Beli di aplikasi dan dapatkan promo menarik

Blog

| iProspect

Strategi Segmentasi Pasar yang Berguna untuk Bisnis

Strategi Segmentasi Pasar

Segmentasi pasar sudah menjadi istilah yang lumrah di dunia marketing atau pemasaran. Mengetahui strategi segmentasi pasar yang tepat akan membantumu mencari target pembeli dan mengembangkan bisnis kedepannya. 


Banyak hal yang bisa kamu lakukan untuk mengetahui segmentasi pasar untuk bisnis yang sedang dirintis. Untuk mengetahui lebih jauh, simak penjelasan lengkap mengenai strategi segmentasi pasar berikut ini!



Baca juga: Cek Yuk Kursus Digital Marketing



Apa itu Segmentasi Pasar?


Segmentasi pasar merupakan suatu strategi pengelompokan pasar yang disesuaikan dengan kemiripan, kesamaan, kebutuhan, dan minat pelanggan. Sebelum memasarkan suatu produk atau layanan, tujuan segmentasi pasar adalah untuk menciptakan suatu produk atau layanan yang dibutuhkan oleh masyarakat.  


Itulah sebabnya kamu perlu memiliki strategi segmentasi pasar untuk menciptakan produk atau layanan yang sesuai dan mencapai target pasar yang tepat. Adanya segmentasi pasar, kamu akan memiliki beberapa strategi pemasaran untuk menargetkan pelanggan dengan efektif dan efisien.


Apa Manfaat dari Strategi Segmentasi Pasar?


Mengelompokkan konsumen yang bersifat homogen, maka suatu bisnis akan lebih mudah dalam memahami kebutuhan dan minat konsumen. Hasil akhirnya adalah suatu pasar akan lebih mudah untuk dibedakan dengan kelompok pasar yang lainnya.


Selain itu, strategi untuk segmentasi pasar juga memungkinkan kamu untuk memberikan pelayanan yang lebih baik kepada konsumen. Menerapkan strategi segmentasi pasar yang tepat, maka suatu bisnis akan lebih mudah dalam memberikan pelayanan yang sesuai dengan segmentasinya.


Memiliki strategi segmentasi pasar yang tepat juga bisa membuat bisnismu menjadi lebih terarah, termasuk dalam menyusun bauran pemasaran yang meliputi produk, harga, distribusi, dan promosi. Adanya pengelompokan pasar, maka suatu bisnis dapat mengarahkan dana dan usahanya ke dalam market yang potensial dan lebih menguntungkan.


Strategi Pada Segmentasi Pasar yang Bisa Digunakan


Setelah memahami apa itu segmentasi pasar dan manfaat yang dapat diberikan oleh strategi segmentasi pasar, kini saatnya kamu mengetahui apa saja strategi segmentasi pasar yang bisa diaplikasikan kepada bisnis. Yuk, simak artikelnya sampai akhir!


Segmentasi Perilaku


Strategi segmentasi pasar jenis ini merupakan segmen pasar yang berpusat pada perilaku konsumen terhadap sebuah bisnis. Terdapat beberapa variabel perilaku seperti sikap, reaksi, kebiasaan, dan penggunaan produk oleh konsumen yang seringkali berhubungan dengan decision making (pengambilan keputusan) pelanggan.


Segmentasi jenis ini memungkinkan kamu untuk mengembangkan target market yang lebih spesifik. Kamu juga dapat menyusun strategi bisnis untuk membangun brand loyalty dari konsumen untuk bisnismu.


Segmentasi Psikografis


Strategi segmentasi pasar yang kedua adalah segmen pasar psikografis. Segmentasi jenis ini melibatkan aspek psikologis dari calon pelanggan dimana pembagian kelompok konsumen dibagi berdasarkan hal yang disukai, aktivitas yang dilakukan, dan pendapat konsumen. 


Untuk menerapkan segmentasi psikografis, kamu dapat menggunakan survei pada kelompok konsumen tertentu. Segmentasi psikografis juga memungkinkan kamu mengetahui preferensi target pasar terhadap perusahaan dan produknya. Dengan begitu, kamu dapat menyusun strategi pemasaran yang dapat menarik selera pelanggan. 


Segmentasi Geografis


Strategi segmentasi pasar geografis adalah pengelompokkan konsumen sesuai dengan lokasi sekitar dan dapat mencakup wilayah yang tidak ditentukan secara teknis, seperti lingkungan. Lokasi konsumen juga dapat membantu kamu dalam memahami kebutuhan pelanggan. Adapun indikator dari segmentasi geografis antara lain kota, negara, kepadatan penduduk, kepadatan penduduk, hingga iklim daerah.


Segmentasi Demografis


Berikutnya, strategi segmentasi pasar yang perlu kamu ketahui adalah segmentasi demografis. Segmentasi demografis ini adalah pembagian kelompok konsumen dilakukan berdasarkan aspek-aspek seperti usia, jenis kelamin, pekerjaan, pendidikan, status menikah, dan lain sebagainya. 


Segmentasi jenis ini merupakan segmen pasar yang paling dasar. Segmentasi pasar jenis demografis dapat membantu kamu untuk mempersempit lingkup pasar yang kamu sasar. Hal ini juga dapat membantu kamu mendapat dan mengakses informasi target pasar dengan mudah.


Itulah tadi beberapa penjelasan seputar strategi segmentasi pasar yang perlu kamu ketahui untuk bantu menunjang bisnis yang kamu miliki. Selain dengan menerapkan strategi segmentasi pasar seperti di atas, kamu juga bisa mengikuti berbagai kelas Mahir Marketing Pijar Mahir. 


Pada dasarnya, Pijar Mahir menyediakan berbagai pelatihan yang akan menambah pengetahuan serta meningkatkan kemampuan Kamu di satu bidang tertentu. Khusus untuk penerima manfaat kartu Prakerja, Kamu tidak perlu mengeluarkan uang sepeser pun. Yuk, jadi lebih mahir di bidang pilihanmu!

Artikel Lainnya

©2020-2022 Pijar Mahir. All Right Reserved