Di zaman digital seperti saat ini, profesi sosial media spesialis memegang peranan penting bagi suatu perusahaan. Tak hanya sebatas mengupload konten di media sosial saja, seorang sosial media spesialis juga bertanggung jawab dalam membuat memikirkan konsep, target marketing, hingga strategi marketing yang ingin dilakukan untuk membangun brand awareness dan meningkatkan engagement di media sosial.
Baca juga: 10 Situs Kursus Digital Marketing Online yang Kredibel
Tugas dan Peran Sosial Media Spesialis
Bisa dibilang bahwa profesi yang satu ini sangatlah menyenangkan. Sebab, tak hanya bisa mengikuti perkembangan zaman dan tren yang sedang happening di masyarakat, kemampuan ini tentunya dapat mempermudah kamu untuk bekerja di berbagai perusahaan dengan penghasilan yang cukup besar. Kamu tertarik untuk menjadi seorang sosial media spesialis?
Berikut ini tugas dan peranan sosial media spesialis dalam sebuah perusahaan:
- Membangun dan memperkuat identitas brand atau perusahaan.
- Menganalisis dan mengevaluasi respon followers di media sosial.
- Berinteraksi dengan followers di media sosial.
- Ikut membuat strategi campaign di media sosial.
- Memberikan arahan kepada tim desain terkait visual konten untuk media sosial.
- Membuat content plan media sosial.
- Membuat laporan perkembangan media sosial.
- Mengikuti perkembangan tren media sosial.
Selain delapan tugas yang sudah dijelaskan sebelumnya, masih ada tugas internal dan eksternal yang perlu dilakukan oleh seorang sosial media spesialis. Berikut ini beberapa tugas tambahan dari seorang sosial media spesialis.
- Mengelola konten dan menjaga hubungan baik dengan influencer.
- Menjaga eksistensi konten suatu bisnis di berbagai media sosial.
- Melacak, mengukur, dan menganalisis performa konten dan bekerja sama dengan tim digital marketing lainnya.
- Bekerja sama dengan tim pemasaran untuk menetapkan dan menyelaraskan tujuan media sosial dalam rangka memenuhi kebutuhan bisnis.
Skill yang Harus Dimiliki Sosial Media Spesialis
Tertarik untuk menjadi seorang sosial media spesialis? Maka kamu harus memiliki kemampuan atau skill berikut ini.
1. Kreativitas yang tinggi
Seorang sosial media spesialis dituntut untuk memiliki daya kreativitas yang tinggi dan dapat membuat konsep konten yang menarik, kreatif, dan inovatif di media sosial, mulai dari jenis konten, visual, hingga copywriting yang digunakan. Akan lebih baik lagi jika konsep ini belum pernah dibuat oleh sosial media spesialis lainnya.
Selain itu, seorang sosial media spesialis juga harus mampu mengunggah konten-konten yang berbeda. Tujuannya adalah untuk meningkatkan engagement rate media sosial suatu brand atau perusahaan.
2. Kemampuan menganalisis data
Seorang sosial media spesialis juga maka harus memiliki kemampuan membaca dan menganalisis data dengan benar, serta membuat rekomendasi dan strategi dari hasil analisis data tersebut. Dengan begini, maka mereka bisa membuat strategi media sosial yang efektif untuk meningkatkan engagement ratenya.
3. Memiliki kemampuan mendesain atau visual yang baik
Tak jarang juga seorang sosial media spesialis dituntut untuk dapat membuat desain atau setidaknya memberikan gambaran visual yang sesuai dengan permintaan brand untuk kemudian akan dibantu oleh para desainer grafis untuk mengimplementasikannya.
4. Memahami tren yang sedang berkembang
Selain memahami konten yang sedang viral baik di masyarakat maupun media sosial, seorang sosial media spesialis juga harus bisa menggunakan tools dan aplikasi untuk memaksimalkan konten yang mereka buat.
5. Memiliki manajemen waktu yang baik
Sebab pekerjaan seorang sosial media spesialis cukup banyak dan menyita waktu. Memiliki skill manajemen waktu yang baik tentu dapat membantu kamu agar dapat menyelesaikan pekerjaan tepat waktu.
Cara Menjadi Sosial Media Spesialis
Tak harus menjadi seorang pegawai, kamu bisa memulai profesi sebagai seorang sosial media spesialis dengan cara berikut ini.
- Membuat akun media sosial yang menarik.
- Menawarkan jasa kepada pelaku usaha kecil, seperti penjual online di marketplace.
- Membuat konten media sosial yang menarik untuk pelaku usaha kecil sebagai bentuk portofolio.
Selain beberapa cara di atas, dukung juga mimpi kamu untuk menjadi seorang sosial media spesialis dengan cara mengikuti kelas pelatihan yang tersedia di Pijar Mahir. Di sini kamu bisa mencoba banyak pelatihan, mulai dari digital marketing, copywriting, dan masih banyak lagi dengan biaya yang terjangkau. Yuk, coba sekarang juga!