Beli di aplikasi dan dapatkan promo menarik

Blog

| iProspect

5 Cara Belajar Digital Marketing untuk Pemula

cara belajar digital marketing

Jika dulu seorang brand atau perusahaan memasarkan produknya dengan cara-cara offline, maka saat ini semuanya bisa dilakukan secara online. Makanya, tidak heran jika banyak orang yang mulai mencari tahu cara belajar digital marketing.


Digital marketing sendiri adalah usaha untuk mempromosikan sebuah brand, produk, jasa, atau perusahaan melalui media digital. Kenapa digital marketing digandrungi?



Baca juga: 5 Situs Kursus Digital Marketing


Selain karena tidak membutuhkan tim marketing untuk terjun langsung ke lapangan, cara ini jauh lebih hemat biaya dan tidak butuh banyak orang untuk menjalankannya. Belum lagi kemampuan digital untuk menjangkau banyak orang di berbagai tempat di seluruh dunia.


Ingat, makin ke sini jumlah pengguna smartphone dan laptop semakin meningkat. Semua orang saat ini seolah terhubung antara satu dengan yang lain berkat kehadiran teknologi dan internet.


5 Cara Belajar Digital Marketing


Nah, apakah kamu adalah salah seorang yang sedang mencari tahu mengenai digital marketing? Jika iya, yuk, pahami cara belajar digital marketing berikut ini!


1. Punya produk dan target market


Langkah awal sebagai cara belajar digital marketing adalah dengan mempunyai produk serta target market. Kamu bisa membuat produk dari permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat dan jadikan kelompok masyarakat tersebut target market dari produkmu.


Sebaliknya, kamu juga bisa menentukan terlebih dahulu siapa yang akan menjadi konsumenmu, lalu bikin produk sebagai solusi dari masalah yang mereka hadapi.


2. Pilih produk yang memberi solusi terbaik


Satu hal yang sering disalahpahami ketika membuat sebuah produk, yakni solusi yang diberikan bukan solusi terbaik dari permasalahan yang dihadapi. Akhirnya, konsumen atau target pasar akan meninggalkan produk kita dan mencari yang lebih baik. Kamu tentu tidak ingin hal ini terjadi 'kan?


3. Bikin website pribadi


Cara belajar digital marketing berikutnya, yakni bikin website pribadi dari usaha yang kamu jalankan. Ingat, website ini dibangun setelah kamu punya produk dan menentukan target pasar yang tepat. Di luar sana memang tersedia berbagai marketplace, tapi akan lebih baik jika kamu punya website sendiri sebagai bukti kredibilitas dan profesionalitas bisnis yang dijalankan.


4. Bangun media sosial


Setelah website jadi, kamu bisa melangkah ke media sosial. Tujuannya tidak lain untuk membangun brand awareness dan sarana promosi. Caranya, pilih media sosial yang tepat dengan target pasarmu.


Sebagai contoh, untuk target pasar usia remaja, pilih Instagram atau YouTube. Untuk kalangan profesional, pilih LinkedIn. Sementara untuk target audiens yang tinggal di kota-kota kecil, Facebook bisa jadi pilihan yang efektif.


5. Kembangkan SEO, SEM, juga Social Media Ads


Terakhir, cara belajar digital marketing adalah dengan mengembangkan kemampuan di bidang SEO, SEM, dan Social Media Ads.


1. Search Engine Optimization (SEO) adalah teknik mengoptimasi website agar produk yang kita tawarkan muncul di mesin pencari saat orang-orang mencarinya.


2. Search Engine Marketing (SEM) adalah teknik mengoptimasi website agar muncul di mesin pencari dengan menggunakan iklan.


3. Social Media Ads adalah istilah untuk memanfaatkan iklan di Facebook, Twitter, atau Instagram.


Itu dia informasi seputar cara belajar digital marketing. Yang pasti, dunia digital akan terus berubah seiring perkembangan zaman. Makanya, kamu perlu paham pondasinya untuk jadi ahli.


Adapun langkah yang bisa ditempuh adalah dengan mengambil Pembelajaran Mandiri di pijarmahir.id mengenai Belajar Teknik Digital Marketing Untuk Menjadi Spesialis Pemasaran. Sebagai rekomendasi, kamu bisa mengunjungi pijarmahir.id. Di PijarMahir, terdapat kelas-kelas terkait digital marketing yang bisa kamu coba.


Pada kelas-kelas tersebut, kamu akan diajarkan pemahaman terkait cara belajar digital marketing dasar hingga studi kasus yang akan dihadapi kedepannya dan bagaimana cara bekerja sebagai digital marketer. Setelah itu, kamu pun bisa memulai karir di berbagai industri yang membutuhkan pengetahuan terkait digital marketing.

Menarik 'kan? Selamat mencoba!


Search Engine Optimization (SEO) adalah teknik mengoptimasi website agar produk yang kita tawarkan muncul di mesin pencari saat orang-orang mencarinya.

Artikel Lainnya

©2020-2022 Pijar Mahir. All Right Reserved