Jika dulu seorang brand atau perusahaan memasarkan produknya dengan cara-cara offline, maka saat ini semuanya bisa dilakukan secara online. Makanya, tidak heran jika banyak orang yang mulai mencari tahu cara belajar digital marketing.
Digital marketing sendiri adalah usaha untuk mempromosikan sebuah brand, produk, jasa, atau perusahaan melalui media digital. Kenapa digital marketing digandrungi?
Baca juga: 5 Situs Kursus Digital Marketing
Selain karena tidak membutuhkan tim marketing untuk terjun langsung ke lapangan, cara ini jauh lebih hemat biaya dan tidak butuh banyak orang untuk menjalankannya. Belum lagi kemampuan digital untuk menjangkau banyak orang di berbagai tempat di seluruh dunia.
Ingat, makin ke sini jumlah pengguna smartphone dan laptop semakin meningkat. Semua orang saat ini seolah terhubung antara satu dengan yang lain berkat kehadiran teknologi dan internet.
12 Cara Belajar Digital Marketing
Nah, apakah kamu adalah salah seorang yang sedang mencari tahu mengenai digital marketing? Jika iya, yuk, pahami cara belajar digital marketing berikut ini!
1. Punya produk dan target market
Langkah awal sebagai cara belajar digital marketing adalah dengan mempunyai produk serta target market. Kamu bisa membuat produk dari permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat dan jadikan kelompok masyarakat tersebut target market dari produkmu.
Sebaliknya, kamu juga bisa menentukan terlebih dahulu siapa yang akan menjadi konsumenmu, lalu bikin produk sebagai solusi dari masalah yang mereka hadapi.
2. Pilih produk yang memberi solusi terbaik
Satu hal yang sering disalahpahami ketika membuat sebuah produk, yakni solusi yang diberikan bukan solusi terbaik dari permasalahan yang dihadapi. Akhirnya, konsumen atau target pasar akan meninggalkan produk kita dan mencari yang lebih baik. Kamu tentu tidak ingin hal ini terjadi 'kan?
3. Bikin website pribadi
Cara belajar digital marketing berikutnya, yakni bikin website pribadi dari usaha yang kamu jalankan. Ingat, website ini dibangun setelah kamu punya produk dan menentukan target pasar yang tepat. Di luar sana memang tersedia berbagai marketplace, tapi akan lebih baik jika kamu punya website sendiri sebagai bukti kredibilitas dan profesionalitas bisnis yang dijalankan.
4. Bangun media sosial
Setelah website jadi, kamu bisa melangkah ke media sosial. Tujuannya tidak lain untuk membangun brand awareness dan sarana promosi. Caranya, pilih media sosial yang tepat dengan target pasarmu.
Sebagai contoh, untuk target pasar usia remaja, pilih Instagram atau YouTube. Untuk kalangan profesional, pilih LinkedIn. Sementara untuk target audiens yang tinggal di kota-kota kecil, Facebook bisa jadi pilihan yang efektif.
5. Kembangkan SEO, SEM, juga Social Media Ads
Terakhir, cara belajar digital marketing adalah dengan mengembangkan kemampuan di bidang SEO, SEM, dan Social Media Ads.
1. Search Engine Optimization (SEO) adalah teknik mengoptimasi website agar produk yang kita tawarkan muncul di mesin pencari saat orang-orang mencarinya.
2. Search Engine Marketing (SEM) adalah teknik mengoptimasi website agar muncul di mesin pencari dengan menggunakan iklan.
3. Social Media Ads adalah istilah untuk memanfaatkan iklan di Facebook, Twitter, atau Instagram.
6. Marketing Lewat Influencer yang Sesuai Dengan Brand
Berikutnya, cara belajar digital marketing yang bisa kamu coba adalah influencer marketing. Menurut Sprout Social, influencer adalah salah satu bentuk social media marketing yang menggunakan endorsement yang dilakukan oleh seorang atau beberapa influencer.
Biasanya, para influencer memiliki branding tersendiri sehingga para followers-nya sudah meletakkan kepercayaan kepada mereka, misalnya saja olahraga, kecantikan, atau bahkan elektronik.
Sehingga, jika ada sebuah produk yang direkomendasikan oleh influencer, kemungkinan banyak dari followers-nya akan membeli produk yang dipromosikan dan sebagian sudah sadar akan adanya brand tersebut.
