastikan dulu kapasitas memori hpmu ya. Sebab semakin besar resolusi gambar yang kamu buat, maka memerlukan ukuran file yang lebih besar pula. 

5. Gunakan Tripod Agar Kamera Stabil 

Memotret dengan hp juga memungkinkanmu untuk memanfaatkan tripod lho. Nah, tripod inilah yang dijadikan sebagai tiang penyangga pada hpmu supaya tidak bergerak atau bergetar saat memegang ponsel untuk membidik objek.  

Alhasil, objek yang difoto akan lebih jelas karena saat memotret menjadi lebih fokus. Alat yang satu ini sangat penting untuk menstabilkan kamera saat membidik objek. 

Ikuti Kursus Dan Kelas Bersertifikat Membuat Foto Produk Menarik Hanya Dengan Smartphone Yuk!

Selain tips di atas, kamu juga bisa mengikuti kursus ataupun workshop membuat foto produk menarik lho. Hal tersebut bisa menambah pengetahuan kamu bagaimana teknik pengambilan foto yang baik. Sertifikat yang kamu dapatkan dari mengikuti kelas online pun bisa kamu cantumkan lho! 

Langsung aja pilih kelasnya deh! Kamu bisa mendapatkan kelas bersertifikat di Pijar Mahir. Yuk! Upgrade pengetahuan di bidang fotografi sekarang!  

Nah, itu dia tips menghasilkan foto yang bagus. Ingat! Yang paling penting adalah pencahayaannya ya. Yuk, saatnya belajar membuat foto menarik hanya menggunakan smartphone dan temukan peluang menarik lain! Jangan lupa terus upgrade skill kamu ya!  

 

Referensi : 

https://www.blibli.com/friends/blog/foto-aesthetic-dengan-kamera-polaroid/ 

https://gizmologi.id/tips/9-cara-foto-yang-bagus-hp-android/ 

https://www.tokopedia.com/blog/jenis-jenis-kamera-tek/ 

 

Artikel Lainnya

©2020-2022 Pijar Mahir. All Right Reserved