Beli di aplikasi dan dapatkan promo menarik

Blog

| iProspect

4 Strategi Rencana Pemasaran Produk untuk UMKM

Rencana Pemasaran Produk

Walaupun baru memulai bisnis UMKM, kamu perlu melakukan rencana pemasaran produk yang matang, terlebih di era serba cepat dan online seperti saat ini. Pemasaran produk yang tepat akan membantu bisnis yang sedang dirintis berkembang.


Nah, bukan saja merencanakan pemasaran secara tradisional kamu juga perlu memikirkan marketing di dunia digital. Agar tidak ketinggalan, kamu perlu memahami beberapa strategi rencana untuk pemasaran produk untuk UMKM.


Rencana Pemasaran Produk UMKM


Merintis bisnis dari awal memang bukan sesuatu yang mudah untuk dilakukan, terlebih jika kamu tidak memiliki rencana dan tujuan yang jelas. Selain menawarkan produk dan layanan yang baik, membuat rencana pemasaran produk merupakan bagian krusial untuk mencapai kesuksesan, termasuk untuk pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).



Baca juga: Cara Membuat Izin Usaha Mikro Kecil Online



Pasalnya, rencana pemasaran produk yang tepat, akan mendatangkan pembeli atau pengguna yang sesuai. Rencana pemasaran sendiri merupakan rencana yang berisi uraian strategi pemasaran untuk mencapai suatu tujuan, biasanya fokus pada periode waktu tertentu.


Lalu, bagaimana strategi rencana pemasaran produk untuk bisnis kecil atau UMKM? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini!


1. Tentukan Target Pasar 


Untuk menyusun rencana pemasaran produk, kamu harus menentukan segmentasi pasar (segmenting) terlebih dahulu. Caranya adalah dengan menempatkan konsumen dalam kelompok yang sesuai dengan target. Sehingga para pembeli memiliki tanggapan yang hampir sama dengan strategi pemasaran UKM atau UMKM dalam penentuan posisi perusahaan.


Jika kamu sudah menentukan segmentasinya, langkah berikutnya yang harus kamu lakukan adalah menentukan pasar (targeting). Dimana kamu harus mengevaluasi berbagai segmen tersebut untuk memutuskan siapa yang menjadi target pasar kamu.


Setelah menentukan segmenting dan targeting, sekarang kamu menentukan posisi (positioning) produk yang merupakan kombinasi kegiatan pemasaran yang dilakukan manajemen untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan setiap sasaran. Ketiga strategi tersebut harus dilakukan dengan baik untuk mencapai rencana pemasaran produk yang sukses.


2. Buat Produk dan Cara Pemasaran Produk yang Unik


Sebelum melakukan rencana pemasaran produk, kamu harus menyiapkan produk yang unik dibanding produk yang dimiliki kompetitor lainnya. Menciptakan produk yang unik akan membantu kamu dalam memenangi persaingan pasar dan membuat konsumen loyal menggunakan produk kamu. Bukan hanya itu, produk yang unik juga akan membuat iklan kamu semakin menarik.


3. Lakukan Riset Mengenai Tren yang Sedang Berkembang


Produk yang kamu jual haruslah sesuai dengan kebutuhan yang diinginkan oleh semua konsumen. Untuk itu, dalam rencana pemasaran produk, kamu harus melakukan riset terlebih dahulu tentang selera pasar, tren pasar yang sedang berkembang saat ini, dan melihat seberapa besar peluang pasar yang akan kita bidik.


Selain itu, dari segi kualitas, produk yang akan dijual haruslah memiliki kualitas yang bisa bersaing dengan produk yang sudah ada, kalau perlu bisa sekelas dengan produk yang dijual di pasar global.


4. Jangan Lupa Manfaatkan Platform E-commerce


Memanfaatkan platform e-commerce, usaha yang kamu miliki akan mendapat peluang untuk menjangkau pasar yang luas bahkan global. E-commerce dalam dunia bisnis dapat mendukung pemotongan rantai distribusi, sehingga konsumen dapat memperoleh suatu produk dengan harga murah.


Rencana pemasaran produk dengan e-commerce memiliki beberapa manfaat antara lain, murah dan efisien, memiliki akses tanpa batas, dan memperpendek jarak distribusi produk.


Itulah tadi beberapa contoh rencana pemasaran produk yang bisa kamu terapkan untuk memajukan usaha UMKM. Selain dengan mengikuti rencana pemasaran produk seperti di atas, kamu juga bisa mengikuti kelas pelatihan dan pembelajaran seputar UMKM di Pijar Mahir. 


Pada dasarnya, Pijar Mahir menyediakan berbagai pelatihan yang akan menambah pengetahuan serta meningkatkan kemampuan Kamu di satu bidang tertentu. Khusus untuk penerima manfaat kartu Prakerja, Kamu tidak perlu mengeluarkan uang sepeser pun. Yuk, jadi lebih mahir di bidang pilihanmu!

Artikel Lainnya

©2020-2022 Pijar Mahir. All Right Reserved