7. Copywriting yang Menarik
Copywriting juga merupakan salah satu cara belajar digital marketing yang bisa membantumu mengembangkan bisnis. Copywriting sendiri merupakan teknik pembuatan tulisan yang persuasif dan menarik supaya orang membeli produk yang ditawarkan. Contoh penerapan copywriting terdapat dalam caption singkat yang terdapat di media sosial Instagram.
8. Newsletter atau Email Marketing
Email marketing adalah teknologi memanfaatkan layanan email untuk kegiatan promosi kepada konsumen. Cara belajar digital marketing ini terbukti lebih ampuh karena email yang masuk sudah sesuai dengan selera produk barang atau jasa yang dijual. Selain itu, re-targeting konsumen bisa lebih mudah dilakukan dengan adanya database email pelanggan.
9. WhatsApp for Business
WhatsApp punya basis pengguna yang besar di Indonesia. Kamu bisa memanfaatkan hal ini sebagai salah satu cara belajar digital marketing yang efektif. Gunakanlah Whatsapp for Business untuk akun bisnismu.
Pasalnya, aplikasi khusus tersebut punya banyak fitur untuk menampilkan profil bisnis, katalog produk, hingga fitur statistik pesan. WhatsApp for Business juga dapat membantu kamu membalas pesan calon pembeli melalui fitur automated messaging.
10. Marketing Tools untuk Menggali Data
Di era digital business, data driven marketing merupakan salah satu pendukung kesuksesan digital marketing strategist yang banyak diterapkan perusahaan. Melalui pemasaran yang berbasis data, metode ini terbukti dapat memaksimalkan Return of Investment (ROI). Secara lebih spesifik, data driven marketing bisa membantu mengurangi pemborosan, meningkatkan alokasi sumber daya, dan memaksimalkan upaya pemasaran.
Ada beberapa metode yang digunakan dalam data driven marketing, seperti people based marketing, artificial intelligence, analisis prediktif, dan sebagainya. Selain itu, ada tools wajib yang bisa digunakan oleh marketers sebagai pendukung data driven misalnya saja Google Analytics atau Hootsuite.
11. Video Marketing
Kalau penasaran strategi digital marketing apa yang paling mudah dinikmati bahkan oleh audiens paling sibuk di dunia, mungkin video marketing lah jawabannya.
Video marketing memanfaatkan video sebagai media utamanya. Jadi, orang-orang hanya perlu menonton tanpa harus banyak berpikir ataupun mengambil kacamata demi membaca teks sepanjang artikel. Platform yang bisa kamu pakai sebagai cara belajar digital marketing ini pun cukup luas, mulai dari YouTube, Instagram, hingga memasang video pada website.
12. Content Marketing
Content marketing adalah salah satu strategi pemasaran digital melalui pembuatan dan pendistribusian konten yang relevan dan bermanfaat guna menarik perhatian target konsumen sekaligus membuatnya terlibat dan menjadi pelanggan suatu bisnis. Diperlukan banyak sekali konten berkualitas agar strategi tersebut memberikan dampak positif pada bisnis kamu.
Jadi, pastikan kamu tetap konsisten dalam membuat konten yang berharga untuk target konsumen dan pelanggan. Dalam konten marketing, kamu juga perlu memperhatikan unsur konversi.
Itu dia informasi seputar cara belajar digital marketing. Yang pasti, dunia digital akan terus berubah seiring perkembangan zaman. Makanya, kamu perlu paham pondasinya untuk jadi ahli.
Adapun langkah yang bisa ditempuh adalah dengan mengambil Pembelajaran Mandiri di pijarmahir.id mengenai Belajar Teknik Digital Marketing Untuk Menjadi Spesialis Pemasaran. Sebagai rekomendasi, kamu bisa mengunjungi pijarmahir.id. Di PijarMahir, terdapat kelas-kelas terkait digital marketing yang bisa kamu coba.
Pada kelas-kelas tersebut, kamu akan diajarkan pemahaman terkait cara belajar digital marketing dasar hingga studi kasus yang akan dihadapi kedepannya dan bagaimana cara bekerja sebagai digital marketer. Setelah itu, kamu pun bisa memulai karir di berbagai industri yang membutuhkan pengetahuan terkait digital marketing.
Menarik 'kan? Selamat mencoba!
Search Engine Optimization (SEO) adalah teknik mengoptimasi website agar produk yang kita tawarkan muncul di mesin pencari saat orang-orang mencarinya.