Beli di aplikasi dan dapatkan promo menarik

Blog

| Content Writer

Ssst, Ini 5 Cara Mengatasi dan Mencegah Burnout Saat Kerja

Kamu mudah stres dan sakit saat bekerja? Hati-hati itu bisa menjadi tanda kamu mengalami burnout. Namun, jangan khawatir karena ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi burnout. Yuk, cari tahu cara mengatasi dan mencegah burnout di bawah ini.

Burnout adalah kelelahan fisik atau emosional jangka panjang yang dirasakan seseorang saat bekerja. Bisa dibilang burnout merupakan dampak jangka panjang dari stres saat bekerja yang tidak berhasil di atasi dengan baik. Selain mudah stres dan sakit, burnout juga ditandai dengan beberapa hal, seperti mudah marah, mudah lelah, produktivitas kerja menurun, dan menurunnya performa kerja.

Burnout juga umumnya bisa dipicu oleh beberapa hal seperti lingkungan kerja yang tidak nyaman, jenuh dengan pekerjaan, beban kerja yang sangat berat, dan terlalu sering lembur.

Berbagai cara mengatasi burnout

Burnout memang bukan gangguan kesehatan yang serius. Namun, Jika dibiarkan burnout bisa membuatmu menderita depresi atau gangguan kesehatan lainnya. Oleh karena itu, jika kamu mengalami gejala burnout, yuk segera lakukan beberapa cara mengatasi burnout di bawah ini:

1. Ambil cuti

Jika gejala burnout yang kamu rasakan sudah terasa semakin parah dan malah semakin menurunkan performa kerja di kantor, tidak ada salahnya bila kamu mengambil cuti selama beberapa hari. Saat cuti usahakan untuk menonaktifkan gadget, terutama gadget yang biasanya kamu gunakan untuk bekerja. Karena kadang hal ini bisa membuatmu merasa terus ‘dihantui’ oleh pekerjaan, meskipun atasanmu mungkin tidak akan menghubungimu saat cuti.

Untuk menghabiskan cuti kamu gak harus berlibur ke luar kota atau ke tempat-tempat wisata kok. Kadang cuti untuk sekedar tidur dan istirahat di rumah satu harian sudah cukup untuk mengatasi burnout yang kamu rasakan. Intinya saat cuti gunakan waktu tersebut dengan sebaik mungkin untuk menenangkan pikiran dan mengisi kembali tenaga yang sempat terkuras.

2. Lakukan hobi atau hal yang kamu sukai

Salah satu cara paling mudah yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi burnout adalah dengan melakukan hobi atau hal yang disukai. Menariknya lagi hal ini bisa kamu lakukan setiap hari setelah pulang kerja. Misalnya saja jika kamu hobi melukis, maka di malam hari setelah pulang kerja kamu bisa menghabiskan waktu untuk melukis.

Di akhir pekan kamu juga bisa dengan bebas melakukan hobi selama satu hari penuh. Karena meskipun terlihat sederhana, melakukan hobi ternyata merupakan salah satu cara paling efektif untuk mengatasi burnout dan bisa membuat pikiran menjadi lebih segar.

3. Ganti suasana kerja

Di tengah pandemi COVID-19 saat ini, banyak perusahaan yang menerapkan aturan kerja dari rumah (work from home) atau kerja dari mana saja (work from anywhere), untuk itu kamu bisa memanfaatkan hal ini dengan mengganti suasana kerja.

Jika selama ini kamu sudah sangat jenuh kerja dari rumah, tidak ada salahnya jika kamu mengganti suasana kerja dengan kerja dari kafe atau co-working space. Karena mengganti suasana kerja sangat bermanfaat untuk membuat pikiran menjadi lebih segar dan mengatasi rasa jenuh.

Bila saat ini kamu sedang kerja di kantor, kamu juga bisa mengganti suasana kerja. Caranya dengan kerja di pantry atau silent room yang ada di kantor.

4. Cerita dengan orang terdekat

Ada kalanya kamu harus berbagi sedikit keluh kesah yang kamu rasakan kepada orang terdekat yang kamu percaya. Misalnya keluarga, sahabat, atau pasangan. Coba ceritakan semua hal yang membuat kamu stres atau suntuk saat bekerja ke orang terdekat.

Kadang saat bercerita, kamu memang tidak selalu mendapatkan solusi. Tapi setidaknya beban dan stres yang sedang kamu rasakan bisa sangat berkurang. Saat stres seseorang juga biasanya hanya perlu didengar tanpa dinasihati atau diberikan solusi.

5. Kerjakan pekerjaan tepat waktu

Kadang salah satu penyebab seseorang mengalami burnout adalah karena sering lembur atau bekerja di luar jam kerja. Untuk mengatasi hal ini kamu bisa mengerjakan pekerjaan tepat waktu dan jauh sebelum mendekati deadline yang ditentukan, sehingga kamu bisa terhindar dari lembur.

Jika kamu masih memiliki waktu luang setelah menyelesaikan semua pekerjaan, maka gunakan waktu tersebut untuk istirahat atau melakukan hobi.

 

Yuk, cegah burnout datang kembali

Kamu juga bisa mencegah burnout datang kembali dengan melakukan beberapa cara di bawah ini:

1. Istirahat yang cukup

Ayo coba ingat-ingat lagi berapa durasi rata-rata tidurmu setiap hari? Kalau ternyata kurang dari 7 jam, ada baiknya kamu mulai menghentikan kebiasaan ini ya. Karena tubuh yang lelah bisa menjadi salah satu pemicu burnout. Jadi usahakan untuk tidur minimal 6 jam setiap hari ya. Namun, alangkah baiknya jika kamu bisa tidur 7-8 jam setiap hari.

2. Konsumsi makanan bergizi

Sesibuk-sibuknya kamu saat bekerja, jangan lupa untuk mengonsumsi makanan bergizi, seperti sayur dan buah ya. Karena mengonsumsi makanan yang bergizi akan membuatmu tetap sehat dan terhindar dari rasa lelah. Jangan lupa juga untuk menghindari mengonsumsi makanan yang kurang sehat, seperti makanan berlemak atau banyak mengandung gula.

3. Rajin olahraga

Kalau ternyata kamu sudah lama tidak berolahraga, yuk mulai lakukan lagi kebiasaan ini. Gak perlu olahraga yang lama dan susah kok. Kadang jalan kaki 5-15 menit saja sudah cukup ampuh untuk mencegah burnout kok.

4. Dengarkan musik favorit

Meskipun terlihat sederhana mendengarkan musik favorit saat bekerja ternyata bisa bermanfaat untuk mencegah burnout lho. Hal ini karena mendengarkan musik favorit saat bekerja bermanfaat untuk membuat tubuh lebih rileks dan pikiran lebih segar, sehingga kamu akan terhindar dari burnout.

Burnout saat bekerja memang merupakan hal yang sangat umum terjadi. Namun, jangan biarkan hal ini terus kamu alami ya. Karena burnout bisa membawa dampak negatif untuk tubuh. Jangan lupa juga untuk melakukan beberapa cara di atas untuk mencegah dan mengatasi burnout.

Referensi

https://www.helpguide.org/articles/stress/burnout-prevention-and-recovery.htm

https://www.inc.com/john-rampton/8-ways-to-get-over-job-burnout-without-leaving.html

https://www.thebalancecareers.com/how-to-deal-with-work-burnout-4142144

https://www.verywellmind.com/stress-and-burnout-symptoms-and-causes-3144516#signs-and-symptoms
 

Artikel Lainnya

©2020-2022 Pijar Mahir. All Right Reserved