Beli di aplikasi dan dapatkan promo menarik

Blog

| iProspect

Sudah Tahu Apa Tugas Digital Planner? Simak Ulasannya di Sini!

digital planner

Dunia pemasaran berubah cepat mengikuti laju revolusi industri. Salah satu hal yang kini sangat terasa pengaruhnya di dunia pemasaran adalah digitalisasi.


Mau tak mau,  digitalisasi harus dijalani jika tak ingin usahamu tergerus dan tergantikan oleh mereka yang cepat beradaptasi.



Baca juga: 15 Cara Cari Uang Lewat Internet



Salah satu produk krusial digitalisasi adalah pemasaran digital. Praktik digital marketing saat ini tengah menjadi tren tersendiri sebagai solusi pemasaran produk yang mudah, punya jangkauan luas, dan murah. Digital marketing juga lebih efektif untuk menarik calon konsumen karena masyarakat kini sudah akrab dengan dunia digital.


Di balik pemasaran digital, ada digital planner yang menjadi otak dalam perencanaan untuk menjangkau target pasar.


Empat Tugas Vital Digital Planner


Digital planner harus mampu memberikan kemudahan promosi untuk menjangkau target pasar luas dengan biaya yang lebih sedikit. Untuk mencapai hal itu, ada empat hal yang wajib dilaksanakan para digital planner. Berikut penjelasannya.


Melakukan Analisis Data


Kemampuan analisis data seperti riset pasar sangat penting bagi seorang digital planner. Riset ini penting untuk membaca tren di masyarakat. Hal ini termasuk mengenali keunggulan dan kelemahan para kompetitor.


Hasil analisis data akan menunjukkan apakah strategi pemasaran saat ini sudah efektif untuk menjangkau target pasar. Jika sebaliknya, kamu perlu merencanakan ulang promosi yang pas untuk mencuri perhatian calon konsumen.


Temuan dari analisis atau riset pasar ini juga dapat kamu pakai untuk menimbang ulang apakah sebuah usaha butuh mengambil strategi promosi tambahan. Misal menggunakan iklan berbayar, berkolaborasi dengan influencer atau strategi digital marketing lain untuk meningkatkan penjualan.


Melakukan Analisis Media


Digital planner wajib memastikan media promosi yang dipakai sejalan dengan masukan dari analisis data. Profesi tersebut juga harus memastikan kampanye usaha tepat pada calon konsumen yang mereka sasar.

Untuk mengoptimalkan kinerja pemasaran, digital planner dapat membuat website, mempelajari search engine optimization (SEO), teknik copywriting serta content marketing.


Membuat Strategi Kampanye


Tugas digital planner selanjutnya adalah membuat strategi kampanye pemasaran yang efektif. Biasanya, sejumlah perusahaan punya bidang khusus untuk merancang strategi tersebut.


Dalam menyusun strategi, frekuensi pemasaran tak boleh dilupakan. Hal ini untuk mengetahui seberapa sering calon konsumen menyimak sebuah iklan atau konten pemasaran.


Selain itu, jangkauan juga penting dalam menyusun strategi kampanye. Poin ini dapat memetakan seberapa banyak calon konsumen menyimak iklan atau konten pemasaran yang tengah ditayangkan.  


Ada dua pendekatan yang dapat diambil untuk mengetahui hal tersebut. Pertama, iklan perlu ditayangkan dalam satu waktu secara konsisten. Hal ini biasanya dipakai untuk produk musiman.


Cara kedua dengan pengiklanan secara masif pada periode-periode tertentu saja atau pulsing.


Evaluasi Kampanye


Digital planner perlu mengevaluasi kampanye yang sudah berjalan. Profesi tersebut akan menilai efektivitas kampanye tersebut saat berlangsung.


Digital planner berwenang memberi masukan model kampanye lain apabila upaya sebelumnya kurang sesuai dengan media yang ditentukan. Digital planner juga dapat memberi alternatif media lain.


Ingin mengetahui ilmu meningkatkan penjualan melalui digital marketing? Cobalah kelas pembelajaran mandiri yang disediakan Pijarmahir.id, kamu dapat mengakses pelatihan Meningkatkan Penjualan via Digital Marketing bagi Spesialis Pemasaran.


Selain itu, ada juga kelas mahir marketing Pijar Mahir yang membahas secara tuntas berbagai ilmu dasar digital marketing, optimasi traffic, optimasi conversion, hingga optimasi relationship. Kelas pelatihan ini memang diperuntukkan untuk kamu yang sedang meniti karier jadi digital planner. Yuk, bersama-sama maju di dunia yang makin digital bareng Pijar Mahir.

Artikel Lainnya

logo pijarmahir

Powered By

logo telkom

WhatsApp

0812 8899 9576

Email

info@pijarmahir.id

Ikuti Kami di

InstagramLinkedinFacebookTwitter

Download Sekarang

Play Store

Layanan Pengaduan Konsumen

Gedung Telkom Direktorat Business and Technology

Jl. Prof. DR. Soepomo No.139, RT.13/RW.2, Tebet Bar., Kec. Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12810

Kontak Pelanggaran Usaha

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan Republik Indonesia

Whatsapp: 0853 1111 1010

©2020-2023 Pijar Mahir. All Right Reserved