Beli di aplikasi dan dapatkan promo menarik

Blog

| Content Writer

8 Strategi Pemasaran yang Mudah Diterapkan

Strategi pemasaran

Kamu ingin produk atau jasa yang dibuat bisa berhasil dikenal dan selalu diingat oleh banyak orang? Kalau iya, yuk simak strategi pemasaran suatu produk atau jasa di bawah ini.


Bisa dibilang strategi pemasaran yang baik dan tepat merupakan salah satu kunci keberhasilan meningkatnya penjualan suatu produk atau jasa. Karena strategi pemasaran yang tepat akan membuat produk atau jasa bisa bertahan lama dan digunakan oleh banyak orang.


Sebaliknya, kadang tidak menutup kemungkinan, suatu produk atau jasa gagal dikenal atau diterima masyarakat hanya karena pemasarannya kurang baik. Jadi sekarang kebayangkan betapa pentingnya melakukan pemasaran produk atau jasa dengan sebaik mungkin.


Ragam strategi pemasaran suatu produk atau jasa


Agar produk atau jasa yang kamu buat bisa selalu diingat pengguna dan bisa mendatangkan banyak pengguna setia, yuk simak beberapa strategi pemasaran suatu produk atau jasa di bawah ini:


1. Tentukan tujuan dan indikator keberhasilan


Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah menentukan tujuan yang kamu bangun. Karena sebagus apapun strategi yang kamu buat akan terasa sia-sia jika kamu sendiri tidak mengetahui tujuannya.

Tujuan dan indikator keberhasilan bagi setiap bisnis bisa berbeda-beda, misalnya memiliki banyak pelanggan, memiliki pelanggan setia, atau produk yang dijual bisa di ekspor ke luar negeri.


2. Tentukan target pasar dan minatnya


Menentukan target pasar akan sangat memudahkanmu untuk menentukan jenis media dan penggunaan kata yang akan digunakan. Karena setiap jenjang usia memiliki penggunaan kata dan kebiasaan dalam menggunakan media digital yang berbeda-beda. Misalnya saja jika target pasar kamu adalah remaja maka gunakan kata yang semi formal, sedangkan jika target pasar kamu adalah orang dewasa maka gunakan kata yang cenderung formal. 


3. Bangun user persona


Apapun strategi pemasaran yang kamu buat, kamu wajib membangun user persona dari produk yang dijual. User persona adalah target konsumen yang ideal dan ingin kamu tuju.  Misalnya user persona kamu adalah remaja berusia 17 tahun yang memiliki hobi fotografi, duduk di bangku SMA, dan suka mengonsumsi makanan yang praktis.


Setelah itu kamu bisa menciptakan produk dan strategi pemasaran yang sesuai dengan user persona tersebut. Usahakan untuk membangun user persona sedetail mungkin agar produk yang kamu jual bisa lebih tepat sasaran mencapai target.


4. Buat ciri khas


Untuk bisa ‘menonjol’ dan tidak kalah bersaing dengan bisnis lainnya, kamu wajib membuat ciri khas dari setiap cara pemasaran yang dibuat. Selain itu, memiliki ciri khas dalam pemasaran suatu produk atau jasa telah terbukti bermanfaat untuk meningkatkan penjualan produk atau jasa.


Hal ini karena biasanya jika produk atau jasa memiliki ciri khas, kapanpun pengguna atau calon pengguna melihat iklan yang kamu pasang, mereka akan langsung mengingat produk atau jasa yang dipasarkan dan tertarik untuk mengetahui detailnya lebih lanjut. Beberapa langkah mudah untuk menentukan ciri khas adalah dengan membuat suatu ikon dan menggunakan warna yang sama untuk semua pemasaran yang dilakukan.

 

5. Praktekkan story telling


Agar iklan produk atau jasa yang kamu buat tidak terlihat kaku, ada baiknya kamu mempraktekkan story telling (kegiatan menyampaikan cerita) dalam setiap iklan yang kamu buat. Karena membuat iklan yang disampaikan dengan cara seperti bercerita biasanya akan lebih mudah dikenal dan diingat oleh pengguna dan calon pengguna.


Salah satu cara paling mudah untuk menerapkan story telling dalam iklan yang kamu buat adalah buat kalimat yang mengandung kata sapa, informasi umum yang menarik, dan terakhir informasi tentang produk atau jasa yang kamu buat.  


6. Pilih media yang akan digunakan


Saat ini ada banyak media atau alat yang bisa kamu gunakan untuk melakukan produk atau jasa, dari mulai iklan di televisi, iklan di radio, media sosial, email blast, poster, ataupun spanduk di jalan. Setiap media juga biasanya memiliki karakter dan target pasar yang berbeda-beda.


Misalnya kamu bisa melakukan pemasaran produk atau jasa di televisi dan radio jika target pasar kamu adalah seseorang yang berusia di atas 35 tahun. Sedangkan jika target pasar kamu adalah remaja atau dewasa muda, maka tidak ada salahnya jika kamu menggunakan media sosial dan email blast.


Hal ini karena orang dewasa umumnya lebih sering menonton iklan di televisi dan radio. Sedangkan remaja dan dewasa muda umumnya lebih sering menghabiskan waktu di media sosial dan email.

 

7. Konsisten


Konsisten dalam melakukan pemasaran juga merupakan salah satu hal yang tidak boleh terlewatkan. Beberapa hal yang harus selalu kamu gunakan secara konsisten adalah warna, ikon, dan penggunaan kata. Gunakan beberapa komponen tersebut dalam semua media pemasaran yang kamu buat, seperti iklan di televisi, iklan di radio, media sosial, email blast, poster, ataupun spanduk di jalan.


8. Lakukan evaluasi secara rutin


Setelah melakukan semua strategi pemasaran di atas, jangan lupa juga untuk melakukan evaluasi secara rutin. Evaluasi ini bermanfaat untuk menilai seberapa efektif rencana yang sudah kamu jalankan selama ini dan apakah strategi yang kamu jalankan sudah mencapai tujuan yang ditetapkan. 


Jika dirasa strategi yang kamu lakukan selama ini kurang efektif, kamu wajib mencoba strategi lain, hingga akhirnya bisnis yang kamu jalankan berhasil. Saat melakukan evaluasi jangan malas untuk belajar dari kesalahan dan berjanji pada diri sendiri untuk tidak akan mengulangi kesalahan yang sama, karena hal inilah yang akan membuat usahamu bisa semakin berkembang.


Melakukan proses pemasaran memang tidak semudah yang dibayangkan. Kadang kamu butuh waktu sampai bertahun-tahun, hingga akhirnya produk atau jasa yang kamu buat bisa dikenal oleh orang banyak. Namun, jangan lupa untuk selalu melakukan beberapa strategi pemasaran di atas ya. 


Referensi



https://blog.hubspot.com/marketing/marketing-strategy

https://sixads.net/blog/marketing-strategy-examples/ 


Artikel Lainnya

©2020-2022 Pijar Mahir. All Right Reserved