Beli di aplikasi dan dapatkan promo menarik

Blog

| superadmin

Tertarik Menjadi Konsultan Bisnis Dengan Penghasilan Besar? Ini Tips dan Panduannya

Kamu pernah dengan atau tertarik menjadi konsultan bisnis? Hmm.. konsultan bisnis merupakan profesi yang paling diminati oleh banyak orang loh. Hal ini tentub bukan tanpa alasan karena ternyata gaji seorang konsultan bisnis bisa dibilang cukup fantastis.

 

Sebelumnya nih, kamu tahu nggak sih apa aja tugas seorang konsultan bisnis? Peran konsultan bisnis sebenarnya untuk memberikan konsultasi terkait bisnis untuk individu maupun perusahaan loh. Biasanya mereka membantu memecahkan permasalahan perusahaan agar bisa mencapai kesuksesan atau tujuan. 

Penting banget ya tugasnya bagi sebuah perusahaan, makanya wajar sih jika penghasilan menjadi konsultan bisnis cukup fantastis. 

Sudah bukan mitos lagi jika membangun bisnis bukan hal yang mudah kan apalagi untukpemula yang baru merintis usaha. Bahkan bagi penerus sebuah perusahaan hasil warisan keluarga pun tetap harus banyak belajar.  

Mempertahankan bisnis pun juga bukan hal yang mudah kan. Nah, disinilah konsultan bisnis memberi konsultasi, nasihat serta membantu memberikan solusi-solusi atas permasalahan yang terjadi pada sebuah perusahaan. 

Kalau kamu penasaran berapa sih gaji seorang konsultan bisnis? Ternyata gaji seorang konsultan bisnis memang cukup fantastis loh. Kamu bisa mengantongi mulai dari Rp. 5 juta sampai Rp. 11 jutaan per bulannya. Sangat menggiurkan bukan? 

Namun tentu saja semua itu nggak bisa didapatkan begitu saja, karena ada beberapa skill yang harus kamu miliki. Penasaran? Simak yuk ulasan berikut!  

 Hal Yang Dibutuhkan Untuk Menjadi Konsultan Bisnis 

Apa saja sih yang dibutuhkan untuk menjadi seorang konsultan bisnis? Pertanyaan ini terbilang cukup umum ya tapi penting lho untuk diperhatikan. Apalagi jika kamu
tertarik menggeluti bidang ini. Simak yuk poin-poin di bawah ini!  

 1. Memiliki Pengalaman dan Pengetahuan 

Mengingat tanggung jawabnya yang cukup vital bagi kemajuan sebuah perusahaan. Wajar sih jika tuntutan menjadi seorang konsultan bisnis pun cukup besar loh. Pastinya kamu harus sudah memiliki skill
menjadi konsultan terlebih dahulu ya.  

Nah, apalagi jika kamu sudah berpengalaman dan memiliki portfolio sebelumnya. Wah ini bisa menjadi bukti kalau kamu memang handal menjadi konsultan. 

Tapi jika kondisinya kamu masih sekolah yuk persiapkan sejak dini. Kamu bisa sekolah di universitas yang menyediakan jurusan manajemen loh. 

Setelah lulus kuliah perbanyak mengikuti pelatihan-pelatihan menjadi seorang konsultan ya. Jika sudah mantap baru deh bisa memberanikan diri menawarkan jasa konsultasi bisnis untuk beberapa perusahaan lebih dulu. 

  

2. Penawaran Menarik yang Memberikan Nilai 

Kenapa sih seorang konsultan harus memberikan nilai? Nah, nilai disini maksudnya adalah kontribusimu terhadap perusahaan ya. Dengan meng-upgrade kemampuanmu sebagai seorang konsultan dari sini kamu sudah memberikan nilai tersebut.  

Jika hal ini sudah bisa kamu lakukan, maka kamu pun sudah bisa memberikan tarif yang tepat sesuai dengan skill yang kamu miliki loh. 

Oh iya, sebelum kamu memberikan konsultasi bisnis kepada klien pastikan kamu sudah memiliki skill atau kemampuan yang mumpuni ya. Bagaimana nggak, seorang yang awam terhadap usaha tentu nggak bisa memberikan konsultasi begitu saja bukan? 

3. Memiliki Niche Klien Potensial 

Apakah kamu sudah yakin akan skill dan
kemampuan yang kamu miliki? Apakah Kamu sudah berpengalaman dalam hal konsultasi bisnis? Jika kamu sudah merasa yakin telah memberikan kontribusi yang baik bagi perusahaan, nah kini tinggal lakukan poin berikutnya yaitu rencana marketing. 

Rencana marketing ini penting diperhatikan ya agar kamu bisa memperluas jangkauan pasar yang lebih besar. Pastikan kamu sudah mempunyai niche klien potensial ya.  

Sebenarnya untuk mengawali karier dan usahamu cukup menangani 2-3 klien potensial lebih dulu. Kamu cukup
memberikan portofoliomu kepada mereka loh. Jika kamu sudah berhasil membuktikan hasil kerjamu baru deh bisa kembangkan usahamu. 

4. Memiliki Mental Positif 

Ingat ya, sebagai seorang konsultan bisnis kamu harus bisa menyalurkan energi positif loh. Ini untuk menyalurkan motivasi, semangat dan konsultasi kepada klien. Dengan mental positif yang kamu miliki akan menularkan semangat loh pada klien.
 

Saat kamu belum menjadi konsultan bisnis yang sukses tetap jangan menyerah ya. Cari tahu dulu apa yang menjadi kekuranganmu lalu upgrade skill. Dengan begitu kamu akan memberikan konsultasi yang baik bagi perusahaan. 

Saat kamu sudah mulai dikenal beberapa klien, nggak menutup kemungkinan perusahaan lain juga akan tertarik berkonsultasi dan bekerja sama denganmu loh.  

 Ikuti Kursus Dan Kelas Bersertifikat Menganalisa Resiko Untuk Konsultan
Bisnis! 

Selain tips di atas, kamu juga bisa mengikuti kursus ataupun workshop menjadi konsultan bisnis. Hal tersebut bisa menambah pengetahuan kamu bagaimana menjadi
konsultan bisnis yang memiliki banyak klien. Sertifikat yang kamu dapatkan dari mengikuti kelas online pun bisa kamu cantumkan lho! 

Langsung aja pilih kelasnya deh! Kamu bisa mendapatkan kelas bersertifikat di Pijar Mahir. Yuk! Upgrade pengetahuan di bidang konsultan bisnis sekarang!  

Nah, itu dia tips menjadi konsultan bisnis. Ingat! Yang paling penting adalah kredibilitas kamu ya. Jangan sampai karena ingin mendapatkan klien tapi nggak punya kredibilitas ya! Yuk, saatnya belajar berproses dan temukan peluang menarik lain! Jangan lupa terus upgrade skill kamu ya!  

  

Referensi: 

https://accurate.id/bisnis-ukm/menjadi-bisnis-konsultan/ 

https://aksaragama.com/bisnis/cara-membangun-jasa-konsultan-bisnis-yang-sukses/ https://business.tutsplus.com/id/tutorials/how-to-start-a-consulting-business-with-high-earnings--cms-26523 

Artikel Lainnya

©2020-2022 Pijar Mahir. All Right Reserved