Beli di aplikasi dan dapatkan promo menarik

Blog

| superadmin

Tertarik Menjadi UI/UX Profesional Yang Menghasilkan? Simak 5 Langkah Berikut Ini!

Pernah nggak sih kamu dengar istilah UI/UX Designer? Atau mungkin bertanya-tanya apa
sih UI UX Designer itu? Sebelum mengenal keduanya sebaiknya kamu harus tahu
kepanjangan UI dan UX lebih dulu.  

UI sebenarnya kependekan dari user interface sedangkan UX kependekan dari user experience. Kedua hal ini sangat penting loh dijadikan sebagai alat pemasaran digital, yakni melalui kualitas tampilan visual aplikasi atau program yang dibuat. 

Pengertian User Interface Designer 

Jika ngomongin tentang UI designer pasti berkaitan dengan orangnya ya. Biasanya
mereka bertugas untuk mendesain user interface atau tampilan antar muka pengguna. Seorang UI designer mampu membuat penggunaan user interface pada program atau aplikasi menjadi lebih menarik dan user friendly loh. 

Profesi ini juga harus bisa memanfaatkan komunikasi antara pengguna dengan sistem di dalam sebuah aplikasi ya. Seorang UI designer juga harus mampu mendesain interface sebuah program agar penggunaan tampilan aplikasi lebih gampang digunakan loh. 

Apa sih yang harus dikerjakan seorang User Interface Designer? Mereka bertanggung jawab untuk mendesain tampilan interface program atau aplikasi ya. Bahkan ada beberapa komponen yang harus diperhatikan oleh UI designer loh.  

Mereka inilah yang biasanya memilih skema warna, font, size, tombol hingga layout pada tampilan antarmuka program. Jadi, jika kamu tertarik menjadi seorang UI designer, pastikan semua item bisa berinteraksi dengan user bukan hanya tampilannya yang menarik saja.  

Oh iya, tampilan interface nggak perlu mewah ya tetapi harus mengutamakan sisi fungsional. Contohnya seperti elemen visual yang ditampilkan agar pengguna bisa mengakses apa yang mereka perlukan dengan mudah. 

Pengertian User Experience Designer 

Jika IU designer berperan dalam tampilan awal aplikasi, maka UX designer bertanggung jawab agar user memberikan feedback positif ya. Sebab user experience berhubungan dengan
pengalaman pengguna saat menggunakan program tersebut. 

Tugas seorang UX designer harus bisa menganalisa, apa aja sih kebiasaan dan kebutuhan
user? Dengan begitu, kamu akan mengetahui harapan dan keinginan user. Lebih jelasnya, tugas seorang UX designer adalah mendesain untuk memudahkan para penggunanya. 

Langkah Menjadi UI UX Designer 

Nah, baik UI designer maupun UX designer keduanya saling berhubungan lho. Makanya nggak heran jika banyak yang menganggap profesi ini sama padahal keduanya berbeda. Masih tertarik menjadi UI/UX designer? Yuk, perhatikan beberapa langkah di bawah ini : 

1. Mengenal UI dan UX Designer 

Jika kamu ingin menggeluti bidang ini, tentu saja hal yang harus kamu ketahui lebih dulu adalah tugasnya. Kamu harus tahu jika user interface selalu berkaitan dengan tampilan visual program aplikasi seperti layout, tipografi hingga warna tampilan. 

Nah, UX designer sendiri harus mampu menciptakan pengalaman terbaik bagi pengguna ya. Terutama ketika mengakses program/aplikasi yang dibuat. Mereka harus bisa merancang alur aplikasi atau website yang dibuat serta meningkatkan kenyamanan user interface loh 

2. Mengetahui Kunci Utama Menjadi UI/UX Designer 

Hal terpenting jika ingin menjadi UI/UX designer ialah paling nggak harus memahami konsep UI/UX design itu sendiri. Kamu nggak melulu harus memiliki skill desain yang mumpuni agar dapat mempelajari UI/UX design ya.  

