Beli di aplikasi dan dapatkan promo menarik

Blog

| Content Writer

Ssst, Ini 6 Cara Membuat Artikel SEO

Kamu ingin membuat artikel yang SEO friendly untuk meningkatkan kemungkinan artikel muncul di halaman pertama Google? Kalau iya, yuk coba cari tahu cara membuat artikel SEO di bawah ini.

Artikel SEO (search engine optimization) adalah artikel yang dibuat untuk meningkatkan kemungkinan artikel muncul di halaman pertama Google. Selain untuk memberikan informasi kepada pembaca, artikel SEO biasanya juga digunakan untuk mengenalkan suatu produk atau jasa kepada calon konsumen, sehingga bisa meningkatkan penjualan suatu produk atau jasa.

Ragam cara membuat artikel SEO

Pada dasarnya membuat artikel yang SEO friendly dan bisa muncul di halaman pertama Google tidak sesulit yang dibayangkan kok. Karena ada cara membuat artikel SEO yang bisa kamu lakukan dengan mudah, yaitu:

1. Tentukan topik yang ingin ditulis

Sebelum mencari kata kunci, kamu disarankan untuk mencari tahu topik yang sedang banyak dibicarakan orang, baik secara langsung maupun di media sosial. Namun, bukan berarti kamu hanya perlu membuat artikel dengan topik yang sedang tren saja ya. Karena kamu juga bisa membuat artikel dengan kata kunci atau topik yang biasanya selalu dibutuhkan orang.

Misalnya “Cara menjadi fotografer” atau “Cara membangun UMKM”. Karena memilih topik artikel yang biasanya akan selalu dibutuhkan orang akan membuat artikel selalu dibaca banyak orang.

2. Cari tahu kata kunci yang tepat

Cara lain yang perlu kamu lakukan saat akan menulis artikel SEO adalah dengan mencari kata kunci yang tepat. Setelah menemukan topik yang sedang tren atau topik yang dinilai akan selalu dibutuhkan banyak orang, kamu bisa mulai mencari kata kunci yang tepat. Misalnya jika kamu menemukan topik “Pelatihan kerja”.

Maka cari rekomendasi kata kunci yang masih berhubungan dengan “Pelatihan kerja” di beberapa tools untuk mencari kata kunci. Saat ini ada beberapa tool mencari kata kunci yang bisa dengan mudah kamu gunakan secara gratis, yaitu Ubbersuggest, Word tracker, dan Keyword tools. Selain itu ada juga tool atau alat pencarian kata kunci yang berbayar, yaitu Ahrefs.

3. Gunakan kata kunci yang panjang atau long tail keyword

Saat mencari kata kunci ada dua hal penting perlu kamu lakukan yaitu, pilihlah kata kunci yang panjang atau long tail keyword dan perhatikan search volume kata kunci tersebut. Contoh kata kunci yang panjang adalah “Cara membuat copywriting”, “Pelatihan kerja online”, atau “ Tips membuat CV”. Sedangkan kata kunci yang pendek, adalah “Copywriting”, “Pelatihan kerja” , dan “Membuat CV”.

Menggunakan kata kunci yang panjang akan memperbesar kemungkinan artikel yang kamu tulis masuk halaman pertama Google. Selain itu, menggunakan kata kunci yang panjang juga memungkinkan artikel kamu muncul saat seseorang mencari artikel dengan kata kunci yang pendek, misalnya “Membuat CV”.

Saat mencari kata kunci jangan lupa juga untuk memperhatikan search volume atau perkiraan jumlah orang yang mencari kata kunci tersebut. Jumlah search volume biasanya beragam dari mulai 10-3000. Kamu tidak harus selalu menggunakan kata kunci dengan search volume yang besar karena justru dapat membuat artikel menjadi susah muncul di halaman pertama Google.

Sebaliknya, artikel yang menggunakan kata kunci dengan search volume rendah biasanya lebih mungkin muncul di halaman pertama Google. Namun, tidak ada salahnya juga jika kamu membuat beberapa artikel dengan kata kunci yang search volumenya besar dan kecil.

4. Tulis artikel yang selengkap mungkin

Artikel yang lengkap tidak selalu panjang dan artikel yang panjang tidak selalu lengkap. Jadi, saat menulis artikel usahakan untuk memasukkan informasi yang singkat, padat, jelas, dan selengkap mungkin. Hingga saat ini Google juga tidak pernah mengeluarkan aturan yang tepat mengenai panjang artikel yang SEO friendly.

Biasanya artikel yang bisa muncul di halaman pertama Google memiliki panjang 700-900 kata. Namun, hal ini juga tidak menjadi patokan karena panjang artikel bisa berbeda untuk setiap topik. Misalnya saja artikel tentang karir biasanya memiliki panjang 800-900 kata, sedangkan artikel tentang kesehatan biasanya berkisar 500-800 kata.

5. Masukkan alt images

Alt images adalah kata kunci yang harus dimasukkan dalam gambar di artikel SEO. Hal ini bisa bermanfaat untuk meningkatkan kemungkinan artikel yang kamu buat muncul di kolom “Images” Google. Beberapa artikel bahkan lebih dikenal banyak orang karena gambarnya muncul di halaman pertama Google Images dan bukan karena artikelnya yang masuk di halaman pertama Google.

6. Masukkan internal link dan eksternal link

Hal lain yang tidak boleh terlupakan saat menulis artikel adalah memasukkan internal link dan eksternal link. Internal link adalah tautan yang menghubungkan dua halaman di website yang sama. Sedangkan eksternal link adalah tautan yang menghubungkan dua halaman di website yang berbeda. Kedua hal ini juga sangat bermanfaat untuk membuat artikel SEO semakin baik dan meningkatkan kemungkinan artikel bisa masuk halaman pertama Google.

Contoh sederhana internal link adalah jika kamu membuat artikel dengan tema “Cara membuat artikel copywriter” dan salah satu topik yang dibahas adalah digital marketing, sedangkan artikel digital marketing juga ada di website yang kamu miliki, maka kamu bisa memasukkan link artikel “Digital marketing” di kata tersebut.

Sedangkan contoh sederhana eksternal link adalah kamu memasukkan artikel lain yang memiliki topik serupa dengan artikel yang ditulis. Misalnya jika kamu menulis artikel tentang “Contoh copywriting”, maka kamu bisa memasukkan artikel dari website lain yang juga memiliki topik pembahasan serupa.

Namun, usahakan juga eksternal link yang kamu masukkan tidak memiliki isi yang sama persis dengan artikel yang kamu tulis. Bila perlu, masukkan eksternal link dari website terpercaya, seperti Forbes atau WHO, karena hal ini bisa meningkatkan kemungkinan artikel kamu masuk dalam halaman pertama Google.

Membuat artikel yang SEO friendly memang tidak langsung menjamin artikel yang kamu tulis akan langsung banyak dibaca orang. Namun, tidak ada salahnya jika kamu mulai mempraktikkan cara membuat artikel SEO agar meningkatkan kemungkinan artikel kamu bisa muncul di halaman pertama Google.

 
 

Artikel Lainnya

©2020-2022 Pijar Mahir. All Right Reserved