Beli di aplikasi dan dapatkan promo menarik

Blog

| iProspect

Strategi Marketing Bisnis Clothing yang Efektif di Era Digital

bisnis clothing

Rasanya sudah banyak bisnis clothing dalam negeri yang sukses bahkan hingga mancanegara. Sebut saja Cottonink dan Liunic, kedua clothing brand ini bisa menginspirasimu, lho. Nah, salah satu yang bisa kamu contoh adalah strategi marketingnya. 


Kedua brand lokal ini dikenal memiliki produk berkualitas dengan sentuhan unik tersendiri. Selain kedua hal ini, Cottonink juga memiliki cara marketing yang sesuai dengan target pembelinya. Salah satu yang sering dilakukan adalah melakukan kolaborasi dengan designer lain atau bahkan brand


Contoh promosi ini tentu bisa kamu lakukan juga, selain itu masih banyak cara membuat strategi marketing bisnis clothing lainnya. Nah, kalau masih bingung cara memasarkan produk clothing-mu di dunia digital, yuk, intip lima strategi marketing untuk bisnis clothing berikut ini!


5 Strategi Marketing Bisnis Clothing


Kalau ada pertanyaan apa strategi marketing bisnis clothing yang tepat? Salah satu jawaban yang paling sering muncul adalah melakukan promosi tradisional. Misalnya saja dengan memberikan diskon, padahal masih banyak strategi marketing bisnis clothing yang bisa dilakukan. Yuk, simak penjelasan lengkapnya!



Baca juga: Cara Cari Uang Lewat Internet Paling Mudah




1. Jangan Lewatkan Sosial Media dan Website


Salah satu cara memasarkan bisnis clothing yang sangat efektif adalah dengan membuat website. Pasalnya, sekarang ini kebiasaan berbelanja sudah mengubah masyarakat dengan lebih memilih belanja online dari pada harus datang langsung ke toko offline.


Hal ini justru bisa menjadi peluang besar bagi kamu untuk mengubah cara pemasaran. Mempunyai website untuk memasarkan produk, maka kamu akan dianggap profesional dalam menjalankan bisnis dan mampu meningkatkan brand awareness.


2. Manfaatkan KOL yang Sesuai dengan Brand Identity


Berbicara tentang website dan media sosial, beberapa kampanye terbaik berputar di sekitar Key Opinion Leader (KOL). KOL ini adalah orang-orang yang memiliki penggemar yang banyak dan bisa mendapat banyak perhatian.


Sebagai contoh, salah satu cara terbaik untuk mempromosikan bisnis clothing yang kamu miliki adalah dengan melakukan kolaborasi dengan KOL. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan memposting foto produkmu di platform social media yang mereka miliki seperti Instagram atau TikTok dengan mengenakan produk yang kamu miliki.


3. Dekat dengan Pembeli dengan Sentuhan Personal


Shopify menyatakan bahwa 43% pembelian bisnis clothing dipengaruhi oleh rekomendasi atau promosi yang dipersonalisasi, dan bahwa 75% konsumen menginginkan merek untuk mempersonalisasi pesan, penawaran, dan pengalaman.


Terlepas dari kenyataan bahwa personalisasi bisa membantu kamu menjual lebih banyak, sayangnya banyak konsumen yang menginginkan pengalaman berbelanja lebih. Bukan hanya sekedar pesan yang menggunakan nama mereka, tapi juga keseluruhan pengalaman berbelanja dari sebuah brand dengan kesan lebih pribadi. Kamu bisa memulainya dengan memberikan diskon atau voucher khusus untuk pelanggan yang sedang berulang tahun.


4. Fokus Pada Visual 


Visual sangat penting untuk semua brand, terutama bisnis clothing. Jika kamu mengunggah sesuatu yang seharusnya dilihat, entah itu berupa foto atau video, pastikan visualnya memiliki kualitas yang tinggi dan terlihat menarik.

Manfaatkan visual sebaik mungkin agar pesan dan produk yang kamu tawarkan memiliki cerita dalam setiap gambarnya. 


5. Promo Giveaway atau Diskon


Berikutnya, strategi bisnis clothing yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengadakan giveaway atau diskon. Persyaratan dari strategi giveaway dan diskon ini bisa bervariasi, tergantung tujuan promosinya. Mulai dari meminta calon pembeli untuk mengikuti akun media sosial brand yang kamu miliki, sampai menantang mereka untuk mengulas produk atau berfoto dengan produk melalui akun media sosial masing-masing. Begitu pula dengan hadiahnya, bisa berupa uang tunai, saldo e-wallet, produk, atau voucher bisnis itu sendiri.


Strategi ini sangat cocok dilakukan ketika kamu ingin meluncurkan produk baru atau merayakan hari spesial. Dengan mengadakan giveaway atau diskon, kesempatan mendapatkan pelanggan baru untuk bisnismu pun juga akan semakin besar!


Nah, itulah beberapa contoh strategi bisnis clothing yang bisa kamu lakukan untuk membesarkan penjualan usahamu. Menggunakan strategi yang tepat sasaran, maka penjualan pun tentu akan semakin meningkat. 


Kalau kamu tertarik ingin mempelajari seputar seluk beluk strategi bisnis clothing lebih dalam, kamu bisa mengunjungi kelas pelatihan Mahir Marketing yang disediakan oleh Pijar Mahir. Pada dasarnya, Pijar Mahir menyediakan berbagai pelatihan yang akan menambah pengetahuan serta meningkatkan kemampuan Kamu di satu bidang tertentu.


Khusus untuk penerima manfaat kartu Prakerja, Kamu tidak perlu mengeluarkan uang sepeser pun. Yuk, jadi lebih mahir di bidang pilihanmu!

Artikel Lainnya

©2020-2022 Pijar Mahir. All Right Reserved