Yang terpenting kamu harus memahami 3 kunci utama untuk menjadi UI/UX designer,
yaitu: 

● Problem, cari masalah apa yang sebenarnya dialami oleh pengguna saat menggunakan program atau aplikasi. Jika kamu sudah mengetahui masalahnya selanjutnya cari solusi dari permasalahan tersebut. 

● Solution, jika kamu sudah mengetahui titik permasalahannya tinggal perbaiki apa yang yang membuat masalah tersebut terjadi. Misalnya nih, pengguna ingin website pelayananmu bisa diakses lewat mobile. Nah, kamu bisa membuat aplikasi versi mobile-nya yang lebih ringan agar pengguna lebih leluasa mengakses aplikasi tersebut. 

● Result, untuk poin ini merupakan hasil dari solusi yang sudah kamu pecahkan ya. Bagaimana outputnya untuk pengguna? Apakah aplikasi yang dibuat lebih mempermudah atau justru mempersulit pengguna? 

3. Mempelajari dan Banyak Berlatih UI/UX Designer 

Apapun profesi yang kamu inginkan, satu hal yang pasti untuk bisa meraih profesi tersebut ialah harus mempelajari dan berlatih lebih keras untuk mencapainya. Sama halnya dengan profesi sebagai UI/UX designer ya.  

Cari referensi dan informasi terkait UI/UX designer sebanyak-banyaknya. Pelajari apa saja yang harus kamu kuasai kemudian berlatihlah agar bisa menjadi UI/UX designer yang handal. Jangan sampai kamu melamar profesi ini tanpa tahu basic terkait kedua profesi ini ya! 

Kamu harus kuasai dulu skill-nya baru tawarkan portofolio yang sudah kamu buat. Tentu saja, ini bisa diraih jika kamu sudah banyak berlatih dan menghasilkan karya berkualitas. Kamu bisa mencoba Figma atau Adobe XD untuk berlatih. 

4. Memilih Tools yang Sesuai 

Bingung memilih tools yang cocok untuk pekerjaan UI/UX professional? Tenang, kamu bisa
memanfaatkan beberapa tools berikut ini ya : 

● Sketch, termasuk tools populer untuk menguasai UI/UX designer loh. Dengan software ini kamu bisa mempelajari bagaimana cara membuat prototype lebih mudah. Keunggulannya dari tools ini menawarkan lebih banyak plugin dengan interface intuitif. 

● Adobe XD, tools ini bisa dibilang lebih banyak disukai desainer loh. Kamu bisa memanfaatkan
prototyping tools saat mengerjakan proyekmu. Adobe DX menyediakan wireframing yang dapat membantumu membuat kerangka aplikasi dengan lebih mudah. 

● Figma, selain memiliki kemampuan wireframing maupun prototyping, tool ini sangat ideal untuk pekerjaan yang memerlukan banyak tim agar bisa berkolaborasi dengan baik. 

  

Ikuti Kursus Dan Kelas Bersertifikat Menjadi UI/UX Profesional Yuk! 

Selain tips di atas, kamu juga bisa mengikuti kursus ataupun workshop menjadi ui/ux professional. Hal tersebut bisa menambah pengetahuan kamu bagaimana membuat portofolio ui/ux yang menarik. Sertifikat yang kamu dapatkan dari mengikuti kelas online pun bisa kamu cantumkan lho! 

Langsung aja pilih kelasnya deh! Kamu bisa mendapatkan kelas bersertifikat di Pijar Mahir. Yuk! Upgrade pengetahuan menjadi ui/ux profesional sekarang!  

Nah, itu dia tips menjadi ui/ux profesional. Ingat! Yang paling penting adalah kredibilitas kamu ya. Jangan sampai karena ingin mendapatkan klien tapi nggak punya kredibilitas! Yuk, saatnya belajar berproses dan temukan peluang menarik lain! Jangan lupa terus upgrade skill kamu ya!  

Referensi : 

https://www.dicoding.com/blog/7-langkah-menjadi-ui-ux-designer/ 

https://unlimited.id/blog/6-langkah-menjadi-ui-ux-designer/ 

https://www.niagahoster.co.id/blog/perbedaan-ui-dan-ux/ 

   

Artikel Lainnya

©2020-2022 Pijar Mahir. All Right Reserved